Perbedaan Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2021 Dan 2024
Sari
Belajar mandiri atau dikenal dengan Self-Directed Learning (SDL) merupakan suatu proses yang melibatkan inisiatif individu untuk belajar secara aktif, tanpa tergantung pada arahan dari pihak lain. Tujuannya untuk mengetahui perbedaan kesiapan belajar mandiri mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2021 dan 2024. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Desember 2024 sampai dengan Januari 2025. Jumlah Populasi dalam penelitian ini adalah 253. Yang terdiri dari 126 mahasiswa angkatan 2021 dan 127 mahasiswa angkatan 2024 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Sampel yang digunakan sebanyak 77 mahasiswa untuk setiap angkatan. Pengambilan sampel menggunakan metode proporsional random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuisioner SDLRS dan analisis menggunakan uji T-test independent. Hasil uji statistik menunjukan asymp.sig<0,5 dengan skor rerata SDLRS pada mahasiswa angkatan 2021 66,00 dan pada mahasiswa angkatan 2024 63,16. Kesimpulan terdapat perbedaan kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa angkatan 2021 dan 2024.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
A Tjakradidjaja, F. et al. (2016) ‘The Role of teacher in medical student self-directed learning process’, Journal of Education and Learning (EduLearn), 10(1), pp. 78–84. Available at: https://doi.org/10.11591/edulearn.v10i1.2992.
Abdul Halim Subiakto Sugianto, S.M.P.L.A. (2016) ‘Perbedaan Tingkat Self Directed Learning Readiness Pada Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua Danketiga Di Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati’, 688 Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Vol, 66(2), pp. 37–39.
Asni, E. and Hamidy, M.Y. (2017) ‘Manfaat dan Hambatan Problem-Based Learning (PBL) Menurut Perspektif Mahasiswa Baru di Fakultas Kedokteran Universitas Riau’, Jurnal Ilmu Kedokteran, 4(2), p. 95. Available at: https://doi.org/10.26891/jik.v4i2.2010.95-101.
Audriano, G. and Widjaja, Y. (2022) ‘Hubungan antara Manajemen Waktu dengan Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa FK UNTAR tahap Akademik’, Jurnal Kesehatan dan Kedokteran Tarumanagara, 1(1), pp. 35–45. Available at: https://journal.untar.ac.id/index.php/JKKT/article/view/22765.
Bayuningtyas, N., Martino, Y.A. and Firmansyah, M. (2020) ‘Analisis Faktor Regulasi Belajar Mandiri terkait dengan Pengaruh Keluarga, Teman Sebaya, dan Staf Pengajar terhadap Prestasi Akademik’, Jurnal Kedokteran Komunitas, pp. 1–12.
Dulloo, P. (2022) ‘Teori Pembelajaran Mandiri ke Praktik: Sebuah Langkah Menuju Jalan Menjadi Pembelajar Seumur Hidup’, (1). Available at: https://doi.org/10.30476/JAMP.2022.94833.1609.Diterima.
Faridah, N. et al. (2024) ‘Gambaran Faktor Determinan Kesiapan Belajar Mandiri Pada Mahasiswa Kedokteran’, Jurnal Kedokteran Komunitas, 9.
Hasanbasri, H. et al. (2023) ‘Memahami Androgogi dan Pedagogi: Pendekatan Efektif dalam Membimbing Pembelajaran Orang Dewasa’, AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 4(1), pp. 536–547. Available at:
https://doi.org/10.37680/almikraj.v4i1.4004.
I.Mulyani, M. anggraini, N.S. (2024) ‘Hubungan Motivasi Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Pada Mahasiswa Angkatan 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati’, ejurnalmalahayati.ac.id, 11(10), pp. 1859–1864.
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2023). Laporan Tahunan Pendidikan Indonesia 2023. Jakarta: Kemendikbudristek.
Liu, T.H. and Sullivan, A.M. (2021) ‘A story half told: a qualitative study of medical students’ self-directed learning in the clinical setting’, BMC Medical Education, 21(1), pp. 1–11. Available at: https://doi.org/10.1186/s12909-021-02913-3.
Lutfianawati, D., Puji Lestari, S.M. and Istiana, S. (2019) ‘Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahun 2017’, Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 5(4), pp. 232–244.
Available at: https://doi.org/10.33024/.v5i4.967.
Mandolang, A.C. (2021) ‘Gambaran Self Directed Learning Readiness (SDLR) pada Mahasiswa Tingkat Pertama Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi’, Medical Scope Journal, 3(1), p. 33. Available at: https://doi.org/10.35790/msj.3.1.2021.33772.
Meity, N., Prihatiningsih, T.S. and Suryadi, E. (2017) ‘Penerapan Self-Directed Learning Melalui Sistem PBL Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran di Asia: Suatu Kajian Literatur’, Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 6(3), p. 133. Available at: https://doi.org/10.22146/jpki.32227.
Nainggolan, A.M. and Daeli, A. (2021) ‘Analisis Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implikasinya bagi Pembelajaran’, Journal of Psychology ‘Humanlight’, 2(1), pp. 31–47. Available at: https://doi.org/10.51667/jph.v2i1.554.
Nasution, I.D., Akbar, S. and Khoiriah, J. (2019) ‘Perbandingan Self Directed Learning Antara Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Dengan Mahasiswa Program Profesi Dokter Self Directed Learning Comparasion Between Academic Phase Programe And Pendahuluan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK ) diyakini lebih’, 8(2), pp. 18–25.
Panjaitan, F.F. and Isnayanti, D. (2020) ‘Artikel Penelitian Perbandingan Kesiapan Belajar Mandiri Pada Setiap Angkatan Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Comparison of self directed learning readiness among students from different batches in Faculty of Medicine’, Anatomica Medical Journal, 3(2), pp. 119–127.
Ricotta, D.N. et al. (2022) ‘Self-Directed Learning in Medical Education: Training for a Lifetime of Discovery’, Teaching and Learning in Medicine, 34(5), pp. 530–540. Available at: https://doi.org/10.1080/10401334.2021.1938074.
Rizky, A. et al. (2022) ‘Self Directed Learning Readiness (SDLR) For Students Of The Faculty Of Medicine, University Of Muhammadiyah Semarang’, Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 9(4), p. 1198. Available at: http://ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kesehatan.
Utama,Anggraini , Anggunan, A. (2024) ‘Hubungan Regulasi Diri Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Pada Mahasiswa Angkatan 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati’, /ejurnalmalahayati.ac.id, 11(7), pp. 1301–1306.
Vitamaya Oishi, I.R. (2020) ‘Perguruan Tinggi Bertaraf’, Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), p. 112.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i6.19948
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.