HUBUNGAN ASUPAN ENERGI, PROTEIN DAN PROTEIN IKAN DENGAN STATUS GIZI ANAK BALITA DI DESA RANGAI TRI TUNGGAL KECAMATAN KATIBUNG KABUPATEN LAMPUNG SELATAN TAHUN 2014

Anggun Rusyantina* -  , Indonesia

Untuk dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, seorang anak balita membutuhkan asupan zat gizi yang mencukupi termasuk protein yang tinggi. Pangan sumber protein hewani meliputi daging, telur, susu, ikan, seafood dan hasil olahannya. Menurut WNPG (2012) sumbangan protein hewani dianjurkan sebesar 25 persen dari total angka kecukupan protein (AKP). Dari angka tersebut, porsi ikan diharapkan  lebih banyak dalam pemenuhan kebutuhan protein hewani yaitu sekitar 60%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan asupan energi dan protein serta protein ikan dengan status gizi anak balitadi Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan.

Penelitian ini menggunakan desain cross sectional studydengan teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 120 anak balita. Analisis data yang digunakan adaah univariat dan bivariat dengan uji chi-square. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Agustus tahun 2014.

Hasil analisis bivariat menunjukkan ada hubungan asupan energi (p = 0,013) dan protein (p = 0,048) serta tidak terdapat hubungan antara asupan protein ikan (p = 0,057)  dengan status gizi anak balita di Desa Rangai Tri Tunggal, Kecamatan Katibung, Kabupaten Lampung Selatan. Disarankan bagi instansi terkait untuk mengadakan penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat khususnya para ibu mengenai pentingnya makanan yang bergizi seimbang serta pemantauan pertumbuhan bagi anak balita dan bagi peneliti lain agar meneliti faktor lainnya yang berhubungan dengan status gizi anak balita.

 

Kata Kunci   : Status Gizi, Asupan Energi, Asupan Protein dan Asupan Protein Ikan

Open Access Copyright (c) 2018 Jurnal Kebidanan Malahayati

Policies

Submissions

Other

Focus and Scope
Section Policies
Peer Review Process
Publication Frequency
Open Access Policy
Online Submissions
Author Guidelines
Copyright Notice
Privacy Statement
Author Fees
Journal Sponsorship
Journal History
Site Map
About this Publishing System
JKM (Jurnal Kebidanan Malahayati)