FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN PARTUS LAMA DI RSUD ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2013

Dewi Yuliasari* -  , Indonesia
Anggraini Anggraini -  , Indonesia
Sunarsih Sunarsin -  , Indonesia

Partus lama merupakan salah satu dari beberapa penyebab kematian ibu dan bayi baru lahir. Menurut data SDKI Partus lama pada tahun 2010 mencapai 1,0%, tahun 2010 mencapai 1,1%, dan pada tahun 2011 meningkat menjadi 1,8%. Menurut data prasurvey yang didapatkan dari RSUD Abdul Moeloek  Provinsi Lampung tahun 2012 terdapat 172  ibu bersalin yang mengalami partus lama dari 1.352 ibu post partum. Tujuan penelitian ini adalah diketahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian partus lama di RSUD Abdul Moeloek Provinsi Lampung tahun 2013.

Jenis penelitian survey analitik, rancangan penelitian case control dengan pendekatan case control. Populasi dalam penelitian ini adalah semua ibu yang melahirkan di RSUD Abdul Moeloek Provinsi Lampung berjumlah 1.352 orang. Sampel dalam penelitian ini sejumlah 344 responden, dengan perbandingan partus lama : partus normal yaitu 172 : 172 atau 1 : 1. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar ceklis  dan analisa data yang digunakan adalah chi-square.

             Hasil penelitian didapat responden dengan  partus lama yaitu 172 (100%), usia ibu yang beresiko pada partus lama yaitu 97 (56.4%) , menurut paritas tertinggi pada paritas beresiko sebanyak 88 (51.2%), menurut kejadian janin besar pada partus lama tertinggi sebanyak 65 (37.8%). Ada hubungan antara umur ibu dengan partus lama ( p value 0.002 ; OR 2.027). Ada hubungan antara paritas dengan partus lama ( p value 0.001 ; OR 2.170). Ada hubungan antara janin besar dengan partus lama ( p value 0.005 ; OR 2.005).  Bagi tenaga kesehatan diharapkan melakukan pendataan ibu hamil untuk dijadikan sebagai sasaran informasi tentang upaya pencegahan komplikasi persalinan. Mendistribusikan buku KIA kepada semua ibu hamil yang berkunjung untuk memeriksakan kehamilan di fasilitas kesehatan untuk dapat dipahami dan dipelajari ibu tentang hal-hal yang dapat beresiko terhadap komplikasi persalinan khususnya partus lama.

 

Kata kunci : Faktor-faktor, partus lama
Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)