Hubungan Intensitas Bermain Game Online Terhadap Ketagihan Game Online, Keterampilan Komunikasi Dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Purwokerto

Shelma Fatimah Zahra, Paramita Septianawati, Tisna Sendy Pratama, Irma Finurina Mustikawati, Lita Hati Dwi Purnami Effendi

Sari


Ketagihan game online merupakan suatu gangguan jiwa dimana seseorang tidak dapat mengontrol/mengendalikan dirinya dari bermain game, dimana bermain game merupakan prioritas tertinggi dibandingkan dengan aktivitas lainnya. Bermain game online dengan intensitas yang tinggi pada mahasiswa kedokteran dapat berdampak buruk pada akademik maupun kesehatannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online terhadap ketagihan game online, keterampilan komunikasi dan motivasi belajar pada mahasiswa kedokteran. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan analitik observasional dengan desain cross-sectional. Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode consecutive sampling pada mahasiswa kedokteran yang menggunakan game online dengan memberikan kuesioner yang dibagikan. Hasil analisis data menggunakan uji chi square menunjukkan bahwa nilai signifikansi (p<0,05) pada variabel yang diteliti yakni ketagihan game online (p=0,000), keterampilan komunikasi di dunia nyata (p=0,419), keterampilan komunikasi di dunia maya (p=0,184), dan motivasi belajar (p=0,722). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan intensitas bermain game online dengan ketagihan game online dan tidak terdapat hubungan intensitas bermain game online terhadap keterampilan komunikasi di dunia nyata maupun di dunia maya dan motivasi belajar pada mahasiswa kedokteran di Purwokerto.


Kata Kunci


Game Online; Intensitas; Ketagihan; Komunikasi dan Motivasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ahmad, S.N.A. et al. (2021) ‘Hubungan Kecanduan Bermain Game Online terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA X’, Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 5(1), pp. 29–44. Available at: http://jurnal.umt.ac.id/index.php/jik/index.

APJII (2024) Hasil Survei Penetrasi Internet Indonesia 2024. Available at: https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang (Accessed: 27 May 2024).

Asmiati, L., Pratiwi, I.A. and Fardhani, M.A. (2021) ‘Dampak Penggunaan Game Online terhadap Kemampuan Berkomunikasi Anak’, Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 8(1), pp. 37–45.

Faras, M.N. et al. (2024) ‘Pengaruh Kecanduan Bermain Game Online terhadap Kualitas Tidur pada Mahasiswa/i Fakultas Kedokteran Angkatan 2019 di Universitas Malahayati’, Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 11(2), pp. 279–286.

Faridah, Yuliva and Oknalia, V. (2020) ‘Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Belajar’, JIK (Jurnal Ilmu Kesehatan), 4(2), pp. 136–140. Available at: https://doi.org/10.33757/jik.v4i2.302.g135.

Granic, I., Lobel, A. and Engels, R.C.M.E. (2014) ‘The Benefits of Playing Video Games’, American Psychologist Association, 69(1), pp. 66–78. Available at: https://doi.org/10.1037/a0034857.

Hardanti, H.A. et al. (2013) ‘Faktor-faktor yang Melatarbelakangi Perilaku Adiksi Bermain Game Online pada Anak Usia Sekolah’, Jurnal Keperawatan Padjadjaran, 1(3), pp. 166–175.

ICD-11 (2019) ICD-11 untuk Statistik Mortalitas dan Morbiditas. Available at: https://icd.who.int/browse/2024-01/mms/en#1448597234 (Accessed: 19 July 2024).

Lellu, A. and Jehaman, T. (2022) ‘Increased Stress in Youth due to Addiction Play Online Games in 2022’, Jurnal Kesehatan Luwu Raya, 09(01), pp. 121–127. Available at: https://jurnalstikesluwuraya.ac.id/index.php/eq/article/view/167/117 (Accessed: 2 June 2024).

Lestari, S.M.P. and Mantasa, A. (2017) ‘Hubungan Intensitas Bermain Game Online dengan Tingkat Konsentrasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Umum Universitas Malahayati Angkatan 2013’, Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 4(4), pp. 225–233.

Nizar, A. and Hajaroh, S. (2019) ‘Pengaruh Intensitas Penggunaan Game Gadget terhadap Minat Belajar Siswa’, Jurnal PGMI, 11(2), pp. 169–192. Available at: http://journal.uinmataram.ac.id/index.php/.

Nuzuli, A.K. (2020) ‘Faktor yang Memengaruhi Efektivitas Komunikasi antar Pemain Game Online PUBG’, Jurnal Komunikasi Global, 9(1), pp. 20–41.

Pati, I.R. (2019) ‘Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar Siswa di SD Kristen Citra Bangsa’, Jurnal Mahasiswa Pendidikan Informatika, 1(1), pp. 37–41.

Pratama, P.G.J.Y., Wartiningsih, M. and Karimah, A. (2022) ‘Korelasi antara Resiko Kecanduan Game Online Menggunakan Gadget terhadap Kualitas Tidur Mahasiswa Kedokteran Universitas Ciputra’, PMJ Prominentia Medical Journal, 3(1), pp. 1–8.

Putra, B.N., Purwadi and Untari, M.F.A. (2022) ‘Analisis Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar Anak’, Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah, 3(4), pp. 403–407.

Putra, F.F. et al. (2019) ‘Dampak Game Online terhadap Perubahan Perilaku Sosial Mahasiswa Telkom University’, Jurnal Politikom Indonesia, 4, pp. 98–103.

Rahmawati, R. (2016) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa Kelas X SMAN 1 Piyungan pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Ajaran 2015/2016’, Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 5(4), pp. 326–336.

Raihan, M. et al. (2024) ‘Pengaruh Game Online terhadap Komunikasi Orang Tua dan Anak’, Journal of Social Humanities and Education, 3(3), pp. 1–15.

Ramadhani, D.F. and Yamin (2021) ‘Hubungan Game Online “Free Fire” Dengan Perilaku Komunikasi Pada Siswa Kelas VI’, Jurnal Educatio, 7(3), pp. 818–824. Available at: https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1256.

Saputra, A.R. et al. (2024) ‘Pengaruh Game Online terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SDN 1 Pringsewu Timur’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), pp. 1–8. Available at: https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.287.

Sari, A.S. et al. (2024) ‘Hubungan Intensitas Bermain Game Online terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Sisa’, Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 18(4), pp. 15–22.

Suherdi, P.H. (2023) ‘Pengaruh Game Online Terhadap Kemampuan Komunikasi’, Jurnal Kewarganegaraan, 7(1), pp. 973–977.

Surbakti, K. (2017) ‘Pengaruh Game Online terhadap Remaja’, Jurnal

Curere , 01(01), pp. 28–38.

Syahran, R. (2015) ‘Ketergantungan Online Game dan Penanganannya’, Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1), pp. 84–92.

WHO (2020) Addictive behaviours: Gaming disorder. Available at: https://www.who.int/news-room/questions-and-answers/item/addictive-behaviours-gaming-disorder (Accessed: 27 May 2024).




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i3.18432

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.