PENGARUH KONSUMSI HATI AYAM TERHADAP KENAIKAN KADAR HEMOGLOBIN PADA IBU HAMIL TRIMESTER II DI PUSKESMAS HANURA KABUPATEN PESAWARAN TAHUN 2018

Yulistiana Evayanti* - 
Sunarsih Sunarsih -  ejurnal.malahayati.ac.id, Indonesia
Indah Novita - 

Prevalensi anemia pada kehamilan di Provinsi Lampung adalah tertinggi dipulau sumatera. Tingginya jumlah anemia di Provinsi Lampung adalah sebesar 69,7% angka tersebut lebih tinggi dari angka anemia gizi nasional yaitu sebesar 63%. Berdasarkan hasil prasurvey yang telah peneliti lakukan pada bulan Maret 2018 di Puskesmas Hanura berdasarkan data rekam medik terdapat 56 ibu hamil trimester II yang melakukan pemeriksaan kehamilan dimana 32 ibu hamil kadar hemoglobinnya rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah diketahui Pengaruh konsumsi hati ayam terhadap kenaikan kadar hemoglobin pada ibu hamil Trimester II di Puskesmas Hanura Kabupaten Pesawaran Tahun 2018.

Jenis Penelitian Kuantitatif, rancangan penelitian metode quasi eksperimen dengan pendekatan one group pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu hamil TM II yang melakukan Antenatal Care (ANC) di Puskesmas Hanura Kabupaten Pesawaran adalah sebanyak 56 ibu hamil. Sampel sebanyak 30 orang. Variabel independent hati ayam, variabel dependent kadar hemoglobin. Dengan teknik sampling purposive sampling. Analisa data dengan uji T-test.

Hasil penelitian menunjukan rata-rata kadar hemoglobin sebelum diberikan hati ayam sebesar 9,10 gr/dl., rata-rata kadar hemoglobin setelah diberikan hati ayam sebesar10,97  gr/dl.  Diketahui  Ada  Pengaruh  konsumsi  hati  ayam  terhadap  kenaikan  kadarhemoglobin pada ibu hamil Trimester II di Puskesmas Hanura Kabupaten Pesawaran Tahun  2018.  Hasil  uji  t  didapat  p  value  0,000  <  α  (0,05).  Disarankan  bagi  tenagakesehatan khususnya bidan agar menganjurkan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsihati ayam sebagai pendamping Fe karena dapat menaikan kadar hemoglobin pada ibu hamil.

 

Kata Kunci: Hati Ayam, Kadar hemoglobin
Open Access Copyright (c) 2017 Jurnal Kesehatan Holistik

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)