HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK ANAK USIA 6-12 TAHUN DI SD NEGERI 1 SRENGSEM

Yesi Nurmalasari, Festy Ladyani Mustofa, Muhamad Ibnu Sina, Salman Alfarisy Bagyayani

Sari


Abstrak: Hubungan Status Gizi Terhadap Memori Jangka Pendek Anak Usia
6-12 Tahun Di SD Negeri 1 Srengsem. Memori jangka pendek merupakan
aktivitas penerimaan yang berguna untuk menyimpan informasi secara terbatas.
Secara fungsi tugas memori jangka pendek untuk mengorganisasikan informasi,
memberi makna informasi dan membentuk pengetahuan untuk di simpan pada
memori jangka Panjang. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi memori jangka
pendek yaitu status gizi. Untuk mengetahui hubungan status gizi dengan memori
jangka pendek anak usia 6-12 tahun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif
dan rancangan penelitian yang digunakan yaitu observasional analitik dengan
pendekatan crossectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa di SDN
1 Srengsem yang berusia 6-12 tahun. Sampel yang digunakan berjumlah 225 siswa
yang dipilih dengan metode statified random sampling. Pengambilan data dilakukan
dengan pengukuran berat dan tinggi badan anak serta melakukan tes digit span. Uji
statistik dengan menggunakan uji spearman. Hasil uji statistik menunjukan jenis
kelamin perempuan 136 responden (60,3%), memori jangka pendek yang bagus
berjumlah 114 responden (50,7%) dan status gizi normal sebanyak 151 responden
(13,8%). Ada hubungan antara status gizi dan memori jangka pendek anak usia 6-
12 tahun di SDN 1 Srengsem dengan nilai ρ value 0,000 atau < 0,05.


Kata Kunci


Status Gizi; Memori Jangka Pendek

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidah, K., Laksmiwati, A. A., Sasfiranti, Y., & Supradewi, R. (2020). Pengaruh Penggunaan Warna Terhadap Short Term Memory untuk Peningkatan Pemahaman Matematika. Psisula: Prosiding Berkala Psikologi, 1(September), 96–103. https://doi.org/10.30659/psisula.v1i0.7696

Antonio Suarez Weise. (2014). WHO Global Nutrition Target : Stunting Policy Brief. Stunting Policy Brief, 1–21

Aryadi, I. P. H., Ariawati, K., & Suwarba, I. G. N. M. (2019). Hubungan antara Kebiasaan Sarapan dengan Tingkat Memori pada Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kota Denpasar. Media Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, 29(3), 197–204. https://doi.org/10.22435/mpk.v29i3.1536

Balitbangkes. (2018). Laporan Nasional RISKESDAS 2018.pdf. In Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (p. 198). http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf

Charles, C. (2018). Models of Memory. As Level Psychology Workbook, 1(2), 14–15. https://doi.org/10.4324/9781315538310-7

Febriana, V. (2019). Hubungan Kebugaran Fisik dan Status Gizi

Dengan Daya Ingat Siswi SDN Totosari I dan Tunggylsari I,II di Surakarta. Skripsi Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hasrul, H., Hamzah, H., & Aslinda, H. (2020). Influence of Foster Pattern About the Status of Child Nutrition. Jurnal Ilmiah Kesehatan

Sandi Husada, 9(2), 792–797. https://doi.org/10.35816/jiskh.v10i2.403

Kemenkes RI. (2018). Riset Kesehatan Dasar Riskesdas 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan RI. Badan Penelitian Dan Pengembangan Kesehatan, Id, 1–674. http://labdata.litbang.kemkes.go.id/images/download/laporan/RKD/2018/Laporan_Nasional_RKD2018_FINAL.pdf

Magda Bhinnety. (2019). Struktur Dan Proses Sosiologi. Buletin Psikologi, 16(2), 74–88

Musdalifah, R. (2019). Pemrosesan dan Penyimpanan Informasi pada Otak Anak dalam Belajar: Short Term and Long Term Memory. News.Ge, 17(2), https://news.ge/anakliis-porti-aris-qveynis-momava

Simanjuntak, R. R. (2022). Gambaran Pengetahuan, Sikap, Praktik Makan Dan Status Gizi Mahasiswi Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Medan. Jurnal Ilmiah PANNMED (Pharmacist, Analyst, Nurse,

Nutrition, Midwivery, Environment, Dentist), 17(2), 364–369. https://doi.org/10.36911/pannmed.v17i2.1350

Winarsih, B. D., Fatmawati, Y., & Hartini, S. (2021). Hubungan status gizi dan status hidrasi dengan fungsi memori jangka pendek correlation of nutritional and hydration status and the function of short - term memory in school - age children. 17(2), 115–130. http://103.110.43.37/index.php/jl/article/view/261




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i8.11469

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.