Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dengan Powerpoint Terhadap Peningkatan Pengetahuan Dan Personal Hygiene

Jeanny Kristin, M. Ibnu Kahtan, Abror Irsan

Sari


Pediculosis capitismerupakan salah satu parasit yang banyak menginfestasi anak-anak yang tinggal di asrama karena banyaknya faktor pendukung, seperti tidur bersamaan dan personal hygiene yang buruk. Edukasi perlu dilakukan bersamaan denan penobatan untuk mencegah infestasi ulang tuma, sehingga diperlukan pengetahuan mengenai Pediculosis capitis yang dapat diberikan melalui penyuluhan. Eksperimen semu dengan one grup pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah 41 anak asrama putri PIJ. Analisis statistik uji marginal homogeneity. Hasil yang diperoleh dari analisis SPSS 25.0 didapatkan nilai signifikan 0,008 (P<0,05) untuk efektivitas penyuluhan terhadap peningkatan pengetahuan mengenai Pediculosis capitis dan nilai signifikan 0,02 (P<0,5) untuk efektivitas penyuluhan terhadap peningkatan personal hygiene. Penyuluhan menggunakan metode ceramah dengan powerpoint pada anak asrama putri PIJ secara statistik memberikan efektivitas yang signifikan dalam menentukan perubahan tingkat pengetahuan mengenai Pediculosis capitis dan personal hygiene.


Kata Kunci


Asrama; Pediculosis capitis; Penyuluan; Personal Hygiene

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alatas S, Linuwih S. (2013). Hubungan Tingkat Pengetahuan Mengenai Pediculosis capitis Dengan Karakteristik Demografi Santri Pesantren X Jakarta Timur. eJournal Kedokt Indones, 1(1).

Fadilah H. (2015). Perbedaan Metode Ceramah Dan Leaflet Terhadap Skor Pengetahuan Santriwati Tentang Pediculosis capitis Di Pondok Pesantren Al-Mimbar Sambongdukuh Jombang. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Febriyanti R, Dkk. (2020). Penyuluhan Sosial: Membaca Konteks Dan Memberdayakan Masyarakat. (p. 9).

Gulgun M, Balci E, Karaoglu A, Babacon O, Turker T. (2013). Pediculosis capitis: Prevalence And Its Associated Factors In Primary School Children Living In Rural and Urban Areas In Kayseri Turkey. CEJPH, 21(2).

Hadi T. (2018). Hubungan Personal Hygiene Dan Tingkat Pengetahuan Dengan Kejadian Pediculosis capitis Di Pondok Pesantren Ma’hadul Muta’alimin Di Kecamatan Widodaren. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan.

Helmiwati. (2016). Pengaruh Penyuluhan Metode Ceramah Dengan Media Leaflet Dan Powerpoint Terhadap Pengetahuan Dan SIkap Tentang Pencegahan Penyalahgunaan Napza Pada Siswa SMK Fathih Azahra Medan Tahun 2016. Universitas Sumatera Utara.

Islami A, Natalia D, Zakiah M. (2020). Efektivitas Penyuluhan Menggunakan Media Audiovisual Terhadap Personal Hygiene Dan Angka Kejadian Pediculosis capitis Pada Santri Putri Madrasah Tsanawiyah (MTs) Di Pondok Pesantren X Kecamatan Mempawah Timur. JNIK LP2M Unhas, 3(1).

Janiwarty, Bethsaida, Pieter, Zan H. (2013). Pendidikan Psikologi Untuk Bidan Teori Dan Terapan. Yogyakarta: Andi Offset.

Lubis F. (2016). Perbedaan Pendidikan Kesehatan Menggunakan Metode Ceramah Dan Audiovisual Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Perawat Karies Gigi Anak DI Wilayah Puskesmas Wonosegoro II. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Notoadmodjo S. (2003). Ilmu Kesehatan Masyarakat Prinsip-Prinsip Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Perry, Potter. (2005). Buku Ajar Fundamental Keperawatan. Edisi Keem. Jakarta: EGC.

Ramadhani S, Adi S, Gayatri R. (2020). Efektivitas Penyuluhan Berbasis Powerpoint Terhadap Tingkat Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Tentang Pencegahan Cacingan Pada Siswa Kelas V Dan VI SDN 01 Kromengan Kabupaten Malang. Indones J Public Heal, 5(1).

Restina R. (2010). Hubungan Berbagai Faktor Risiko Terhadap Angka Kejadian Pediculosis capitis di Asrama. Universitas Muhammadiyah.

Sihombing, Petra J. (2015). Hubungan Self Efficacy Dengan Penyesuaian Diri Siswa Asrama SMA Swasta Katolik Sibolga. Junrla Psikologi, Univeristas Medan Area.

Siwach M. (2009). Impact Of Health Education Programme On The Knowledge And Practices Of School Children Regarding Personal Hygiene In Rural Panipat. Kamla-Raj Int J Educ Sci, 1(2)

Soedarto. (2006). Buku Ajar Parasitologi Kedokteran. Edisi 2. (p. 332). Jakarta: Sagung Seto.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyaningtyas A, Ariyadi T, Zahro F. (2020). Hubungan Antara Personal Hygiene Dengan Kejadian Pedikulosis Di Pondok Pesantren Al-Yaqin Rembang. J Labora Med.

Tappeh K, Al E. (2012). Pediculosis capitis Among Primary School Children And Related Risk Factors Inn Urmia, The Main City Of West Azarbaijan, Iran. J Arthropod-Borne Dis, 6(1):79–85.

Wawandan D. (2011). Teori Pengukuran Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Medika.

Yulinda A, Fitriyah N. (2018). Efektivitas Penyuluhan Metode Ceramah Dan Audiovisual Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Tentang SADARI Di SMKN 5 Surabaya. J Promkes, 6(2).

Zakiudin A, Shaluhiyah Z. (2016). Perilaku Kebersihan Diri (Personal Hygiene) Santri Di Pondok Pesantren Wilayah Kabupaten Brebes Akan Terwujud Jika Didukung Dengan Ketersediaan Sarana Prasarana. J Promosi Kesehat Indones, 11(2).




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i7.15038

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor