PERBEDAAN MEMORI JANGKA PENDEK ANTARA SISWI YANG BEROLAHRAGA AEROBIK RUTIN DENGAN TIDAK RUTIN DI SMAN 14 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018

Ringgo Alfarisi, Eka Nurwidyasari, Dewi Lutfianawati

Sari


Olahraga aerobik dapat memberikan manfaat meningkatkan aliran darah otak khususnya ke hippocampus dan meningkatkan neoplastisitas otak yang penting agar memori dapat berfungsi dengan baik. Memori  jangka  pendek  merupakan  unsur  inti  dari  perkembangan  kognitif,  sebab  segala bentuk belajar dari individu melibatkan memori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan memori jangka pendek antara siswi yang berolahraga aerobik  rutin  dengan  siswi  yang  tidak  berolahraga  aerobik  rutin  di  SMAN  14  Bandar Lampung Bulan April Tahun 2018.

Jenis penelitian ini adalah Survey Analytic dengan pendekatan Cross Sectionlal. Populasi seluruh siswi kelas XI IPA dengan sampel sebanyak 70 siswi di SMAN 14 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan analisis bivariat dengan menggunakan Uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil penelitian ini, didapatkan bahwa nilai rata- rata memori jangka pendek responden dengan olahraga aerobik rutin adalah 117,21 (SD 13,633), dan olahraga aeerobik tidak rutin adalah 90,14 (SD 3,919). Hasil uji komparatif Mann Whitney Test menunjukan adanya perbedaan bermakna dengan nilai p value < 0,001. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat perbedaan memori jangka pendek antara siswi yang berolahraga aerobik  rutin  dengan  siswi  yang  tidak  berolahraga  aerobik  rutin  di  SMAN  14  Bandar Lampung Bulan April Tahun 2018.


Kata Kunci


Olahraga Aerobik Rutin; Olahraga Aerobik tidak Rutin; Memori Jangka Pendek

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Tahun 2013. Diunduh http://www.depkes.go.id.pdf. Pada tanggal 19 Febuari 2018.

Cassilhas, R.C.,dkk. 2012. Spastial Memory is Improved by Aerobic and Resistence Exercise Through Divergent Molecular Mechanisme. Jurnal Neuroscience Elsevier. Vol 202 :309-317.

Chapman, SB, dkk. 2013. Shorter Term Aerobic Exercise Improves Brain, Cognition, And Cardiovascular Fitness In Aging. Journal of Frontiers in Aging Neuroscience. Vol. 3. No. 4: 10-13

Guyton dan Hall. 2014. Buku ajar Fisiologi Kedokteran. Jakarta: EGC

Hanjani, A. 2015. Pengaruh Olahraga Aerob Rutin Terhadap Memori Jangka Pendek Mahasiswa FK UNDIP Yang Diukur Dengan Scenery Picture Memory Test. Jurnal Media Medika Muda. Universitas UNDIP Semarang Vol 4. No. 4: 379-388.

Irfannuddin, M. 2015. Hubungan Olahraga Aerobik dengan Memori Jangka Pendek Pada Mahasiswa di Universitas Sriwijaya Tahun 2015. Skripsi :FK UNSRI

Jeffrey, N, S. 2017. Psikologi Konsep dan Aplikasi. Bandung: Nusa Media.

Malik, I. 2016. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Kalimedia.

Michelle, C. 2016. Hubungan antara Aktivitas Fisik Terhadap Memori Kerja Murid SMA Dan Bosco III Bekasi Tahun 2016. Skripsi : FK Universitas Unika Atma Jaya.

Postle, BR, dkk. 2015. The Cognitive Neuroscience of Working Memory. Annu Rev Psychol. . Diunduh https;//www.ncbi.nlm.nih.gov/m/pubmed/25251386. Pada tanggal 11 febuari 2018.

Sharie, J. 2007. Olahraga Cara Ampuh Pertajam Ingatan. Diunduh dari www.medicastore.com. Pada tanggal 03 Febuari 2018.

Sherwood, Lauralee. 2014. Fisiologi Manusia. Jakarta: EGC.

Society. 2006. Brain Facts A Primer On The Brain and Nervous System. Washington: DC. USA. Page :28-30

Stroth, S, dkk. 2009. Aerobic endurance exercise benefits memory and affect in young adults. Journal of Rehabilitasi Neuropsikol. University Ulm. Vol 2. No. 12: 223-43.

Susanto. 2009. Pengaruh Olahraga Ringan dengan Memori Jangka Pendek pada Wanita Dewasa. Bandung: Jurnal Kedokteran Universitas Kristen Maranatha. Vol. 8 No. 2: 144-150.

WHO. 2011. Physical Activity. Diunduh dari: http://www.who.int/topics/. Pada Tanggal 13 februari 2018

WHO. 2012. Dementia : A Public Health Priority. UK: WHO




DOI: https://doi.org/10.33024/.v5i3.955

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.