Hubungan Jenis Stresor Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahap Awal Tahun 2023

Muhammad Ubayya Kholis, Sri Maria Puji Lestari, Dewi Luthfianawa, Dessy Hermawan

Sari


Stres merupakan komponen yang tak terhindarkan dalam berbagai aspek kehidupan, dan bisa dirasakan oleh siapa pun dalam berbagai tingkat keparahan. Stres terbentuk melalui respon emosional individu terhadap situasi atau peristiwa tertentu, dan tingkat stres bisa berbeda-beda. Stresor merujuk pada situasi, kondisi, objek, atau individu yang memiliki potensi untuk menimbulkan stres. Mengetahui hubungan antara jenis stressor dengan tingkat stres pada mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Malahayati awal tahun 2023. Didapatkan responden sebanyak 101 responden dengan tingkat stres terbanyak dalam kategori stres sedang yang berjumlah 63 responden (62.4%). Jenis stresor yang paling banyak menyebabkan stres sedang yaitu ARS (Academic Related Stressor) 48.5%, IRS (Intrapersonal & Interpersonal Related Stressor) 50.5%, TLRS (Teaching & Learning Related Stressor) 40.6%, SRS (Social Related Stressor) 37.6% dan DRS (Drive & Desire Related Stressor) 50.5%, Sedangkan pada GARS (Group Activities Related Stressor) menyebabkan stres ringan pada 39.6%. Hasil uji bivariat antara tingkat stres dengan jenis stresor didapatkan ARS (p=0.010, r=0.256), IRS  (p=0.016, r=0.240), TLRS (p=0.365), SRS (p=0.651), DRS (p=0.000, r=0.385) dan GARS (p = 0.905). Terdapat hubungan yang bermakna hanya pada jenis stresor ARS, IRS dan DRS dengan tingkat stres dengan kekuatan korelasi lemah dan sedang dan arahnya positif


Kata Kunci


Jenis Stresor; Tahap Awal; Tingkat Stres

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, S. R., Anissa, M., & Triana, R. (2022). Hubungan Tingkat Stres Dengan Kejadian Insomnia Pada Mahasiswa Angkatan 2017 Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah. Indonesian Journal for Health Sciences, 6(1), 1–7. https://doi.org/10.24269/ijhs.v6i1.3936

Azis, M. Z., & Bellinawati, N. (2015). Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. 2(2), 197–202. https://doi.org/10.1063/1.3106611

Dwi Ananda, S. S., & Apsari, N. C. (2020). Mengatasi Stress Pada Remaja Saat Pandemi Covid-19 Dengan Teknik Self Talk. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 248. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i2.29050

Hamzah, B., & Rahmawati, H. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59–67.

Mulya, H. A., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Berprestasi Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Psikologi Universitass Diponegoro Semarang. Jurnal EMPATI, 5(2), 296–302. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/15224

Mustikawati, I. F., & Putri, P. M. (2018). Hubungan Antara Sikap Terhadap Beban Tugas Dengan Stres Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Herb-Medicine Journal, 1(2), 122–128. https://doi.org/10.30595/hmj.v1i2.3489

Notoatmodjo, S. (2018). Metodologi Penelitian Kesehatan. In PT. RINEKA CIPTA (Vol. 7, Nomor 1, hal. 37–38).

Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1), 103. https://doi.org/10.25077/jka.v8.i1.p103-111.2019

Romadhoni, R., Ahsanti, W. R., & Widayati, R. (2022). Teaching and Learning Related Stressor merupakan Stressor yang Paling Dominan Terhadap Tingkat Stress dan Distress pada Mahasiswa Kedokteran. Medica Arteriana (Med-Art), 4(1), 57. https://doi.org/10.26714/medart.4.1.2022.57-66




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i9.15448

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.