Hubungan Fungsi Manajemen Terhadap Kualitas Pelayanan Perawatan: Literature Review
Sari
Kualitas perawatan di Indonesia telah menjadi perhatian utama terutama terkait dengan fungsi manajemen yang efektif. Peningkatan efisiensi dalam operasional dan hasil perawatan yang lebih baik merupakan dampak dari penerapan manajemen yang baik. Manajemen yang baik mencakup perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan keperawatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor manajemen yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan. Peneliti menggunakan empat database dalam menyusun artikel literature review ini diantaranya adalah Google Scholar, Science Direct, Scopus, dan Semantic Scholar dengan kata kunci pasien rawat inap, kualitas pelayanan perawatan, fungsi manajemen. Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris merupakan kriteria inklusi yang ditetapkan pada penelitian ini, populasi artikel pasien rawat inap, artikel berbentuk fulltext/open acces, artikel dipublikasi 5 tahun terakhir dari tahun 2019-2024, isi artikel sesuai topik penelitian. Dalam penelitian ini, salah satu analisis yang dilakukan adalah pemilihan artikel dengan menggunakan diagram PRISMA untuk mencari artikel yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Hasil dari penyaringan didapatkan 8 artikel yang sesuai dengan kriteria dan memperoleh hasil bahwa terdapat 3 faktor utama fungsi manajemen yang dapat meningkatkan kualitas pelayanan perawatan pada pasien rawat inap diantaranya adalah fungsi organizing, fungsi planning, dan fungsi controlling. Kesimpulan bahwa penerapan fungsi manajemen memiliki memiliki dampak yang signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan keperawatan di Indonesia. signifikan terhadap peningkatan kualitas pelayanan keperawatan di Indonesia.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Admassie, B. M., Lema, G. F., Ferede, Y. A., & Tegegne, B. A. (2022). Emergency nurses perceived barriers to effective pain management at emergency department in Amhara region referral hospitals, Northwest Ethiopia, 2021. Multi-center cross sectional study. Annals of Medicine and Surgery, 81(July), 104338.
Aningrum, N., & Setiawan, I. (2018). Peran prinsip etik dalam menentukan bagaimana perawat berperilaku secara etis saat memberikan asuhan keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 9(2), 123-132.
Berwick, D. M., & Nolan, T. W. (2020). The Triple Aim: Care, Health, and Cost. Health Affairs, 39(3), 490-496.
Darus, M., Milwati, S., & Maemunah, N. (2018). Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Dinoyo Kota Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1).
Donabedian, A. (2021). Evaluating the Quality of Medical Care. The Milbank Quarterly, 99(3), 550-574.
Grace Putri Laia, & Lea Sri Ita br P.A. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Santa Elisabeth Medan. SEHATMAS: Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 1(4), 696–701. https://doi.org/10.55123/sehatmas.v1i4.978
Hasibuan, N. S., Handiyani, H., & Nurhayati, N. (2022). Optimalisasi Fungsi Manajemen Kepala Ruangan terhadap Perilaku Etik Perawat dalam Pelayanan Keperawatan. Jurnal Keperawatan Silampari, 5(2), 1089–1095. https://doi.org/10.31539/jks.v5i2.3528
Jayanti Pardede, M., Devi Fitriani, A., & J. Hadi, A. (2020). Analisis Implementasi Manajemen Asuhan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap RSU. Mitra Sejati Medan. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 3(2), 93–99.
https://doi.org/10.56338/mppki.v3i2.1077
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2022). Survei mengenai peningkatan kesalahan pemberian obat di rumah sakit. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Mahmud, A. N. (2020). Kepuasan Pasien : Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap. Voice of Midwifery, 10(2), 940–954. https://doi.org/10.35906/vom.v10i2.107
Mardiana, R. (2023). Dampak Manajemen Berbasis Bukti dalam Mengurangi Kesalahan Medis. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan.
Maweikerea, Y., Manampiring, A. E., & Toar, J. M. (2021). Hubungan Beban Kerja Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien dalam Pemberian Asuhan Keperawatan di RSU GMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Keperawatan, 9(1), 71-77.
McLaughlin, C. P., & Hays, J. C. (2021). Healthcare Operations Management (3rd ed.). Jones & Bartlett Learning.
Olsson, A. B. S., Haaland-Øverby, M., Stenberg, U., Slettebø, T., & Strøm, A. (2022). Primary healthcare professionals’ experience with patient participation in healthcare service development: A qualitative study. PEC Innovation, 1(July). https://doi.org/10.1016/j.pecinn.2022.100068
Pashar, A., & Setiawan, I. (2020). Masalah perilaku etik dalam proses keperawatan: Ketidakadilan dalam pelayanan keperawatan, kurangnya perhatian terhadap pasien, mengabaikan hak pasien, dan tidak menghargai pasien. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 11(3), 245-254.
Poon, E. G., et al. (2023). The Role of Leadership in Quality Improvement. American Journal of Medical Quality, 38(1), 12-20.
Prayogi, A. S. (2018). Hubungan Kinerja Perawat Dengan Kepuasan
Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tk. III 04.06. 03 Dr. Soetarto Yogyakarta. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia (JIKI), 1(2), 9-28.
Putri, A. (2024). Pengelolaan Sumber Daya Manusia dalam Peningkatan Kualitas Perawatan. Jurnal Ilmu Keperawatan.
Rauf, A., Muhammad, N., Mahmood, H., & Yen, Y. Y. (2024). The influence of healthcare service quality on patients’ satisfaction in urban areas: The case of Pakistan. Heliyon, 10(18), e37506. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e37506
Sari, D., et al. (2021). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Layanan Keperawatan di Rumah Sakit. Jurnal Keperawatan Indonesia.
Sidabutar, N., Nasution, S. S., & Nasution, S. K. (2024). Pengaruh Fungsi Manajerial Kepala Ruangan Terhadap Kualitas Pelayanan Keperawatan. Journal of Telenursing (JOTING), 6(1), 10745.
Sutopo, E., Sudarwati, S., & Istiqomah, I. (2019). Pengaruh Manajemen Mutu Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Kabupaten Karanganyar. Jurnal Ilmiah
Edunomika, 3(01), 159–167. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.451
Syafiah, A. (2022). Hubungan Manajemen Risiko Dengan Mutu Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang (Disertasi Doktor Universitas Islam Sultan Agung Semarang).
Ujiana, S., Hastuti, L., & Jiu, C. K. (2024). Pengaruh Supervisi Klinis Keperawatan Terhadap Kinerja Perawat Pelaksana: a Literature Review. Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 15(1), 13–19.
World Health Organization. (2022). Quality Health Services: A Global Perspective. WHO
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i5.18278
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.