HUBUNGAN POLA MAKAN DAN STRES DENGAN KEJADIAN DISPEPSIA PADA SISWA-SISWI MADRASAH ALIYAH ASHABUL YAMIN CIKEMBAR SUKABUMI

Ghulam Muharam Suriadi, Festy Ladyani, Selvia Anggraeni

Sari


Abstrak: Hubungan Pola Makan Dan Stres Dengan Kejadian Dispepsia Pada Siswa-Siswi Madrasah Aliyah Ashabul Yamin Cikembar Sukabumi. Dispepsia merupakan kumpulan keluhan atau gejala klinis yang terdiri dari rasa tidak enak atau sakit perut pada saluran cerna bagian atas (SCBA). Sindrom atau keluhan ini dapat disebabkan atau didasari oleh berbagai penyakit, salah satu yang termasuk didalamnya adalah penyakit lambung. Dispepsia disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan pola makan yang tidak teratur, obat-obatan yang tidak jelas, zat-zat seperti nikotin dan alkohol serta adanya kondisi kejiwaan (stres), pemasukan makanan menjadi kurang sehingga lambung akan kosong, kekosongan lambung dapat mengakibatkan erosi pada lambung akibat gesekan antara dinding-dinding lambung. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pola makan dan stres dengan kejadian dispepsia pada siswa-siswi kelas 10 sampai 12 Madrasah Aliyah Ashabul Yamin Cikembar Sukabumi. Metode yang diguankan yaitu Kuantitatif dengan menggunakan pendekatan metode cross sectional menggunakan teknik quota sampling sebanyak 70 sampel keseluruhan. Pengambilan data menggunakan kuesioner dimulai pada bulan November 2022. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Ashabul Yamin Cikembar Sukabumi. Data statistik uji Chi-Square menggunakan SPSS 26. Hasil penelitian yaitu Didapatkan frekuensi Pola makan pada Siswa-Siswi di Madrasah Aliyah Ashabul Yamin Cikembar Sukabumi dengan Pola makan tidak teratur sebanyak 54 responden (77,1%), frekuensi Tingkat stress didapatkan stress sebanyak 45 responden (64,3%), frekuensi kejadian dispepsia sebanyak 46 responden (65,7%). Ada hubungan antara pola makan dengan kejadian dispepsia nilai p-value=0,000, dan hubungan tingkat stress dengan kejadian dispepsia p-value=0,000 (p<0,05).


Kata Kunci


Pola Makan, Stress, dan dyspepsia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdullah, M. And Gunawan, J. (2017) Dispepsia Dalam Cermin Dunia Kedokteran. Ed. 9. Jakarta.

Chaplin. (2019). Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: Rajawali Press.

Diananda, A. (2018) PSIKOLOGI REMAJA DAN PERMASALAHANNYA, ISTIGHNA. Available At: Www.Depkes.Go.Id.

Djojoningrat. (2016). Dispepsia Fungsional. Jakarta: Pusat Penerbitan Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Griffin, R.W. and Moorhead, G. (2011) Organizational Behavior. 10th edn.

Guyton, A. And Hall, J. (2014) Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. 11th Ed. Jakarta: EGC.

Hawari. (2017). Jakarta: Manajemen Stres Cemas dan Depresi. FKUI Universitas .

Kusuma. (2019). Korelasi Skor Dispepsia dan Skor Kecemasan pada Pasien Dispepsia Rawat Jalan Klinik Penyakit Dalam di RSUD Prof. DR. Margono Soekarjo Purwokerto. Jurnal Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, 18-22.

Megawati, M. (2019) ‘Perbedaan Tingkat Stres Dan Cara Mengatasi Stres Dalam Aktivitas Belajar Antara Remaja Putra Dan Remaja Putri Kelas X Di Sman 3 Samarinda’, Stikes Muhammadiyah Samarinda, Volume 2(Nomor 1).

Putri, A.N., Maria, I. And Mulyadi, D. (2018) Hubungan Karakteristik Individu, Pola Makan, Dan Stres Dengan Kejadian Dispepsia Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Jambi Angkatan 2018.

Sumarni, S. And Andriani, D. (2019) ‘Hubungan Pola Makan Dengan Kejadian Dispepsia’, Jurnal Keperawatan Dan Fisioterapi (Jkf), 2(1), Pp. 61–66. Available At: Https://Doi.Org/10.35451/Jkf.V2i1.282.

Tibr, T.U. (2019) ‘Gambaran Stress Akademik Siswa Smk Sahid Jakarta Pada Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Pandemi Covid-19’, E-Journal Uin Muhammadiya Jakarta, 1(1).

Widiyanto, J. Et Al. (2014) Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Kejadian Gastritis (Study Di Puskesmas Harapan Raya Pekanbaru), Jurnal Photon.

Notoadmodjo . (2018). Jakarta: Metode Penelitian Kesehatan : Rineka Cipta.

Susanti. (2022). Faktor risiko dispepsia pada mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB). Journal Faculty of Human Ecology, 50-62.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i1.11350

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.