FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI PADA WANITA USIA SUBUR (WUS)DI KELURAHAN CAMPANG RAYA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2014

Sunarsih Sunarsih* -  , Indonesia
Nita Evriana Sari -  , Indonesia
Rinifiya Damayanti -  , Indonesia

Keluarga berencana (KB) adalah salah satu usaha untuk mencapai kesejahteraan keluarga serta untuk mewujudkan keluarga kecil yang bahagia sejahtera. Puskesmas dengan Jumlah peserta KB aktif terendah di Kota Bandar Lampung tahun 2013 adalah Puskesmas Sukabumi dan salah satu kelurahan yang terendah penggunaan KB adalah Kelurahan Campang Raya Kecamatan Sukabumi yaitu sebesar 17%, lebih rendah dibandingkan Kelurahan  Way Laga sebesar 37,8% dan Kelurahan Sukabumi Sebesar 28%. Tujuan penelitian diketahui faktor – faktor yang berhubungan dengan penggunaan alat kontrasepsi pada wanita usia subur (WUS) di Kelurahan  Campang Raya Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung Tahun 2014.

Jenis penelitian adalah kuantitatif, rancangan penelitian analitik pendekatan cross sectional, populasi adalah adalah semua Wanita Usia Subur di Desa Campang Raya Kelurahan Sukabumi Bandar Lampung bulan September tahun 2014 sebesar 227 orang, sampel sebesar 70 orang. Tehnik sampling accidental sampling. Analisis data menggunakan univariat dan Chi square.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat hubungan antara pendidikan dengan penggunaan alat kontrasepsi dengan nilai p value 0,012 dan OR 66,429,ada hubungan umur dengan penggunaan alat kontrasepsi dengan nilai p value 0,006 dan OR 27,00, ada hubungan status ekonomi dengan penggunaan alat kontrasepsi dengan nilai p value 0,002 dan OR 0,028, ada hubungan antara paritas dengan penggunaan alat kontrasepsi dengan P Value 0,000 dan OR 0,003. Diharapkan petugas kesehatan di Desa Campang Raya Kecamatan Sukabumi untuk meningkatkan sosialisasi program KB terhadap WUS dengan cara memberikan penyuluhan menggunakan media dan peraga yang tepat serta melakukan pemantauan berkesinambungan sebagai kontrol terhadap pelaksanaan program KB di masyarakat.

 

Kata kunci : Pendidikan, umur, status ekonomi dan penggunaan alat kontrasepsi KB

Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)