HUBUNGAN HIPERTENSI PADA IBU BERSALIN DENGAN KEJADIAN ASFIKSIA PADA BAYI BARU LAHIR DI RSUD Dr. H ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG TAHUN 2014

Anggraini Anggraini* -  , Indonesia
Dewi Yuliasari - 

Angka kejadian hipertensi pada kehamilan di lampung tahun 2013 sebesar 4,21%. Penyebab kematian bayi perinatal dan neonatal di provinsi lampung dua terbesarnya disebabkan oleh BBLR dan Asfiksia. Berdasarkan data yang diperoleh dari Rekam Medik RSUD Dr. H. Abdul Moeloek data 3 tahun terakhir presentase kejadian asfiksia meningkat dari tahun sebelumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan hipertensi pada ibu bersalin dengan kejadian asfiksia pada bayi baru lahir di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar lampung tahun 2014.

Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode analitik pendekatan cross sectional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh ibu bersalin dari tanggal 1 Januari – 31 Desember 2014 sebanyak 1130 ibu bersalin dan sampel sebanyak 295 ibu. Pengambilan sampel dengan cara random sampling sistematik. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Chi-Square.

Hasil penelitian dari 295 ibu bersalin sebanyak 78 ibu bersalin yang mengalami hipertensi terdapat  63 bayi yang dilahirkan mengalami asfiksia neonatorum atau sebesar 80,8% dan yang tidak mengalami asfiksia neonatorum sebanyak 15 bayi (19,2%). Dari hasil analisa menggunakan chi-square, didapatkan p-value = 0,000, sehingga p-value < α (0,000 <0,05) maka Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan ada hubungan antara hipertensi pada ibu bersalin dengan kejadian asfiksia pada bayi baru lahir di RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung Tahun 2014. Saran untuk rumah sakit agar memberikan pelatihan penanganan hipertensi dan asfiksia dan kepada institusi pendidikan agar memberikan mahasiswa  seminar-seminar maupun workshop agar mereka memiliki bekal yang baik dalam menangani kasus tersebut. 

 

Kata kunci       : Hipertensi ibu bersalin, Asfiksia

Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)