HUBUNGAN DURASI DAN POSISI KERJA PENGGUNAAN LAPTOP TERHADAP KELUHAN NYERI LEHER PADA PEGAWAI DI PERUSAHAAN PERKEBUNAN

Qorry Aina, M. Riza Setiawan, Romadhoni Romadhoni

Sari


Abstrak: Hubungan Durasi Dan Posisi Kerja Penggunaan Laptop Terhadap Keluhan Nyeri Leher Pada Pegawai Di Perusahaan Perkebunan. Pegawai di PT-X melakukan posisi kerja yang statis dalam durasi kerja kurang lebih 8 jam. Pada keadaan ini pada daerah leher terjadi ketegangan otot yang disebbakan oleh posisi kerja yang statis. Peniliti bertujuan menganalisis adanya hubungan antara durasi kerja dan sikap kerja dalam penggunaan komputer terhadap keluhan nyeri leher pada pegawai di PT-X, Kebun Ngobo, Kabupaten Semarang. Pada penelitian ini dilakukan metode kuantitatif dengan survei cross sectional. Dalam sebuah penilitian, terdapat 30 tenaga kerja. Sampel dipilih menggunakan metode total sampling. Data dianalisis menggunakan uji spearman-rank. Hasil analisis diperoleh terdapat hubungan yang signifikan terkait durasi kerja terhadap nyeri leher pada pekerja pengguna laptop (p=0,007). terdapat hubungan signifikan terkait posisi kerja terhadap nyeri leher pada pekerja pengguna laptop (p=0,003). Terdapat hubungan signifikan terkait durasi dan posisi kerja terhadap nyeri leher pada pekerja penggunaan laptop dan terdapat arah hubungan yang bersifat positif pada durasi dan posisi kerja pada keluhan nyeri leher.


Kata Kunci


durasi kerja, posisi kerja, nyeri leher

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alfara, I., Iftadi, I. dan Astuti, R.D. (2017) Analisis Postur Kerja Operator Perakitan Di Yessy Shoes Untuk Mengidentifikasi Resiko Gangguan Muskuloskeletal Akibat Kerja. Performa. Vol. 16(1).

As-Syifa, Ratna Mella, Regina M Hutasoit, and Dyah G R Kareri. (2020) Hubungan Antara Sikap Kerja Terhadap Kejadian Neck Pain Pada Penjahit Di Daerah Kuanino Kota Kupang.

Constand MK, Macdermid JC. (2013) Effects of neck pain on reaching overhead and reading: a case-control study of long and short neck flexion. BMC Sports Sci Med Rehabil.5(1):21

Diana, S. (2007) Nyeri Musculoskeletal pada Leher Pekerja dengan Posisi Pekerjaan yang Statis. Universa Mediciana.

Eijckelhof BHW, Huysmans M A, Bruno Garza JL, Blatter BM, Van

Dieën JH, Dennerlein JT, et al., (2013) The effects of workplace stressors on muscle activity in the neck-shoulder and forearm muscles during computer work: A systematic review and meta-analysis. Eur J Appl Physiol; 113(12):2897–912

Lestari, Bekti. (2015) Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Terjadinya Nyeri Leher Pada Pengguna Laptop, Universitas Muhammadiyah Malang.

Nurmianto E. (2009) Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Cetakan Ke. Surabaya: Guna Widya.

Persentase Pengguna Laptop, https://www.bps.go.id/publication/downl oad.html?MT (2019).

Wicaksono, Rakhmat Eddy, and Baju Widjasena. (2016) Hubungan

Postur, Durasi Dan Frekuensi Kerja Dengan Keluhan Muskuloskeletal Akibat Penggunaan Laptop Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Jurusan Arsitektur Universitas Diponegoro. Jurnal Kesehatan Masyarakat 4 : 13.

Widyadharma, I. P. E., & Purwata, T. E. (2017) Nyeri Miofasial Servikal.

Yani, Fitri, Meiza Anniza, and Krisnawan Priyanka. (2020) Hubungan Masa Kerja Dan Lama Kerja Dengan Nyeri Leher Pada Pembatik Di

Sentra Batik Giriloyo. Jurnal Ergonomi Indonesia (The Indonesian Journal of Ergonomic) 6, no. 1 (June 30, 2020): 31. (Eijckelhof et al., 2013).




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i6.10005

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.