PENGARUH METODE CERAMAH DAN METODE APLIKASI BERBASIS ANDROID TERHADAP PENGETAHUAN KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

Sri Dinengsih* -  Fakultas Ilmu kesehatan-UNAS, Indonesia
Nurzakirah Hakim -  Program Studi Sarjana Terapan Kebidanan Universitas Nasional, Indonesia
ABSTRACT

 

Background: Adolescence is a transition from childhood to adulthood. During this period adolescents experience some changes that occur both physically, psychologically, and socially. This transitional period often exposes adolescents to situations that are confusing, have no clear place, do not belong to the group of children, and do not also belong to the group of adults

Objective: This study aims to determine the effect of providing android-based applications on increasing adolescent knowledge about reproductive health at SMAN 73 Jakarta in 2020.

Method: This quasi-experimental study uses a non equivalent control group design. The sample in this study amounted to 60 class X students consisting of 30 control group patients and 30 intervention group patients. The sampling technique uses accidental sampling technique. The research instrument consisted of a questionnaire about reproductive health knowledge.

Results: this study showed that there were significant differences in the knowledge score before and after the Android-based application was given to the intervention group (p <0.05) and the lecture method in the control group (p, 0.05), and there were significant differences in the score knowledge between the intervention group and the control group after being given an android-based application (p <0.05).

Conclusion: that Android-based applications are better at increasing knowledge of reproductive health in adolescents.

Suggestion; It is expected to develop Android applications on adolescent reproductive health in more interesting forms such as adding pictures, more extensive information, animations and videos.

 

Keywords: Android, Lecture, Knowledge, Reproduction

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Masa remaja adalah masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa. Pada masa ini remaja mengalami beberapa perubahan yang terjadi baik secara fisik, psikologis, maupun sosial. Masa peralihan ini seringkali menghadapkan remaja pada situasi yang membingungkan, tidak mempunyai tempat yang jelas, tidak termasuk golongan anak-anak, dan tidak juga termasuk golongan orang dewasa

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian aplikasi berbasis android terhadap peningkatan pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi di SMAN 73 Jakarta Tahun 2020.Metode: Penelitian ini  quasi-experiment menggunakan rancangan non equivalent control group. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 60 siswa kelas X yang terdiri dari 30 pasien kelompok kontrol dan 30 pasien kelompok intervensi. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling technique. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner tentang pengetahuan kesehatan reproduksi..Hasil: penelitian ini bahwa Ada perbedaan yang signifikan pada skor pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan aplikasi berbasis android pada kelompok intervensi (p<0,05) dan metode ceramah pada kelompok kontrol (p,0,05), dan ada perbedaan yang signifikan pada skor pengetahun antara kelompok intervesi dengan kelompok kontrol setelah diberikan aplikasi berbasis android (p<0.05).

Kesimpulan : bahwa Aplikasi berbasis android lebih baik dalam meningkatkan pengetahuan kesehatan reproduksi pada remaja.

Saran; diharapkan mengembangkan aplikasi android tentang kesehatan reproduksi remaja dalam bentuk yang lebih menarik seperti menambahkan gambar, informasi yang lebih luas, animasi serta video.

 

Kata kunci : Android, Ceramah,Pengetahuan, Reproduksi
  1. DAFTAR PUSTAKA
  2. Azrori D., 2011,Perkembangan Peserta Didik, Bumi Aksara, Jakarta.
  3. Ayu M., 2013, Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Dengan Perilaku Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Putri Di SMA 5 Banda Aceh., UNSYIAH, Aceh.
  4. Amaliyah S., Nuqul F.L., 2018, Eksplorasi Persepsi Ibu tentang Pendidikan Seks untuk Anak. Jurnal Ilmiah Psikologi Psympathic, 4, 157–66.
  5. Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional, 2012, Kurikulum dan Modul Pelatihan Pengelolaan Pusat Informasi dan Konseling Kesehatan Reproduksi Remaja (PIK-KRR), Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional, Jakarta.
  6. Budianto F.H., 2016, Efektivitas Media Aplikasi Android “Ayah ASI” Terhadap Peran Suami Dalam Pemberian ASI, UNNES, Semarang.
  7. Budiman, Riyanto A., 2013, Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan, Salemba Medika, Jakarta, 66-69.
  8. Bobak L, Jense, 2011, Buku Ajar Keperawatan Maternitas, EGC, Jakarta.
  9. Bany Z.U., Sunnati, Darman W., 2014, Perbandingan Efektifitas Penyuluhan Metode Ceramah dan Demonstrasi Terhadap Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Siswa SD, Dental Journal Cakradonya, 6.
  10. Deran H.M., Budiati T., 2013, Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Yang Diberikan Oleh Konselor Sebaya Di SMAN 5 Bekasi, Fakultas Keperawatan UI, Depok, 1–10.
  11. Dusra E., 2017, Pengaruh Media Internet Terhadap Perilaku Menyimpang Remaja Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Maros, UIN, Makassar.
  12. Ekayana A. G., 2015, Pemanfaatan Internet Sebagai Salah Satu Sumber Belajar Siswa dan Guru di Jurusan Teknik Elektronika SMK Negeri 2 Depok Sleman, UNY, Yogyakarta.
  13. Evrianasari, N., & Anggraini, A. (2017). PENGARUH MEDIA KIE “AKU BANGGA AKU TAHU” TERHADAP PENGETAHUAN REMAJA TENTANG HIV&AIDS DI SMA “P” BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017. Jurnal Kebidanan Malahayati, 3(3).
  14. Faizah D., 2013, Gerakan Nasional Sadar Gizi Pada Seribu Hari Pertama Kehidupan: Saatnya Memanfaatkan Teknologi Mobile dan Internet., Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia.2, 1–4.
  15. Gunarsa S., 200, Psikologi Remaja, BPK Gunung Mulia, Jakarta.
  16. Hidayat A., 2011, Metode Penelitian Kebidanan: Teknik Analisa Data, Salemba Medika, Jakarta.
  17. Hurlock E.B., 2011, Psikologi Perkembangan, Erlangga, Jakarta.
  18. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2017, Infodatin Reproduksi Remaja, Kemenkes RI, Jakarta.
  19. Kusmiran, 2011, Kesehatan Reproduksi Remaja Dan Wanita, Salemba Medika, Jakarta.
  20. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 2013, Riset Kesehatan Dasar, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI, Jakarta.
  21. Kemenkes, 2012, Buku Petunjuk Penggunaan Media KIE “Aku Bangga Aku Tahu” Versi Pelajar, Kemenkes, Jakarta.
  22. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2013, Kompetensi Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
  23. Muyaroah S., Fajartia M., 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android dengan menggunakan Aplikasi Adobe Flash CS 6 pada Mata Pelajaran Biologi. Innovative Journal Curriculum Educational Technology, 6, 79-83.
  24. Monica L., 2012, Hubungan Pengetahuan Sikap dan Tindakan Ibu dalam pemberian Makanan Pendamping ASI dengan Status Gizi Bayi Umur 7-12 Bulan di Kelurahan Tengah Sawah Bukittinggi Padang, Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Padang.
  25. Ministry of Health, 2018, Data dan Informasi - Profil Kesehatan Indonesia (Data and Information - Indonesia Health Profil), Kemenkes, Jakarta, 1–184.
  26. Murya Y., 2014, Pemrograman Android Black Box. Jasakom, Jakarta.
  27. Nasution S. L., 2012, Pengaruh Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Terhadap Perilaku Seksual Pranikah Remaja Di Indonesia, Pusbindiklat LIPI, Jakarta, 75–84.
  28. Notoatmodjo S., 2011, Kesehatan Masyarakat, PT Rineka Cipta, Jakarta.
  29. Notoatmodjo S., 2013, Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan“Edisi Revisi.”, Rineka Cipta, Jakarta.
  30. Notoatmodjo S., 2012, Metodologi Penelitian Kesehatan, Rineka Cipta, Jakarta.
  31. Nurul A., 2018, Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video dan Metode Demonstrasi Terhadap Pengetahuan SADARI. Jurnal Care, 6, 162–74.
  32. Nugroho T., 2010, Kesehatan Wanita Gender dan Permasalahannya, Nuha Medika, Yogyakarta.
  33. Pratiwi L., 2017, Pengaruh Lingkungan Pergaulan Sekolah dan Dukungan Keluarga Terhadap Sikap Kesehatan Reproduksi Siswa – Siswi Di Kelas X SMK Budi Tresna Muhammadiyah Kabupaten Cirebon, Pustaka Ilmiah Universitas Padjajaran, Bandung, 1–14.
  34. Pratiwi D.A., 2017, Efektivitas Pemberian Booklet terhadap Remaja Siswa Kelas VIII di SMPN 1 Cangkringan Sleman, UNISA Digital Library, Sleman.
  35. Perdana F., Madanijah S., Ekayanti I., 2017, Pengembangan Media Edukasi Gizi Berbasis Android Dan Website Serta Pengaruhnya Terhadap Perilaku Tentang Gizi Seimbang Siswa Sekolah Dasar, Jurnal Gizi dan Pangan, 12.
  36. Prabowo et al., 2016, Efektivitas Aplikasi Berbasis Android Menggunakan Api Gesture Untuk Mengenal Aksara Korea, Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 17, 74–82.
  37. Retnowati, 2012, Remaja dan Permasalahannya, Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.
  38. Syatiawati N., Respati T., Rosadya D.S., 2017, Efektivitas Metode Promosi Kesehatan dalam Meningkatkan Pengetahuan Tentang Kesehatan Reproduksi Siswa SMP Negeri High School Students ’ Knowledge About Reproductive Health, Bandung Meeting on Global Medicine & Health (BaMGMH),1, 42–8.
  39. Sari R.N., 2012, Konsep Kebidanan, Graha Ilmu, Yogyakarta.
  40. Sadiman R, 2014, Media Pendidikan; Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta, PT Raja Grafindo Persada, Jakarta.
  41. Suiraoka I. S., 2012, Media Pendidikan Ksehatan, Graha Ilmu, Yogyakarta, 7-8.
  42. Susilowati D., 2016, Promosi Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Jakarta.
  43. Sisilo M., 2017, Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Wheel Alignment Di Smk Negeri 2 Surakarta, UNNES, Semarang.
  44. Shofiyah S., 2016, Pengaruh Penggunaan Android Dan E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VIII SMPN 3 Kepanjen Malang, UIN, Malang.
  45. Septiana., 2015, Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi di SMP Islam Ruhama Ciputat., UIN, Jakarta.
  46. Simanungkalit B.J., Yunus R., 2016, Gambaran Pengetahuan Siswi Tentang Kesehatan Reproduksi di SMA ADVENT 1 Medan Tahun 2016. 2017, UISU, Medan.
  47. Soekidjo N., 2012, Promosi Kesehatan Dan Perilaku Kesehatan Edisi Revisi, Rineka Cipta, Jakarta.
  48. Tim Penulis Poltekkes Depkes Jakarta 1, 2010, Kesehatan Remaja: Problem Dan Solusinya, Salemba Medika, Jakarta.
  49. Tim Advance Research UNY, 2010, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. (Edisi Revisi), Rineka Cipta, Jakarta.
  50. UNFPA, 2009, Humanitarian Settings. Adolesc Sex Toolkit Reprod Heal Humanit Settings.
  51. Utami S.P., Hayurani H., 2014, Peningkatan Pengetahuan HIV/AIDS Dengan Memanfaatkan Aplikasi Mobile. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (ETHOS), 4, 29–34.

Open Access Copyright (c) 2020 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)