HUBUNGAN PENGARUH TEMAN SEBAYA TERHADAP STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI ANGKATAN 2020
Sari
Abstrak : Hubungan Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Stres Akademik Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2020. Stres akademik yang terjadi pada mahasiswa disebabkan karena adanya tekanan mental atau frustasi yang berkaitan dengan kegagalan akademik. Banyak faktor yang mempengaruhi terjadinya stres akademik, salah satunya yaitu pengaruh teman sebaya. Untuk mengetahui hubungan pengaruh teman sebaya terhadap stres akademik pada mahasiswa kedokteran universitas malahayati angkatan 2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2020. Sampel yang didapatkan berdasarkan rumus slovin dan tekniknya menggunakan metode purposive sampling pada penelitian ini berjumlah 89 orang. Analisis data menggunakan uji korelasi pearson melalui SPSS 25. Didapatkan responden penelitian berjumlah 89, pada kategori baik sebanyak 60 orang (67,4%) dan tingkat stres akademik terbanyak kategori sedang berjumlah 46 orang (51,7%). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa teman sebaya (p=0,316) dimana nilai ini termasuk dalam kriteria 0,316 > 0,05. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan positif yang signifikan antara pengaruh teman sebaya terhadap stres akademik pada mahasiswa kedokteran universitas malahayati angkatan 2020.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Wahyudi, R., Bebasari, E., & Elda. 2015. Gambaran Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara. Jik, 9(2), 107–113.
Sukadiyanto. 2019. Stress dan Cara Mengatasinya. Cakrawala Pendidikan, 29(1), 55–66.
Indriyani, S., & Handayani, N. S. 2018. Stres Akademik Dan Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160.
Ningsih, S. K. W. 2019. Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Kecurangan Akademik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Viii Mts Ma’arif Bakung-Udanawu-Blitar. 1, 11–28.
Ambarawa, S. M. P. N., & Skripsi, I. 2018. Stress Akademik Pada Siswa Kelas Vii Regular. 2(1), 91–99.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. 2020. the Role of Peers in the Character Building of the Students of. IAIN Tulungagung, 1–12.
Hasanah, M. 2019. Stres dan solusinya dalam perspektif psikologi dan islam. Jurnal Ummul Qura, XIII(1), 104–116.
Indriyani, S., & Handayani, N. S. 2018. Stres Akademik Dan Motivasi
Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Bekerja Sambil Kuliah. Jurnal Psikologi, 11(2), 153–160.
Irlaks, V. S., Murni, A. W., & Liza, R. G. 2020. Hubungan antara Stres Akademik dengan Kecenderungan Gejala Somatisasi pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2015. Jurnal Kesehatan Andalas, 9(3), 334.
Kurniawan, Y., & Sudrajat, A. 2020. the Role of Peers in the Character Building of the Students of. IAIN Tulungagung, 1–12.
Nasrani, L., & Purnawati, S. 2015. Stress Level Difference Between Men and Women on Yoga Participants in Denpasar City Pendahuluan. Medika Udayana, 9.
NINGSIH, S. K. W. 2019. Pengaruh Kelompok Teman Sebaya Terhadap Kecurangan Akademik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas Viii Mts Ma’arif Bakung-Udanawu-Blitar. 1, 11–28.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i2.11882
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.