HUBUNGAN RESILIENSI DENGAN TINGKAT EFIKASI DIRI PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TAHAP SARJANA UNIVERSITAS MALAHAYATI
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abidin, Z. (2011). Pengaruh Pelatihan Resiliensi Terhadap Perilaku Asertif Pada Remaja. Jurnal Pamator, Volume 4(No 2), 129–136.
Ahyar, H., Maret, U. S., Andriani, H., Sukmana, D. J., & Mada, U. G. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March).
Amalia, N. (2020). Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Malaysia di Universitas Islam Negeri Ar-Raniry. Skripsi Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.
Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise Of Control. w.h freeman and company.
Cassidy, S. (2016). The Academic Resilience Scale (ARS-30): A New Multidimensional Construct Measure. Frontiers in Psychology, 7(NOV), 1–11. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.01787
Constantia, N. (2019). Hubungan Antara Efikasi Diri dan Motivasi Belajar Dengan Kemandirian Belajar Siswa SMK Taruna Satria Pekanbaru. 2, 160.
Demak, I. P. K., Muharam, D. N., & Salman, M. (2019). Hubungan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Blok Dengan Nilai Ujian Mahasiswa Kedokteran Tahun Kedua Universitas Tadulako. Molucca Medica, June, 11–17. https://doi.org/10.30598/molmed.2019.v12.i1.11
Dewi Kumalasari, Azmi Luthfiyani, N., & Grasiawaty, N. (2020). Analisis faktor adaptasi instrumen resiliensi akademik versi indonesia: pendekatan eksploratori dan konfirmatori. JPPP - Jurnal Penelitian Dan Pengukuran Psikologi, 9(2), 84–95. https://doi.org/10.21009/jppp.092.06
Edwin, E., & Widjaja, Y. (2020). Hubungan Self Efficacy Dengan Pencapaian Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. Tarumanagara Medical Journal, 3(1), 30–39. http://repository.untar.ac.id/id/eprint/24922%0Ahttp://repository.untar.ac.id/24922/1/top.pdf
Eley, D. S., Robert Cloninger, C., Walters, L., Laurence, C., Synnott, R., & Wilkinson, D. (2013). The Relationship Between Resilience and Personality Traits in Doctors: Implications For Enhancing Well Being. PeerJ, 2013(1), 1–16. https://doi.org/10.7717/peerj.216
Feist, J., & Feist, G. J. (2009). Theories of Personality (Seventh ed). The Macgraw-Hill Companies, Inc.
Grotberg, E. H. (Edith H. (2003). Resilience for Today: Gaining Strength From Adversity. Praeger.
Grotberg, E. H. (Edith H., & Bernard van Leer Foundation. (1995). A Guide to Promoting Resilience in Children : Strengthening The Human Spirit (Issue 8).
Harumi, B. P. Y., & Marheni, A. (2018). Peran Konsep Diri dan Efikasi Diri Terhadap Kematangan Karier Mahasiswa Fakultas Kedokteran Unviversitas Udayana. Jurnal Psikologi Udayana, 5(01), 23. https://doi.org/10.24843/jpu.2018.v05.i01.p03
Herrman, H., Stewart, D. E., Diaz-Granados, N., Berger, E. L., Jackson, B., & Yuen, T. (2011). What Is Resilience? Canadian Journal of Psychiatry, 56(5), 258–265. https://doi.org/10.1177/070674371105600504
Keye, M. D., & Pidgeon, A. M. (2013). Investigation Of The Relationship Between Resilience, Mindfulness, and Academic Self-Eficacy. Open Journal of Social Sciences, 01(06), 1–4. https://doi.org/10.4236/jss.2013.16001
Kompri. (2015). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. 5(2).
Lutfianawati, D., Sandayanti, V., Supriyati, & Sucita, A. (2022).
Pengaruh Pelatihan Efikasi Diri Untuk Menurunkan Kecemasan Menghadapi Ujian Cbt Pada Peserta Ukmppd. Jurnal Psikologi Malahayati, 4(1), 55–70. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwj5zYmv9fj6AhWD7HMBHQmpBwQQFnoECBMQAQ&url=http%3A%2F%2Fejurnalmalahayati.ac.id%2Findex.php%2FPSIKOLOGI%2Farticle%2Fview%2F6036&usg=AOvVaw1687P9B936sAZo-PlMCM7c
Mahmood, K., & Ghaffar, A. (2014). The Relationship Between Resilience, Psychological Distress and Subjective Well- Being among Dengue Fever Survivors. Global Journal of Human-Social Science, 14(10), 12–20.
Makmun Hairani. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers, 1(2), 132.
Maros, H., & Juniar, S. (2016). Academic Resilience and The Four cs: Confidence, Control, Composure, and Commitment. November, 1–23.
Masruroh et al. (2019). Hubungan Efikasi Diri Terhadap Hasil Belajar Blok Emergency Medicine Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas. J Agromedicine, 6(1), 20–24.
Missasi, V., & Izzati, I. D. C. (2019). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Resiliensi. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 2009, 433–441.
Mukti, B., & Tentama, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi efikasi diri akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 0(0), 341–347. http://seminar.uad.ac.id/index.php/snmpuad/article/view/3442
Nisa, M. K. (2016). Studi Tentang Daya Tangguh ( Resiliensi ) Anak Di Panti Asuhan Sidoarjo A Study Of Children Resilience In Sidoarjo Orphanages. Fkip, 6(3), 40–45. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/15740
Notoadmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Rineka
Cita.
Octaryani, M., & Baidun, A. (2018). Uji Validitas Konstruk Resiliensi. Jurnal Pengukuran Psikologi Dan Pendidikan Indonesia (JP3I), 6(1), 43–52. https://doi.org/10.15408/jp3i.v6i1.8150
Oyoo, S. A., Mwaura, P. M., & Kinai, T. (2018). Academic Resilience as A Predictor Ff Academic Burnout Among Form Four Students In Homa-Bay County, Kenya. International Journal of Education and Research, 6(3), 187–200.
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas IX di MTS Al-Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68.
Permana, H., Harahap, F., & Astuti, B. (2017). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Pada Siswa Kelas Ix Di Mts Al Hikmah Brebes. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 51–68. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-04
Pitaloka, R. A. (2021). Hubungan Problem Focused Coping dan Resiliensi Akademik Pada Siswa di SMP Negri 2 Tambang Kabupaten Kampar. 1–152. http://repository.uin-suska.ac.id/54837/1/1. UPLOAD AWAL.pdf
Rahmania, F. A., Anisa, S. N., Hutami, P. T., Wibisono, M., & & Rusdi, A. (2019). Hubungan Syukur dan Sabar Terhadap Kesejahteraan Subjektif Pada Remaja. PSIKOLOGIKA: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 24 Nomor(2), 155–166. https://doi.org/10.20885/psikologi.vol24.iss2.art6
Riahi, M., Mohammadi, N., Norozi, R., & Malekitaba, M. (2015). The Study Of The Relationship Between Academic Self-Efficacy and Resilience in High School Students. Academic Journal of Psychological Studies ISSN 2333-0821, 4(3), 59–65.
Rista, R. (2014). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kecemasan Menghadapi Ujian Skripsi pada Mahasiswa Universitas Negeri Makassar.
Rojas F., L. F. (2015). Factors Affecting Academic Resilience in Middle School Students: A Case Study. GiST Education and Learning Research Journal, 11(11), 63–78. https://doi.org/10.26817/16925777.286
Saba, R. T., Lisiswanti, R., & B, E. C. (2018). Hubungan Self-Efficacy Terhadap Tingkat Kecemasan Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung, 7, 12–16.
Sagone, E., & Caroli, M. E. De. (2013). Relationships Between Resilience, Self-Efficacy, and Thinking Styles in Italian Middle Adolescents. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 92(Lumen), 838–845. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.763
Salifu Yendork, J., & Somhlaba, N. Z. (2015). Do Social Support, Self-Efficacy and Resilience Influence The Experience Of Stress in Ghanaian Orphans? An Exploratory Study. Child Care in Practice, 21(2), 140–159. https://doi.org/10.1080/13575279.2014.985286
Schultz, D. P., & Schlutz, S. E. (2015). Theories Of Personality (Eleventh e). Cengage Learning.
Schwarzer, R., & Jerusalem, M. (2014). Generalized self-efficacy scale [J. Weinman, S. Wright, & M. Johnston]. Measures in Health Psychology: A User’s Portfolio. Causal and Control Beliefs, 2008, 35–37.
Trihendradi, C. (2011). Langkah Mudah Melakukan Analisis Statistik Menggunakan SPSS 19: Deskriptif, Parametrik, Non Parametrik. CV. Andi Offset.
Ulya, S. F., Sukestiyarno, Y., & Hendikawati, P. (2018). Analisis Prediksi Quick Count Dengan Metode Stratified Random Sampling Dan Estimasi Confidence Interval Menggunakan Metode Maksimum Likelihood. Unnes Journal of Mathematics, 7(1), 108–119.
Utami, C. T. (2017). Self-Efficacy dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 25(1), 54–65. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.18419
Utami, I. (2016). Hubungan Antara Academic Self-Efficacy Dengan Resiliensi Pada Mahasiswa Bidikmisi FIP UNNES Angkatan Tahun 2010-2011. 8–31.
Waxman, H. C., Gray, J. P., & Padron, Y. N. (2003). Review of Research on Educational Resilience.Research Report. Eric, 11, 1–28.
Weiten, W. (2016). Psychology Themes and Variations. https://www.amazon.com/Psychology-Themes-Variations-2003-2004/dp/0759322554
Wentzel, K. R., Miele, D. B., Schunk, D. H., & Dibenedetto, M. K. (2016). Handbook of Motivation At School. Handbook of Motivation at School. https://doi.org/10.4324/9781315773384
Yuniardi, M. S. D. (2011). “Support Group Therapy” Untuk Mengembangkan Potensi Resiliensi Remaja Dari Keluarga “Single Parent” di Kota Malang. Psikobuana, 3(November), 135–140. researchgate
Zimmerman, B. J. (2000). Self-efficacy: an Essential Motive to Learn. Contemporary Educational Psychology, 25(1), 82–91. https://doi.org/10.1006/ceps.1999.1016
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i7.10434
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.