HUBUNGAN RESILIENSI DENGAN TINGKAT EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TAHAP SARJANA UNIVERSITAS MALAHAYATI

Bertha Luthfiyah Hanna Badja Sanusi, Sri Maria Puji Lestari, Supriyati Supriyati, Dessy Hermawan

Sari


Abstrak: Hubungan Resiliensi Dengan Tingkat Efikasi Diri Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahap Sarjana Universitas Malahayati. Mahasiswa kedokteran dihadapkan dengan berbagai tuntutan akademik yang menyebabkan kecemasan, diperlukan efikasi diri yang tinggi untuk menurunkan kecemasan. Tinggi rendahnya Efikasi diri bergantung dari faktor dari dalam diri individu (internal) dan dipengaruhi oleh faktor dari luar (eksternal). Salah satu komponen dari faktor internal adalah resiliensi. Tujuan penelitian mengetahui hubungan resiliensi dengan tingkat efikasi diri pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahap Sarjana Universitas Malahayati. Jenis penelitian yang dilakukan adalah kuantitatif dengan survei analitik dan pendekatan secara cross sectional, alat ukur kuesioner resiliensi dan efikasi diri dengan teknik pengambilan sampel adalah teknik stratified random sampling. Didapatkan responden sebanyak 228 mahasiswa dengan tingkat resiliensi rendah berjumlah jumlah 104 mahasiswa (45,6%), dan mahasiswa yang memiliki resiliensi terbanyak dalam kategori sedang dan tinggi dengan total 124 mahasiswa (54,4%), tingkat efikasi diri terbanyak dalam kategori tinggi yang berjumlah 128 mahasiswa (56,1%). Analisis statistik menggunakan uji spearman menunjukan p=value sebesar 0,000 dengan nilai koefisien korelasi sebesar r= 0,484. Terdapat hubungan bermakna antara resiliensi dengan efikasi diri pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahap Sarjana Universitas Malahayati. Resiliensi mempengaruhi efikasi diri sebesar 17,3%. Diperlukan suatu program untuk meningkatkan resiliensi dengan pelatihan kemampuan refleksi diri.

 


Kata Kunci


Efikasi diri, Resiliensi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Z. (2011). Pengaruh Pelatihan Resiliensi Terhadap Perilaku Asertif Pada Remaja. Jurnal Pamator, Volume 4(No 2), 129–136.

Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).

Amalia, N. (2020). Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise Of Control. w.h freeman and company.

Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in Psychology, 7(NOV), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787

Constantia, N. (2019). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMK Taruna Satria Pekanbaru. 2, 160.

Demak, I. P. K., Muharam, D. N., & Salman, M. (2019). Hubungan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Blok Dengan Nilai Ujian Mahasiswa Kedokteran Tahun Kedua Universitas Tadulako. Molucca Medica, June, 11–17. https://doi.org/10.30598/molmed.2019.v12.i1.11

Dewi Kumalasari, Azmi Luthfiyani, N., & Grasiawaty, N. (2020). Analisis faktor adaptasi instrumen resiliensi akademik versi indonesia: pendekatan eksploratori dan konfirmatori. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 9(2), 84–95. https://doi.org/10.21009/jppp.092.06

Edwin, E., & Widjaja, Y. (2020). Hubungan Self Efficacy Dengan Pencapaian Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 3(1), 30–39. http://repository.untar.ac.id/id/eprint/24922%0Ahttp://repository.untar.ac.id/24922/1/top.pdf

Eley, D. S., Robert Cloninger, C., Walters, L., Laurence, C., Synnott, R., & Wilkinson, D. (2013). The Relationship Between Resilience and Personality Traits in Doctors: Implications For Enhancing Well Being. PeerJ, 2013(1), 1–16. https://doi.org/10.7717/peerj.216

Feist, J., & Feist, G. J. (2009). Theories of Personality (Seventh ed). The Macgraw-Hill Companies, Inc.

Grotberg, E. H. (Edith H. (2003). Resilience for Today: Gaining Strength From Adversity. Praeger.

Grotberg, E. H. (Edith H., & Bernard van Leer Foundation. (1995). A Guide to Promoting Resilience in Children : Strengthening The Human Spirit (Issue 8).

Harumi, B. P. Y., & Marheni, A. (2018). Peran Konsep Diri dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karier Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unviversitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 23. https://doi.org/10.24843/jpu.2018.v05.i01.p03

Herrman, H., Stewart, D. E., Diaz-Granados, N., Berger, E. L., Jackson, B., & Yuen, T. (2011). What Is Resilience? Canadian Journal of Psychiatry, 56(5), 258–265. https://doi.org/10.1177/070674371105600504

Keye, M. D., & Pidgeon, A. M. (2013). Investigation Of The Relationship Between Resilience, Mindfulness, and Academic Self-Eficacy. Open Journal of Social Sciences, 01(06), 1–4. https://doi.org/10.4236/jss.2013.16001

Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. 5(2).

Lutfianawati, D., Sandayanti, V., Supriyati, & Sucita, A. (2022).

Pengaruh Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Cbt Pada Peserta Ukmppd. Jurnal Psikologi Malahayati, 4(1), 55–70. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj5zYmv9fj6AhWD7HMBHQmpBwQQFnoECBMQAQ&url=http%3A%2F%2Fejurnalmalahayati.ac.id%2Findex.php%2FPSIKOLOGI%2Farticle%2Fview%2F6036&usg=AOvVaw1687P9B936sAZo-PlMCM7c

Mahmood, K., & Ghaffar, A. (2014). The Relationship Between Resilience, Psychological Distress and Subjective Well- Being among Dengue Fever Survivors. Global Journal of Human-Social Science, 14(10), 12–20.

Makmun Hairani. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 1(2), 132.

Maros, H., & Juniar, S. (2016). Academic Resilience and The Four cs: Confidence, Control, Composure, and Commitment. November, 1–23.

Masruroh et al. (2019). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Blok Emergency Medicine Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas. J Agromedicine, 6(1), 20–24.

Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 2009, 433–441.

Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 0(0), 341–347. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3442

Nisa, M. K. (2016). Studi Tentang Daya Tangguh ( Resiliensi ) Anak Di Panti Asuhan Sidoarjo A Study Of Children Resilience In Sidoarjo Orphanages. Fkip, 6(3), 40–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/15740

Notoadmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka

Cita.

Octaryani, M., & Baidun, A. (2018). Uji Validitas Konstruk Resiliensi. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 6(1), 43–52. https://doi.org/10.15408/jp3i.v6i1.8150

Oyoo, S. A., Mwaura, P. M., & Kinai, T. (2018). Academic Resilience as A Predictor Ff Academic Burnout Among Form Four Students In Homa-Bay County, Kenya. International Journal of Education and Research, 6(3), 187–200.

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX di MTS Al-Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68.

Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04

Pitaloka, R. A. (2021). Hubungan Problem Focused Coping dan Resiliensi Akademik Pada Siswa di SMP Negri 2 Tambang Kabupaten Kampar. 1–152. http://repository.uin-suska.ac.id/54837/1/1. UPLOAD AWAL.pdf

Rahmania, F. A., Anisa, S. N., Hutami, P. T., Wibisono, M., & & Rusdi, A. (2019). Hubungan Syukur dan Sabar Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Remaja. PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 24 Nomor(2), 155–166. https://doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss2.art6

Riahi, M., Mohammadi, N., Norozi, R., & Malekitaba, M. (2015). The Study Of The Relationship Between Academic Self-Efficacy and Resilience in High School Students. Academic Journal of Psychological Studies ISSN 2333-0821, 4(3), 59–65.

Rista, R. (2014). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar.

Rojas F., L. F. (2015). Factors Affecting Academic Resilience in Middle School Students: A Case Study. GiST Education and Learning Research Journal, 11(11), 63–78. https://doi.org/10.26817/16925777.286

Saba, R. T., Lisiswanti, R., & B, E. C. (2018). Hubungan Self-Efficacy Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, 7, 12–16.

Sagone, E., & Caroli, M. E. De. (2013). Relationships Between Resilience, Self-Efficacy, and Thinking Styles in Italian Middle Adolescents. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92(Lumen), 838–845. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.763

Salifu Yendork, J., & Somhlaba, N. Z. (2015). Do Social Support, Self-Efficacy and Resilience Influence The Experience Of Stress in Ghanaian Orphans? An Exploratory Study. Child Care in Practice, 21(2), 140–159. https://doi.org/10.1080/13575279.2014.985286

Schultz, D. P., & Schlutz, S. E. (2015). Theories Of Personality (Eleventh e). Cengage Learning.

Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (2014). Generalized self-efficacy scale [J. Weinman, S. Wright, & M. Johnston]. Measures in Health Psychology: A User’s Portfolio. Causal and Control Beliefs, 2008, 35–37.

Trihendradi, C. (2011). Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 19: Deskriptif, Parametrik, Non Parametrik. CV. Andi Offset.

Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018). Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling Dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 108–119.

Utami, C. T. (2017). Self-Efficacy dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 25(1), 54–65. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.18419

Utami, I. (2016). Hubungan Antara Academic Self-Efficacy Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Bidikmisi FIP UNNES Angkatan Tahun 2010-2011. 8–31.

Waxman, H. C., Gray, J. P., & Padron, Y. N. (2003). Review of Research on Educational Resilience.Research Report. Eric, 11, 1–28.

Weiten, W. (2016). Psychology Themes and Variations. https://www.amazon.com/Psychology-Themes-Variations-2003-2004/dp/0759322554

Wentzel, K. R., Miele, D. B., Schunk, D. H., & Dibenedetto, M. K. (2016). Handbook of Motivation At School. Handbook of Motivation at School. https://doi.org/10.4324/9781315773384

Yuniardi, M. S. D. (2011). “Support Group Therapy” Untuk Mengembangkan Potensi Resiliensi Remaja Dari Keluarga “Single Parent” di Kota Malang. Psikobuana, 3(November), 135–140. researchgate

Zimmerman, B. J. (2000). Self-efficacy: an Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1016




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i7.10434

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.