GAMBARAN GEJALA KLINIS DAN HUBUNGAN PERILAKU PERSONAL HYGIENE DENGAN KEJADIAN SKABIES PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN HIDAYATULLAH SAMARINDA

Jihan Hasna Qurotu'aini, Mona Zubaidah, Khairunnida Rahma

Sari


Abstrak: Gambaran Gejala Klinis dan Hubungan Perilaku Personal Hygiene dengan Kejadian Skabies pada Santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda. Skabies merupakan infestasi parasit yang dapat menimbulkan ruam dan rasa sangat gatal pada kulit. Skabies disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei var. Hominis. Tingginya prevalensi skabies disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah praktik hygiene yang tidak benar seperti kurangnya perawatan kebersihan pribadi, kebiasaan tidur bersama, bergantian memakai pakaian dan handuk, seringnya perjalanan ke tempat yang berisiko. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran gejala klinis dan mengetahui hubungan perilaku Personal Hygiene dengan kejadian skabies pada santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda tahun 2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis Analitik Observasional dengan pendekatan cross-sectional, total jumlah santri di pesantren ini adalah 149 santri dengan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu tingkat Personal Hygiene kurang sebanyak 85 responden (66,9%), dan tingkat Personal Hygiene baik sebanyak 42 responden (33,1%). sebanyak 24 responden (18,9%) terdiagnosis skabies. Berdasarkan hasil uji chi-square didapatkan hasil nilai p-value adalah p = 0,003 (p<0,05), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara perilaku Personal Hygiene dengan kejadian skabies pada santri di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda.


Kata Kunci


Perilaku Personal Hygiene, Kejadian Skabies

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggara, C., Lamri, & Setiadi, R. (2019). Hubungan Personal Hygiene Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Skabies Di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Samarinda. Politeknik Kesehatan Kalimantan Timur.

Briliani Remagari, Annisa Nurul Abdullah, & Deis Hikmawati. (2021). Scoping Review: Hubungan Faktor Sosiodemografi Dan Perilaku Dengan Kejadian Skabies. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 3(2). Https://Doi.Org/10.29313/Jiks.V3i2.7426

Handari, S. R. T., & Yamin, M. (2018). Analisis Faktor Kejadian Penyakit Skabies Di Pondok Pesantren An-Nur Ciseeng Bogor 2017. Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 14(2).

Hidayat, L. H., Aini, S. R., Hidajat, D., & Pratama, I. S. (2020). Peningkatan Pengetahuan Dan Pemeriksaan Skabies Santri Pondok Pesantren Nurul Islam Sekarbela. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 213–222.

Khoiriyah, Nury Sukraeny, Dera Alfiyanti, Renni Yuniati, Muhammad Yuga Syahputra, & Rosalya Ayu. (2023). Upaya Preventif Dan Kuratif Masalah Kesehatan Kulit Berbasis Evidence Based Practice Pemanfaatan Bahan Alam. Jurnal Inovasi Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2).

Kurniati, Zulkarnain, I., & Listiawan, M. Y. (2014). Kesesuaian Gambaran Klinis Patognomonis Infestasi Skabies Dengan Kepositifan Pemeriksaan Dermoskop Dan Kerokan Kulit. Berkala Ilmu Kesehatan Kulit Dan Kelamin, 26(1).

Majid, R., Astuti, R. D. I., & Fitriyana, S. (2020). Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Skabies Pada Santri Di Pesantren Kabupaten Bandung Tahun 2019. Jurnal Integrasi Kesehatan & Sains, 2(2). Https://Doi.Org/10.29313/Jiks.V2i2.5590

Maryanti, E., Lestary, E., Wirdayanto, A., Firja, W., & Devlin, M. (2023). Pengobatan Dan Edukasi Penyakit Skabies Pada Anak Panti Asuhan Desa Pelintung, Medang Kampai Kota Dumai. Jurnal Pengabdian Masyarakat , 5(2), 171–176. Https://Doi.Org/10.30656/Ka.V5i2.5667

Mendila Imaniar. (2022). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Skabies Di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda Tahun 2022.

Nadiya, A., Listiawaty, R., Wuni, C., Masyarakat, K., Kesehatan Masyarakat, P., & Harapan Ibu, S. (2019). Hubungan Personal Hygiene Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Penyakit Scabies Pada Santri Di Pondok Pesantren Sa’adatuddaren The Correlation Between Personal Hygiene And Environment Sanitation With Scabies Disease In Students At Sa’adatuddaren Islamic Boarding School. In Contagion :Scientific Periodical Of Public Health And Coastal (Vol. 2, Issue 2).

Nuraini, N., & Wijayanti, R. A. (2016). Faktor Risiko Kejadian Scabies Di Pondok Pesantren Nurul Islam Jember (Scabies Risk Factors In Pondok Pesantren Nurul. In Jurnal Ilmiah Inovasi (Vol. 1, Issue 2).

Ridwan, A. R., Sahrudin, & Ibrahim, K. (2017). Hubungan Pengetahuan Personal Hygiene, Dan Kepadatan Hunian Dengan Gejala Penyakit Skabies Pada Santri Di Pondok Pesantren Darul Muklisin Kota Kendari 2017. Jimkesmas, 2(6).

Wandira, N. A. (2022). Hubungan Perilaku Personal Hygiene Dengan Kejadian Penyakit Kulit Skabies Di Pondok Pesantren Darul Ulum Kabupaten Kota Waringin Barat Provinsi Kalimantan Tengah. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Cendekia Medika Pangkalan Bun.

Wulandari, S. (2013). Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Penyakit Scabies Di Pondok Pesantren Hidayatullah Samarinda.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i3.13512

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.