FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INDEKS MASSA TUBUH PADA REMAJA USIA 15-18 TAHUN DI SMAN 14 TANGERANG

Deviani Utami, galih Ayu Setyarini

Sari


Latar Belakang: Masa remaja adalah masa saat tingginya kebutuhan zat gizi untuk pertumbuhan dan perkembanga. Dari beberapa penelitian diketahui bahwa mulai terjadi peningkatan status gizi yang mengarah kepada gizi lebih, tetapi gizi kurang juga masih ditemui pada beberapa remaja.

Tujuan Penelitian: Untuk Mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan indeks massa tubuh (IMT) pada siswa SMAN 14 Tangerang. Faktor-faktor yang diteliti adalah citra tubuh, aktivitas fisik, kebiasaan sarapan dan asupan zat gizi.

Metode Penelitian: Metode yang digunakan dalam penelitian ini bersifat deskriptif analitik dengan pendekatan cross-sectional. Populasi siswa SMAN 14 Tangerang yang berumur 15-18 tahun dengan sampel sebanyak 277 orang. Penelitian ini menggunakan analisis bivariat dengan menggunakan uji korelasi pearson.

Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukan bahwa ada hubungan antara variabel citra tubuh (Pvalue = 0,002), aktivitas fisik (Pvalue = 0,000), kebiasaan sarapan (Pvalue = 0,049) dan asupan zat gizi (Pvalue = 0,043) dengan indeks massa tubuh.

Kesimpulan: Terdapat hubungan antara citra tubuh, aktivitas fisik, kebiasaan sarapan, dan asupan zat gizi dengan indeks massa tubuh pada remaja usia 15-18 tahun di SMAN 14 Tangerang.


Kata Kunci


indeks massa tubuh, remaja usia 15-18 tahun.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v4i3.1318

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.