METODE PEMBELAJARAN KELAS IBU HAMIL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU TENTANG PERAWATAN KEHAMILAN, PERSALINAN DAN NIFAS

Elman Fitriani -  Rumah Sakit Umum Daerah Kota Langsa, aceh., Indonesia
Dewita Dewita* -  Politeknik Kesehatan Aceh Kementerian Kesehatan RI

Supp. File(s): Instrumen Riset

Latar Belakang: Angka Kematian Ibu di dunia diperkirakan sebanyak 216 kematian ibu per 100.000 kelahiran bayi hidup yang terjadi karena komplikasi kehamilan dan persalinan. Hampir semua kematian ini terjadi akibat faktor yang sebenarnya dapat dicegah melalui pengaturan pelayanan yang baik. Sedangkan untuk AKB di dunia diperkirakan sebanyak 19 per 1000 hidup kelahiran pada masa neonatal dengan penyebab utama pr

Background: Maternal Mortality Rate in the world is still high due to complications during pregnancy and childbirth. All cases of maternal death can still be prevented through good service arrangements. The problem of infant mortality in the world is also high in the neonatal period, which is caused by prematurity, birth asphyxia and neonatal sepsis. The application of the class for pregnant women is expected to increase the accessibility of pregnant women to quality maternal and child health services so that it can be an effort to reduce maternal and infant mortality.

Objective: To determine the effect of multimedia learning methods in pregnant women's classes on knowledge and attitudes of mothers about care during pregnancy, childbirth and postpartum in the working area of the Langsa Baro Health Center.

Methods: This study was a quasi-experimental with a pre-test and post-test design with two groups. the control group for the class of pregnant women used the conventional learning method, while the treatment group used the multimedia learning method. Each group was carried out pretest and posttest using a questionnaire to determine the knowledge and attitudes of mothers about genital care, childbirth and postpartum in pregnant women. The research was carried out from 7 to 25 May 2019. The research location was in the working area of the Langsa Baro Health Center, Langsa City. Class meetings for pregnant women are 3 times / week in a row. The research sample amounted to 34 pregnant women. The sampling technique is purposive sampling, which is the determination of the sample with certain considerations based on predetermined inclusion criteria. Inclusion criteria were third trimester pregnant women, primigravida, normal pregnancy, pregnant women who were in the working area of Langsa Baro Health Center and were willing to be respondents. The instrument used is a questionnaire. Data analysis is t-dependent test. This research has received approval from the Health Research Ethics Commission of the USU Faculty of Nursing with the number: 2275/V/SP/2019.

Results: The results showed that there was a significant difference in knowledge and attitudes of mothers before and after being given learning in the conventional learning group was 0.000 p < , and the multimedia learning method group was 0.000 which means p < . So it means that there is an influence of the class learning method for pregnant women (multimedia) with the knowledge and attitudes of mothers about care for pregnancy, childbirth, and postpartum in pregnant women in the working area of the Langsa Baro Health Center.

Conclusion: The results showed that there was an influence of the learning method (multimedia) in the pregnant women's class on the knowledge and attitudes of mothers about pregnancy, childbirth and postpartum care in the work area of the Langsa Baro Health Center.

Suggestions For health services, they should be able to apply classes for pregnant women with multimedia learning methods.

 

 

Keywords: Knowledge, Attitude, Class of pregnant women

 

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Angka Kematian Ibu di dunia masih tinggi yang disebabkan karena komplikasi selama kehamilan dan persalinan. Semua kasus kematian ibu masih dapat dicegah melalui pengaturan pelayanan yang baik. Begitu masalah kematian bayi didunia juga tinggi pada masa neonatal, yang disebabkan karena lahir prematuritas, asfiksia lahir dan neonatal sepsis. Penerapan kelas ibu hamil diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas ibu hamil terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak yang berkualitas sehingga dapat menjadi salah satu upaya dalam penurunan kematian ibu dan bayi.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran multimedia dalam kelas ibu hamil terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang perawatan selama kehamilan, persalinan dan nifas di wilayah kerja Puskesmas Langsa Baro. Metode: Penelitian ini adalah Quasi-exsperimental dengan rancangan pre test dan pos test with two group. kelompok kontrol kelas ibu hamil menggunakan metode pembelajaran konversional, sedangkan kelompok perlakuan menggunkan metode pembelajarn multimedia. Setiap kelompok dilakukan pretest dan posttes menggunakan kuesioner untuk mengetahu pengetahuan dan sikap ibu tentang perawatan kelamilan, persalinan dan nifas pada ibu hamil. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 25 Mei 2019. Lokasi penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Langsa Baro Kota Langsa. Pertemuan kelas ibu hamil sebanyak 3 kali/ minggu secara berturut-turut. Sampel penelitian berjumlah 34 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu berdasarkan kriteria inklusi yang telah ditentukan. Kriteria inklusi adalah ibu hamil trimester III, primigravida, kehamilan normal, ibu hamil yang berada di wilayah kerja Puskesmas Langsa Baro dan bersedia menjadi responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner. Analisa data yaitu uji  t-dependent. Penelitian ini sudah mendapatkan persetujuan dari komisi etik penelitian Kesehatan Fakultas Keperawatan USU dengan nomor: 2275/V/SP/2019.

Hasil:  Hasil penelitian ada perbedaan signifikan pengetahuan dan sikap ibu  sebelum dan sesudah diberikan pembelajaran pada kelompok pembelajaran konvensional adalah 0,000 p < α , dan kelompok metode pembelajaran  multimedia adalah 0,000 yang berarti p<α . Maka artinya ada pengaruh metode pembelajaran kelas ibu hamil (multimedia) dengan pengetahuan dan sikap ibu tentang perawatan kehamilan, persalinan, nifas pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Langsa Baro.

Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode pembelajaran (multimedia) kelas ibu hamil terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang perawatan kehamilan, persalinan dan nifas di wialayah kerja Puskesmas Langsa Baro.

Saran Bagi pelayanan kesehatan hendak nya dapat menerapkan kelas ibu hamil dengan metode pembelajaran multimedia.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Kelas Ibu hamil

 

ematuritas, komplikasi persalinan (asfiksia lahir) dan neonatal sepsis. Penerapan kelas ibu hamil diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas ibu hamil terhadap pelayanan kesehatan ibu dan anak yang berkualitas sehingga dapat menjadi salah satu upaya dalam penurunan AKI dan AKB. Pengaruh yang terjadi dari pemberian materi kelas ibu hamil yang disampaikan secara komprehensif dan berkesinambungan diharapkan terjadi peningkatan pengetahuan, perubahan sikap dan perilaku ibu hamil dalam perawatan kehamilan, persalinan, dan nifas.

Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran multimedia dalam kelas ibu hamil terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang perawatan selama kehamilan, persalinan dan nifas di wilayah kerja Puskesmas Langsa Baro.

Metode: Jenis Penelitian ini merupakan Quasi-exsperimental. Desain Penelitian menggunakan pendekatan pretest-postest with control group. Untuk kelompok kontrol kelas ibu hamil diberikan dengan metode pembelajaran konversional, sedangkan kelompok perlakuan ditambah dengan metode multimedia.  Setiap kelompok dilakukan pretest dan posttes menggunakan kuesioner yaitu sebelum dan sesudah mengikuti kelas ibu hamil untuk mengukur tingkat pengetahuan dan sikap ibu tentang perawatan kelamilan, persalinan dan nifas pada ibu hamil. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 sampai 25 Mei 2019. Lokasi penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Langsa Baro. Pertemuan kelas ibu hamil dilakukan sebanyak 3kali pertemuan dengan setiap minggu 1 kali pertemuan untuk setiap kelompok. Sampel penelitian berjumlah 34 ibu hamil. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling, yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu berdasarkan kriteria inklusi yang telah ditentukan. Kriteria inklusi adalah ibu hamil trimester III, primigravida, kehamilan normal, ibu hamil yang berada di wilayah kerja Puskesmas Langsa Baro dan bersedia menjadi responden. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner untuk mengetahui tingkat pengetahuan dan sikap ibu tentang perawatan kehamilan, persalinan, nifas pada ibu di wilayah kerja Puskesmas Langsa Baro. Analisa data yaitu uji  t-dependent. Penelitian ini sudah mendapatkan persetujuan dari komisi etik penelitian Kesehatan Fakultas Keperawatan USU dengan nomor: 2275/V/SP/2019.

Hasil:  hasil uji statistik menunjukkan nilai p value pengetahuan kelompok perlakuan adalah 0,000 yang berarti p value < dari nilai α (0,000 < 0,05), nilai p value sikap kelompok perlakuan perlakuan adalah 0,000 yang berarti p value< dari nilai α (0,000 < 0,05). Maka artinya ada pengaruh metode pembelajaran kelas ibu hamil (multimedia) dengan pengetahuan dan sikap ibu tentang perawatan kehamilan, persalinan, nifas pada ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Langsa Baro.

Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh metode pembelajaran (multimedia) kelas ibu hamil terhadap pengetahuan dan sikap ibu tentang perawatan kehamilan, persalinan dan nifas di wialayah kerja Puskesmas Langsa Baro.

Supplement Files

Keywords : Pengetahuan, Sikap, Kelas Ibu hamil

  1. Cici, Erianty. 2019. “Hubungan Pengetahuan Dengan Sikap Lansia Dalam Memenuhi Personal Hygiene Di Unit Pelaksana Teknis Puskesmas Tanjung Beringin Serdang Bedagai.” : 101.
  2. Depatemen Kesehatan RI. 2015. Journal of Neurogastroenterology and Motility Pedoman Pelaksanaan Kelas Ibu Hamil. https://libportal.jica.go.jp/library/Archive/Indonesia/232i.pdf.
  3. Dinas Kesehatan Kota Langsa. 2019. Laporan Kasus Tahun 2018.
  4. Dinkes Aceh, Dinas Kesehatan. 2019. “Profil Kesehatan Aceh.” Dk 53(9): 1689–99.
  5. Harahap, Desy Maisyarah. 2016. “Pengaruh Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Tentang Perawatan Selama Kehamilan, Persalinan Dan Nifas Di Wilayah Kerja Puskesmas Karang Rejo Kabupaten Langkat.” Universitas Sumatera Utara (X): 1–5.
  6. Laras Prastiyawati. 2015. Skripsi Universitas Negeri Semarang “Intensifikasi Kelas Ibu Hamil Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Pencegahan Kurang Energi Kronis Di Desa Purbosono Kecamatan Kertek Kabupaten Wonosobo.” http://lib.unnes.ac.id/23133/.
  7. Merdhika, Widha Ayu Rima, Mardji, and Mazarina Devi. 2014. “Pengaruh Penyuluhan ASI Eksklusif Terhadap Pengetahuan Ibu Tentang ASI Eksklusif Dan Sikap Ibu Menyusui Di Kecamatan Kanigoro Kabupaten Blitar.” Teknologi Dan Kejuruan 37(1): 65–72.
  8. Pattipeilohy, Maria Yosefa. 2017. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Ibu Terhadap Ketepatan Kunjungan Antenatal Care Di Puskesmas Rekas Kabupaten Manggarai Barat Nusa Tenggara Timur Tahun 2017.” Journal of Chemical Information and Modeling 53(9): 1689–99. http://eprints.poltekkesjogja.ac.id/1721/1/skripsi full.pdf.
  9. R.I, Kementerian Kesehatan. 2019. Short Textbook of Preventive and Social Medicine Profil Kesehatan Indonesia 2018. ed. Boga Hardana. Jakarta: KEMKES RU.
  10. Wawan, A, and M Dewi. 2011. Teori & Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.
  11. World Health Organization. 2017. World Health Statistic 2017: Monitoring Health for the SDGs. https://apps.who.int/iris/handle/10665/255336.

Open Access Copyright (c) 2021 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)