Pengaruh Penggunaan Pecs Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Tingkat Kalimat Pada Anak Down Syndrome Di Surakarta

Dita Patricia, Roy Romey Daulas Mangunsong, Anisyah Dewi Syah Fitri

Sari


Bahasa ekspresif adalah keterampilan dalam menghasilkan kata – kata untuk mengekspresikan sebuah gagasan. Hambatan dalam perkembangan bahasa tersebut sering dialamii oleh anak Down Syndrome. Kosakata yang terbatas pada anak dengan down syndrome menyebabkan mereka kesulitan dalam menyusun kalimat sederhana. Untuk mendukung perkembangan bahasa ekspresif mereka, dibutuhkan metode khusus seperti PECS. penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh PECS terhadap keterampilan bahasa ekspresif tingkat kalimat pada anak Down Syndrome di Surakarta. Pendekatan kuantitatif diterapkan dalam penelitian ini dengan menggunakan desai eksprimen berbasis one-group pretest-posttest. Kegiatan penelitian berlangsung dari September hingga November 2024 di SLB C YPSLB Surakarta. Sampel penelitian terdiri dari 10 anak dengan Down syndrome yang bersekolah di SLB tersebut, menggunakan teknik purposive sampling dalam penentuan sampel. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan uji Paired T-Test, dan hasilnya menunjukkan bahwa nilai P (Sig) = 0,000, yang berarti P < 0,05, dengan koefisien korelasi sebesar 0,878, menunjukan adanya hubungan yang sangat kuat. Hal ini menunjukan bahwa PECS memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan keterampilan bahasa ekspresif tingkat kalimat pada anak dengan Down Syndrome di Surakarta.


Kata Kunci


Bahasa Ekspresif; PECS; Sindrom Down

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, N. W., Oktaviani, N. P. W., & Munthe, S. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan (R. Watrianthos & J. Simarmata (eds.)). Yayasan Kita Menulis.

Amanullah, A. S. R. (2022). Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus: Tuna Grahita,Down Syndrom Dan Autisme. Jurnal Almurtaja: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 1–14. http://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/almurtaja/article/view/1793/1113

Dayana, I. P. (2023). Journal of Special Education Lectura Perkembangan Bahasa Anak Down Syndrome. Journal of Special Education Lectura, 1(1), 24–28. https://journal.unilak.ac.id/index.php/JSELectura/about

Destri Susilowati, & Jatmika Nurhadi. (2024). Realisasi Tuturan Anak Down Syndrome dalam Interaksi Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 483–493. https://doi.org/10.30605/onoma.v10i1.3329

Fitriyah, T., & Firdausah, I. (2023). Pemerolehan Sintaksis Pada Anak Usia Dini. LINGUISTIK : Jurnal Bahasa Dan Sastra, 8(4), 718. https://doi.org/10.31604/linguistik.v8i4.718-727

Khasanah, A. (2018). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kemandirian Dalam Melakukan Activity Daily Living (ADL) Pada Anak Tunagrahita Di SLB C YPSLB Kerten Surakarta. Skripsi Sarjana Keperawatan. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/5510/5/BAB 2.pdf

Mailinda, A. T., Setyaningsih, W., & Putra, S. P. (2022). Hubungan

antara Perkembangan Bahasa dengan Kemampuan Interaksi Sosial pada Down Syndrome di Malang. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i1.1

Mardhiyanida, S. (2019). Stimulasi Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Snow Pada Gadget. Seminar Nasional PAUD 2019, 74–78.

http://conference.upgris.ac.id/index.php/Snpaud2019/article/view/523

Metavia, H. M., & Widyana, R. (2022). Pengaruh Down Syndrome terhadap Perkembangan Akademik Anak di Indonesia. Jurnal Wacana Kesehatan, 7(2), 54–60. https://doi.org/10.52822/jwk.v7i1.403

Mutya, T., Hadi, P., & Tatiana, M. (2023). Efektivitas Penggunaan Metode Picture Exchange Communication System (PECS) Dalam Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Pada Pendahuluan Komunikasi memiliki peran penting dalam dunia ini . Komunikasi bahkan saling berkaitan dengan segala aspek kehidupan. Jurnal Metafora Pendidikan, 1(2), 158–168.

https://journal.arthamaramedia.co.id/index.php/metafora/article/dow

nload/110/61/334

Niswariyana, A. K., & Milandari, B. D. (2018). Produksi Ujaran Anak Down Syndrome: Sebuah Kajian Psikolinguistik. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala, September, 79–85. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/Prosiding/article/view/382

Rumilah, S. (2021). Sintaksis Pengantar Kemahiran Berbahasa Indonesia. In M. S. Muttaqin (Ed.), Cv. Revka Prima Media. Cv. Revka Prima Media.

Rusli, R., Rafiah, R., & Safitri, J. (2023). Efektivitas metode Picture Exchange Communication System (PECS) untuk meningkatkan perbendaharaan kata pada anak dengan Autism Spectrum Disorder. Procedia : Studi Kasus Dan Intervensi Psikologi, 11(4), 141–148. https://doi.org/10.22219/procedia.v11i4.28382

Safira, N., Dewi, E. M. P., & Hamid, H. (2021). Efektivitas Penerapan Picture Exchange Communication System (Pecs) Terhadap Kemampuan Berbicara Ekspresif Pada Anak Down Syndrome. Al Asma : Journal of Islamic Education, 3(1), 50.

https://doi.org/10.24252/asma.v3i1.21072

Sari, V. F., & Sukerti, N. W. (2020). PECS ( Picture Exchange Communication System ) terhadap Interaksi Sosial anak ADHD ( Attention Deficit-Hyperactive Disorder ). JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 16(1), 28–34. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk JPK

Setyawan, D. A. (2022). Buku Statistika Kesehatan Analisis Bivariat Pada Hipotesis Kesehatan. In Tahta Media Group.

Sudrajad, K., & Purnaningrum, W. D. (2024). Pragmatic Language in Children with Down Syndrom: A Systematic Review. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 2(2), 836–840. https://doi.org/10.59686/jtwb.v2i2.113

Sugiono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Sutopo (Ed.), Cv ALFABETA (cetakan ke). https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Yus, A. A., & Saragih, P. C. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Audiovisual terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 1509–1517. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3186

Zainati, S. A., & Mangunsong, R. R. D. (2023). Hubungan Kemampuan Phonological Awareness Terhadap Kemampuan Bahasa Ekspresif Pada Anak Intellectual Disability Di SLB C Setya Darma Surakarta. Jurnal Terapi Wicara Dan Bahasa, 1(2), 188–194. https://doi.org/10.59686/jtwb.v1i2.58




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i7.19985

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.