Utilisation Of The KIA Book Use On Knowledge And Behavior During Pregnancy
Latar Belakang: Angka kematian ibu (AKI) masih menjadi tantangan kesehatan masyarakat yang signifikan, terutama di negara berpenghasilan rendah dan menengah. Sebagai respons terhadap target global seperti Sustainable Development Goals (SDGs), pemerintah Indonesia mendorong pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) untuk meningkatkan pengetahuan dan perilaku ibu selama kehamilan. Namun, pemanfaatan dan efektivitas Buku KIA masih belum optimal.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan Buku KIA dengan pengetahuan dan perilaku ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Jatibarang, Kabupaten Brebes, pada tahun 2024.
Metode: Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan sampel sebanyak 197 ibu hamil yang dipilih menggunakan rumus Slovin dari populasi 314 orang. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman untuk melihat hubungan antara variabel pemanfaatan Buku KIA, pengetahuan, dan perilaku ibu hamil.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa 62,40% ibu hamil memanfaatkan Buku KIA dengan baik, 54,20% memiliki pengetahuan dalam kategori cukup, dan 94,40% menunjukkan perilaku kesehatan positif. Namun, analisis korelasi Spearman menunjukkan tidak ada hubungan yang signifikan antara pemanfaatan Buku KIA dengan pengetahuan (ρ = 0,009; p = 0,899), pemanfaatan Buku KIA dengan perilaku (ρ = -0,006; p = 0,933), maupun antara pengetahuan dengan perilaku ibu hamil (ρ = 0,132; p = 0,065). Meskipun terdapat kecenderungan positif antara pengetahuan dan perilaku, hubungan tersebut tidak signifikan secara statistik.
Kesimpulan: Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan Buku KIA secara fisik saja belum cukup untuk meningkatkan pengetahuan dan mengubah perilaku ibu hamil. Faktor lain seperti tingkat literasi, pendampingan tenaga kesehatan, serta dukungan keluarga atau sosial berperan penting. Optimalisasi Buku KIA sebagai media edukasi memerlukan pendekatan pendidikan kesehatan yang terstruktur, konseling yang mendukung, dan keterlibatan aktif tenaga kesehatan dengan pendekatan andragogi.
Kata Kunci: Buku KIA, pengetahuan, perilaku kesehatan
ABSTRACT
Background: Maternal mortality remains a significant public health challenge, particularly in low- and middle-income countries. In response to global initiatives such as the Sustainable Development Goals (SDGs), the Indonesian government promotes the use of the Maternal and Child Health (KIA) Book to improve maternal knowledge and behavior during pregnancy. However, the utilization and effectiveness of the KIA Book remain suboptimal.
Objective: This study aims to examine the relationship between the utilization of the KIA Book and pregnant women's knowledge and behavior in the working area of the Jatibarang Brebes Health Center in 2024.
Methods: This quantitative study involved 197 pregnant women selected through Slovin's formula from a population of 314. Primary data were collected via questionnaires and analyzed using Spearman correlation tests to assess relationships among the variables: KIA Book utilization, knowledge, and behavior.
Results: The study found that 62.40% of pregnant women demonstrated good utilization of the KIA Book, 54.20% had moderate knowledge, and 94.40% exhibited positive health behavior. However, Spearman correlation analysis showed no significant relationships between KIA Book utilization and knowledge (ρ = 0.009, p = 0.899), utilization and behavior (ρ = -0.006, p = 0.933), nor knowledge and behavior (ρ = 0.132, p = 0.065). Although a positive trend was observed between knowledge and behavior, it was not statistically significant.
Conclusion: The findings suggest that the use of the KIA Book alone is insufficient to improve knowledge and behavior among pregnant women. Other influencing factors such as literacy level, health worker facilitation, and family or social support may play more substantial roles. Optimizing the KIA Book as an educational tool requires structured health education, supportive counseling, and active involvement of healthcare providers using adult learning principles.
Keywords: KIA Book, knowledge, behavior health.
- Arlinta, D. (2018, September 20). Buku KIA kurang dimanfatkan . Retrieved from Kompas.id: https://www.kompas.id/baca/kesehatan/2018/09/20/buku-kia-kurang-dimanfaatkan
- Becker, M. (1974). The Health Belief Model and Personal Health behavior. Health Education Monographs.
- Citizenship. (2020, Januari 24). Knowledge, Attitude, Then Behavior. Retrieved from Digital Respons Ability: https://respons-ability.net/knowledge-attitude-behavior/
- Firmansyah, F. (2019, September 18). Penggunaan Buku KIA di Indonesia menjadi pembelajaran dari 6 Negara. Retrieved from Kesmas.kemkes.go.id: https://kesmas.kemkes.go.id/konten/133/0/091817-penggunaan-buku-kia-di-indonesia-menjadi-pembelajaran-dari-6-negara#:~:text=Dengan%20penerapan%20buku%20KIA%2C%20Indonesia,Puskesmas%20dan%202.858%20Rumah%20Sakit.
- Guntara, M. &. (2024). Pemanfaatan Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) oleh ibu hamil dan balita: Evaluasi pengetahuan, sikap, dan perilaku. HIGEIA (Journal of Public Health Research and Development, 8(1), , 39–50.
- Johnson, G. (2015). Research Methods for Public Administrators scnd edition. Newyork: M.E. Sharpe, Inc.,.
- Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2020). Petunjuk teknis penggunaan buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA). Jakarta: Kemenkes RI.
- Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Buku Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA). Retrieved from Kemenkes: https://repository.kemkes.go.id/book/893?utm_source=chatgpt.com
- Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Pedoman Penggunaan Buku KIA . Jakarta: Kemenkes RI.
- Knowles, M. S. (2015). The Adult Learner: The definitive classic in adult education and human resource development. Routledge.
- Pender, N. M. (2011). Health Promotion in Nursing Practice. Pearson Education.
- Rokhmah, D. W. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku ibu hamil dalam menjaga kesehatan kehamilan. Jurnal Ilmu Kesehatan, 123-130.
- Rosenstock, I. M. (1998). Social learning theory and the Health Belief Model Health Education Quarterly, 15(2), 175–183.
- Simons-Morton, B., & Lodyga, M. G. (2022). Behavior Theori in Public Health Practice and Reseach Second Edition. Burlington: jblearning.
- Western Sydney University. (2023, Desember 04). Reseacrh Services. Retrieved from westernsydney.edu: https://www.westernsydney.edu.au/research/researchers/preparing_a_grant_application/dest_definition_of_research#:~:text=Research%20is%20defined%20as%20the,new%20concepts%2C%20methodologies%20and%20understandings.
- World Health Organization. (2024, April 26). Maternal Mortality. Retrieved from WHO: https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/maternal-mortality#:~:text=The%20global%20MMR%20in%202020,achieved%20at%20the%20national%20level.
- Wulandari, A. P. (2020). Hubungan penggunaan buku KIA dengan pengetahuan ibu hamil tentang kehamilan di Puskesmas Kalitengah. Jurnal Ilmu Kesehatan, 123-130.
- Wulandari, R. D. (2020). Development of MHealth Promotion in Postpartum Care. Eur. J. Mol. Clin. Med., 7(1),. 3834–3843.
- Wulandari, S. R. (2020). Pengaruh Edukasi Buku KIA terhadap pengetahuan dan perilaku Ibu Hamil . Jurnal Kesehatan Masyarakat, 45-52.
- Zohuri, B., Mossavar-Rahmani, F., & Behgounia, F. (2022). Knowledge is Power in Four Dimensions : Model to Forecast Future Paradigm . United kingdom: Charlotte Cokcle .