Hubungan Antara Lama Screen time Dengan Risiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas Pada Anak Usia 3-6 Tahun Di Mojokerto

Maulana Muhammad Hisyam Hamdan, Anna Lewi Santoso, Ayling Sanjaya, Wahyuni Dyah Parmasari

Sari


Perkembangan teknologi telah menyebabkan peningkatan waktu yang dihabiskan anak-anak di depan gadget yang mungkin berpengaruh terhadap kesehatan mental mereka, termasuk potensi untuk mengembangkan Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH). Penelitian ini melibatkan 45 anak usia 3-6 tahun yang mendapatkan pelayanan di Puskesmas Jetis Mojokerto. Data dikumpulkan melalui survei yang mencatat durasi penggunaan gadget (screen time) harian dan skor GPPH, dengan menggunakan skor cut-off  ≥ 13 sebagai indikator GPPH yang lebih tinggi. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif dan uji Chi-square untuk mengevaluasi hubungan antara lama screen time dan GPPH. Dari 45 anak, 40% menghabiskan lebih dari satu jam screen time setiap hari. Anak-anak yang menghabiskan lebih dari satu jam di depan layar memiliki skor GPPH yang lebih tinggi (>13) dengan persentase 72.2%, sementara yang kurang dari satu jam hanya 18.5%. Uji Chi-square menghasilkan p value sebesar 0.001, menunjukkan adanya hubungan yang sangat signifikan antara lama screen time dan skor GPPH. Berdasarkan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara lama screen time dan kejadian GPPH pada anak usia 3-6 tahun.


Kata Kunci


Anak; GPPH; screen time

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Beyens, I., Valkenburg, P. M., & Piotrowski, J. T. (2018). Screen media use and ADHD-related behaviors: Four decades of research. Proceedings of the National Academy of Sciences of the United States of America, 115(40), 9875–9881. https://doi.org/10.1073/pnas.1611611114

Burns, C., Michelogiannakis, D., Ahmed, Z. U., Rossouw, P. E., & Javed, F. (2023). Influence of psychostimulants on bone mineral density and content among children with attention deficit hyperactivity disorder. A systematic review. Bone, 116982.

Childress, A. C., Brams, M. N., Cutler, A. J., Donnelly, G. A. E., & Bhaskar, S. (2020). Efficacy and safety of multilayer, extended-release methylphenidate (PRC-063) in children 6–12 years of age with attention-deficit/hyperactivity disorder: A laboratory classroom study. Journal of Child and Adolescent Psychopharmacology, 30(10), 580–589.

Fitriahadi, E., & Daryanti, M. S. (2020). Penggunaan gadget Mempengaruhi Gangguan Pemusatan Perhatian Pada Anak. Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan Aisyiyah, 16(2), 126–134. https://doi.org/10.31101/jkk.1690.

Hou, J., Inganäs, O., Friend, R. H., & Gao, F. (2018). Organic solar cells based on non-fullerene acceptors. Nature Materials, 17(2), 119–128.

Muppalla, S., Jia, S., & Lyu, S. (2023). Integrating Audio-Visual Features for Multimodal Deepfake Detection. ArXiv Preprint ArXiv:2310.03827.

Naufal, A. F., Safitri, E. F., Nurulinsani, A., Susilo, T. E., Darojati, H. P. I., Pristianto, A., & Awanis, A. (2023). Hubungan Durasi Penggunaan gadget Terhadap Gejala Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). FISIO MU: Physiotherapy Evidences, 4(2), 152–160. https://doi.org/10.23917/fisiomu.v4i2.22133

Nikkelen, S. W. C., Valkenburg, P. M., Huizinga, M., & Bushman, B. J. (2014). Media use and ADHD-related behaviors in children and adolescents: A meta-analysis. Developmental Psychology, 50(9), 2228.

Nobre, J. N. P., Santos, J. N., Santos, L. R., Guedes, S. da C., Pereira, L., Costa, J. M., & Morais, R. L. de S. (2021). Determining factors in children’s screen time in early childhood. Ciencia e Saude Coletiva, 26(3), 1127–1136. https://doi.org/10.1590/1413-81232021263.00602019

Nofadina, H., Hidayati, N. O., & Adistie, F. (2021). Hubungan Screen Time Penggunaan Smartphone Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah. Jurnal Mutiara Ners, 4(2), 94–99. https://doi.org/10.51544/jmn.v4i2.1654

Núñez-Jaramillo, L., Herrera-Solís, A., & Herrera-Morales, W. V. (2021). Adhd: Reviewing the causes and evaluating solutions. In Journal of Personalized Medicine (Vol. 11, Issue 3, pp. 1–25). MDPI AG. https://doi.org/10.3390/jpm11030166

Qi, J., Yan, Y., & Yin, H. (2023). Screen time among school-aged children of aged 6–14: a systematic review. Global Health Research and Policy, 8(1). https://doi.org/10.1186/s41256-023-00297-z

Setianingsih, S. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas. Gaster, 16(2), 191. https://doi.org/10.30787/gaster.v16i2.297

Setyarini, D. I., Rengganis, S. G., Ardhiani, I. T., & Mas’udah, E. K. (2023). Analisis Dampak Screen time terhadap Potensi Tantrum dan Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2496–2504.

https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3376

Shih, P., Chiang, T. liang, Lin, P. I., Lin, M. Y., & Guo, Y. L. (2023). Attention-deficit hyperactivity disorder in children is related to maternal screen time during early childhood in Taiwan: a national prospective cohort study. BMC Psychiatry, 23(1). https://doi.org/10.1186/s12888-023-05242-5

Sri Rahayu, N., Mulyadi, S., & Studi PGPAUD UPI Kampus Tasikmalaya, P. (2021). Analisis Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. In Desember (Vol. 5, Issue 2).

Susilowati, L., Syiti Hajjar, A., Yani Yogyakarta, A., Brawijaya, J., Road Barat, R., Surya Global, S., Ringroad Selatan Blado, J., Monumen Perjuangan, J., & Lor, B. (n.d.). Risiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas Pada Anak Pengguna Gadget. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj

Utami, R. D. L. P., Safitri, W., Pangesti, C. B., & Rakhmawati, N. (2021). Pengalaman Orang Tua Dalam Merawat Anak Dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd). Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 222–230.

Vuriyanti, M., Rahmawati, I., & Suhari, S. (2023). The Effect Of Gadjet On Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) In Preschool Children: Literatur Review. UNEJ E-Proceeding, 287–293.

Wu, J. B., Yin, X. N., Qiu, S. Y., Wen, G. M., Yang, W. K., Zhang, J. Y., Zhao, Y. F., Wang, X., Hong, X. B., Lu, D. L., & Jing, J. (2022). Association between screen time and hyperactive behaviors in children under 3 years in China. Frontiers in Psychiatry, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyt.2022.977879




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i1.16237

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.