HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU DENGAN PENGGUNAAN ZINC PADA KASUS DIARE ANAK BALITA DIPUSKESMAS BANDARHARJO SEMARANG

Cici Rezkika Nasution, Aisyah Lahdji, Nina Anggraeni Noviasari

Sari


Penyebab utama kematian diare adalah penatalaksanaan yang tidak tepat baik di rumah maupun anjuran kesehatan, bahwa masih banyak ibu yang belum mengetahui dengan benar tentang penggunaan zinc yang akan berdampak pada tingginya kasus diare yang terjadi pada anak balita. . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap ibu dengan penggunaan zinc pada kasus diare pada balita di Puskesmas Bandarharjo Semarang. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan desain cross-sectional. Sampel penelitian adalah ibu yang mempunyai balita yang menderita diare di Puskesmas Bandarharjo Semarang berjumlah 46 responden dengan menggunakan total sampling. Instrumen yang digunakan adalah rekam medis, angket data demografi, angket pengetahuan ibu, dan angket sikap ibu, data diolah dengan uji Chi-Square. Hasil uji statistik ditemukan hubungan pengetahuan dengan penggunaan zinc dengan p = 0,001 (p≤0,05) dan PR=10,080, serta hubungan sikap ibu dengan penggunaan zinc dengan p = 0,000 (p≤0,05) dan PR= 14.000. Penelitian ini menunjukkan bahwa ibu yang memiliki pengetahuan cukup atau baik akan memiliki sikap yang mendukung penggunaan zinc.


Kata Kunci


Pengetahuan; Sikap; Penggunaan Zinc; Diare

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aeni Qurotul.(2018). Hubungan Personal Hygiene Dengan Kejadian Diare Anak Di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo Studi Case Control di Wilayah Kerja Puskesmas Bandarharjo.

Amelia R.(2018).Studi Deskripsi Faktor Resiko Kejadian Diare pada Balita (1-4 tahun) di Kelurahan Mangkang Kulon Wilayah Kerja Puskesmas Mangkang.

Damiati, et al.(2017). Perilaku Konsumen. Depok: PT.Rajagrafindo Persada.

Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah.(2019). Profil Kesehatan Provinsi Jateng Tahun 2019. Dinas Kesehat Provinsi Jawa Teng 3511351:273–275.

Fahrunnisa. (2017). Pendidikan Kesehatan Dengan Media Kalender “Pintare” (Pintar Atasi Diare). J Heal Educ.2(1):39–46.

Febriyanti AP, Nugrahini M.(2017).Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Terhadap Penggunaan Zinc Dalam Terapi Diare Pada Anak di Apotek Platuk Jaya Surabaya. J UIN Alauddin.5: 140–151.

Hapzah Nur A. I, Hutasoit. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Pengelolaan Diare Dengan Kepatuhan Pemberian Tablet Zinc Pada Balita Di Puskesmas Gamping II Sleman. Fakultas Keperawatan Universitas Jenderal Achmad Yani Yogyakarta.

Hardiyanti F, Tambunan HS, Saragih IS.(2019).Penerapan Metode K-Medoids Clustering Pada Penanganan Kasus Diare Di Indonesia. KOMIK (Konferensi Nas Teknol Inf dan Komputer).3: 598–603.

Nissa Muna Chairun.(2017).Hubungan Pengetahuan dengan Kepatuhan Ibu dalam Pemberian Zinc Pada Balita Penderita Diare di Puskesmas Helvatia Medan. Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara.

Purnamasari MD, Anisa DO.(2019).Efektifitas Pemberian Suplementasi Zinc dalam Mengatasi Diare pada Anak: Literature Review. J Bionursing.1(2):171–82.

Sulastri S.(2020).Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dengan Penatalaksanaan Diare Pada Balita Di Ruang Edelweis Rsud Dr. M. Yunus Bengkulu. J Nurs Public Heal.4: 67–7.

Suryapramita Dusak MR, Sukmayani Y, Apriliana Hardika S, et al.(2018). Gambaran pengetahuan, sikap, dan praktik ibu balita terhadap penatalaksanaan diare pada anak balita di wilayah kerja Puskesmas Abang 1. Intisari Sains Medis.9: 85–94.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i5.13859

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.