Pengaruh pengetahuan ibu terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia prasekolah: Systematic review

Ahmad Suryawan, Shella Permata Sari, Shalma Alya Fadilla, Woro Setia Ningtyas

Abstract


Background: In the Health Profile of the Republic of Indonesia, it is reported that the number of children under five (aged 1-5 years) is 23,960,310. From this amount, it is estimated that the number of children under five who have difficulty controlling bowel and bladder as well as bowel and bladder in any place until preschool age reaches 46% of the total number of children under five in Indonesia.

Purpose: To identify the relationship or correlation between mother's knowledge and the success of toilet training in preschool children.

Method: A systematic review was conducted based on the flow diagram of the Preferred Reporting Item for Systematic Review and Meta-Analysis (Prisma). The source of the article data was searched through four databases, Pubmed, Google Schoolar, Garuda Portal and Dimension to find appropriate keywords in Indonesian and English. Terms and keywords related to toilet training, toilet training success and mother's knowledge about toilet training. This study is based on a review of 928 clinical and research articles published between 2017-2022.

Results: The finding of the ten articles used in this systematic review, eight of them showed a significant relationship between mothers' knowledge and the success of toilet training in preschoolers.

Conclusion: Mother's knowledge is one of the most important factors for the success of toilet training in preschool children.

Keywords: Mother; Knowledge; Toilet Training; Preschool; Children; Health.

Pendahuluan: Dalam Profil Kesehatan Republik Indonesia, dilaporkan jumlah balita (usia 1-5 tahun) sebanyak 23.960.310 balita. Dari jumlah tersebut, diperkirakan jumlah balita yang susah mengontrol BAB dan BAK serta BAB dan BAK disembarang tempat sampai usia prasekolah mencapai 46% anak dari jumlah balita yang ada di Indonesia.

Tujuan: Untuk mengidentifikasi hubungan atau korelasi antara pengetahuan ibu terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia prasekolah.

Metode: Penelitian systematic review yang dilakukan berdasarkan alur Prisma Guideline. Sumber data artikel dilakukan pencarian melalui empat data base yaitu Pubmed, Google Schoolar, Portal Garuda dan Dimension untuk mencari kata kunci yang sesuai dalam bahasa indonesia dan bahasa inggris. Istilah serta kata kunci yang berhubungan dengan toilet training, keberhasilan toilet training dan pengetahuan ibu tentang toilet training. Penelitian ini berdasarkan pengkajian dari 928 artikel klinis dan penelitian yang dipublikasikan antara 2017-2022.

Hasil: Didapatkan sepuluh artikel yang dipakai dalam systematic review ini delapan diantaranya menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu dengan keberhasilan toilet training pada anak usia prasekolah.

Simpulan: Pengetahuan ibu merupakan salah satu faktor yang paling penting terhadap keberhasilan toilet training pada anak usia prasekolah.


Keywords


Pengetahuan; Ibu; Toilet training; Prasekolah; Kesehatan; Anak.

Full Text:

PDF SIMILARITY

References


Aziz, A. S. P. C., Ermaya, Y. S., & Sari, N. M. (2019). Parents’ Knowledge and Children’s Toilet Training Practices: Study in Kindergartens in Jatinangor. Althea Medical Journal, 6(2), 86-90.

Damanik, V. A. (2019). Hubungan Peran Keluarga dengan Keberhasilan Toilet Training pada Anak Usia Prasekolah di Lingkungan 14 Kelurahan Karang Berombak Kecamatan Medan Barat Tahun 2019. Jurnal Keperawatan Priority, 2(2), 15-24. Diakses dari: http://jurnal.unprimdn.ac.id/index.php/jukep/article/view/540.

Donsu, J.D.T. (2017). Pisikologi Keperawatan. Aspek – aspek psikologi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Inayah, Z., Widiyawati, W., Fauziyah, D., & Nova, T. (2020). Pengetahuan dan Pola Asuh Ibu Sebagai Faktor Keberhasilan Toilet Training Pada Anak Usia Prasekolah di PAUD Klampis Kabupaten Bangkalan Madura. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 15(1), 28-35.

Istianah, I., Indanah, I., & Farida, U. (2014). Pengetahuan Ibu Meningkatkan Kemampuan “Toilet Training” Anak. Jurnal Keperawatan Anak, 2(1), 28-33.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Profil kesehatan Indonesia tahun 2018. Diakses dari: https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatan-indonesia/profil-kesehatan-indonesia-2018.pdf

Khoiruzzadi, M., & Fajriyah, N. (2019). Pembelajaran Toilet Training dalam Melatih Kemandirian Anak. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 142-154. Diakses dari: https://pdfs.semanticscholar.org/9749/b4cb2d9d4dabb5cced3912ae85c45eee1329.pdf

Magdalena, M., & Melly, M. (2019). Relationship of Parent’s Knowledge About Toilet Training with the Ability of 1-5 Years Agency in Conducting Toilet Training in the Ibnu Sina Kids, Pekanbaru City. JPK: Jurnal Proteksi Kesehatan, 8(2), 35-43.

Meilisa, A. N., Hasanah, O., & Amir, Y. (2022). Relationship between Toilet Training Initiation Age and Factors Affecting Toilet Training to Toilet Training Achievements. Jurnal Kesehatan Ilmiah Indonesia/Indonesian Health Scientific Journal, 7(1), 20-26. Diakses dari: https://jurnal.unar.ac.id/index.php/health/article/view/769/476

Nurnainah, N., Bahrum, S. W., & Wulandari, P. S. (2020). Hubungan Pengetahuan dan Sikap Ibu dalam Penerapan Toilet Training pada Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Keperawatan, 12(4), 1089-1096.

Nurrohmah, A., & Susilowati, T. (2021). Edukasi Toilet Training Untuk Melatih Kemandirian Anak. GEMASSIKA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 166-174.

Qorina, I. (2019). Peningkatkan kesehatan dan kesejahteraan anak sebagai masa depan bangsa untuk Indonesia maju.

Rahmawati, A. N., Avelina, Y., Napolion, K., Hertiana, H., Lindriani, L., Rokhman, A., Herminsih, A. R., Baba, W. N., Nyumirah, S., Murharyati, A., Risnawati, R., Nadana, A. H., & Khairiyyah, M. (2021). Keperawatan Jiwa: Mengenal kesehatan mental. Ahlimedea Press: Malang.

Saadah, K., Ajrie, N., Ismaya, E. A., & Fauzi, M. R. (2022). Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Mandiri Anak Selama Pembelajaran Tatap Muka Terbatas. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 9(2), 120-131.

Sartika, A. (2018). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Keberhasilan Toilet Training Pada Batasan Usia 3-5 Tahun Di Dusun Ii Desa Karang Rahayu Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 7(1).

Siwi, R. P. Y. (2021). Analysis of Mother Knowledge and the Role of Parents in Toilet Training Against Enuresis Incidence in Preschool Children at TK AR-rohim Kalipepe. Indonesian Journal of Nutritional Epidemiology and Reproductive, 4(2), 133-143.

Tyas, A. P. M., Yunita, Y., Mardhika, A., Fadliyah, L., & Susanto, J. (2021). Tingkat pengetahuan ibu memengaruhi keberhasilan toilet training pada anak prasekolah. NURSCOPE: Jurnal Penelitian dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 7(1), 38-44.

Warlenda, S. V., & Sari, R. N. (2017). Pengetahuan Ibu Berhubungan dengan Pelaksanaan Toilet Training pada Anak Usia 3-5 Tahun di PAUD Islam Cerliana Kota Pekanbaru Tahun 2016. Jurnal Kesehatan Komunitas, 3(3), 105-109.

Warlenda, S. V., Maharani, R., & Widodo, M. D. (2019). Faktor-faktor yang berhubungan dengan pelaksanaan toilet training pada anak usia 3-5 tahun di PAUD Se-Kota Pekanbaru tahun 2017. Menara Ilmu, 13(1).

Yusmanijar, Y., & Abdulhaq, M. (2019). Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Kesehatan Gigi Dan Mulut Dengan Perilaku Perawatan Gigi Dan Mulut Pada Anak Usia Sekolah 7-9 Tahun Di SD Islam Al Amal Jaticempaka. Afiat, 5(01), 80-91.




DOI: https://doi.org/10.33024/hjk.v16i8.8622

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Holistik Jurnal Kesehatan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.