Hubungan Tindakan Bullying Dan Stres Terhadap Prestasi Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2022
Sari
Bullying masih terjadi dalam berbagai bentuk di lingkungan pendidikan kedokteran. Umumnya, pelaku bullying adalah dosen atau senior, sedangkan korbannya adalah mahasiswa. Perilaku kekerasan ini dapat berdampak buruk terhadap kesehatan mental dan kesejahteraan. Korban bullying sering mengalami masalah seperti depresi, kecemasan, kesulitan dalam interaksi sosial, prestasi akademik yang rendah, dan kurangnya konsentrasi. Tujuan: Mengetahui hubungan antara bullying dan stres terhadap prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2022. Metode: Penelitian ini merupakan studi kuantitatif dengan pendekatan potong lintang (cross-sectional). Populasi dalam penelitian ini adalah 153 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2022. Sampel yang digunakan berjumlah 153 responden. Pengumpulan data dilakukan secara langsung menggunakan kuesioner yang dibagikan melalui Google Forms. Uji statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Chi-Square. Hasil: Distribusi frekuensi responden yang mengalami bullying sebanyak 119 orang (77,8%), responden dengan tingkat stres sedang/berat sebanyak 111 orang (72,5%), dan responden dengan prestasi akademik yang memuaskan sebanyak 121 orang (79,1%). Tidak terdapat hubungan antara bullying dengan prestasi akademik mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2022 (nilai p = 0,080). Tidak terdapat pula hubungan antara tingkat stres dengan prestasi akademik mahasiswa tersebut (nilai p = 0,236). Kesimpulannya, tidak terdapat hubungan antara bullying dan tingkat stres terhadap prestasi akademik pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2022.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
ALisal, AL., Halsalnalh, I., Halsalnalh, U., Walhyuningrum, S. R. (2021). Self-Healling UntukMenguralngi Stres ALkaldemik Malhalsiswal Salalt Kulialh Dalring. Palmomong; Journall of Islalmic Educaltionall Counseling, 2(2), 136-153.
ALji, AL. G. H. S. (2020). Galmbalraln Tingkalt Stres Berdalsalrkaln Stresor Malhalsiswal PSPD UIN Malulalnal Mallik Ibralhim Mallalng. Skripsi, Falkultals Kedokteraln daln Ilmu Kesehaltaln Universitals.
ALl Husalini, Y. N. S., Shukor, N. S. AL. (2022). Falctors alffecting students’ alcaldemic performalnce: AL review. Res Militalris, 12(6), 284-294.
ALndreou, ALlexopoulos, Lionis, daln Valrvogli (2011) Perceived Stress Scalle: Relialbility alnd Vallidity Study in Greece.
ALnggralini, N. D. (2022). Pengalruh bullying terhaldalp prestalsi malhalsiswal. JP (Jurnall Pendidikaln): Teori daln Pralktik, 7(1), 31-37.
ALnwalr, AL., Muchlis, N., daln ALhri, R. AL. (2020). Pengalruh Kepemimpinaln, Orgalnisalsi, Tim Peningkaltaln Mutu Daln Efikalsi Diri Terhaldalp Penilalialn Staltus ALkreditalsi Puskesmals Di Kotal Malkalssalr Talhun 2016-2019. Journall of ALalfiyalh Heallth Resealrch (JALHR), 1(2), 28-43.
ALverbuch, T., Eliyal, Y., Valn Spalll, H. G. C. (2021). Systemaltic review of alcaldemic bullying in medicall settings: dynalmics alnd consequences. BMJ open, 11(7), e043256.
Balyalntalri, N. M., Indonesialni, S. H., ALpsalri, P. I. B. (2022). Regulalsi diri dallalm belaljalr daln hubungalnnyal dengaln stres alkaldemik paldal malhalsiswal tingkalt pertalmal falkultals kedokteraln. Jurnall Ilmialh Pendidikaln daln Pembelaljalraln, 6(3), 609-618.
Djalli. (2011). Psikologi Pendidikaln. Univercity In Bumi ALksalral (Vol. 6, Issue 2).
Djalmalluddin, daln AL.,Walrdalnal, W. (2019). Belaljalr daln Pembelaljalraln 4 Pilalr Peningkaltaln Kompetensi Pedalgogis. CV. Kalalffalh Lealrning Center, Sulalwesi Selaltaln, Palre-Palre.
Elials, H., Ping, W. S., ALbdullalh, M. C. (2011). Stress alnd alcaldemic alchievement almong undergraldualte students in University Putral Mallalysial. Procedial-Sociall alnd Behalviorall Sciences, 29, 646-655.
Galol, N. T. L. (2016). Teori stres: stimulus, respons, daln tralnsalksionall. Buletin psikologi, 24(1), 1-11.
Hallalwal, AL. N., daln Mulyalnti, D. (2023). Falktor-falktor yalng mempengalruhi peningkaltaln kuallitals mutu instalnsi pendidikaln daln pembelaljalraln. Inspiralsi Dunial: Jurnall Riset Pendidikaln daln Balhalsal, 2(2), 57-64.
Kalrtikal. (2019). Hubungaln ALntalral Kecerdalsaln Emosi Dengaln Stres ALkaldemik Malhalsiswal. Universitals Muhalmmaldiyalh Suralkalrtal, 1994, 8-43.
Kurnial, I. (2016). Bullying. Yogyalkalrtal: Relalsi Inti Medial.
Kusumalstuti, D. (2020). Kecemalsaln daln Prestalsi ALkaldemik paldal Malhalsiswal. ALnallitikal: Jurnall Malgister Psikologi UMAL, 12(1), 22-33.
Lubis, H., Ralmaldhalni, AL., daln Ralsyid, M. (2021). Stres alkaldemik malhalsiswal dallalm melalksalnalkaln kulialh online Psikostudial: Jurnall Psikologi, 10(1), 31.
Lusialnal, S. N. E. L., daln ALrifin, S. (2022). Dalmpalk bullying terhaldalp kepribaldialn daln pendidikaln seseoralng Kalrimaln: Jurnall Pendidikaln Keislalmaln, 10(2), 337-350.
Malrsh, V. L. (2018). Bullying in univercity Prevallence, contributing falctors, alnd interventions. Center for Urbaln Educaltion Success.
Monal, S., daln Yunital, P. (2021). Falktor-falktor yalng berhubungaln dengaln prestalsi belaljalr malhalsiswal. Menalral Ilmu: Jurnall Penelitialn daln Kaljialn Ilmialh, 15(2).
Moore, H., ALstor, R. AL., daln Benbenishty, R. (2019). AL staltewide study of balsed victimizaltion, discriminaltory bullying, alnd wealpon victimizaltion by student homelessness staltus. Sociall Work Resealrch, 43(3), 181-194.
Notoaltmodjo, S. (2018). Metodologi penelitialn Kesehaltaln. Jalkalrtal: Rinekal Ciptal.
Nurdialnto, AL. R., Zalmroni, M., Mialrsal, F. R. D. (2018). Bullying Paldal Malhalsiswal Pendidikaln Kedokteraln Di Indonesial Ditinjalu Dalri ALspek Hukum Daln Halm. Community Medicine, 25(3), 211-216.
Pralstiti, J. P., daln ALnshori, I. (2023). Efek Sosiall Daln Psikologis Perilalku Bullying Terhaldalp Korbaln. Jurnall Salins Sosio Humalnioral, 7(1), 69-77.
Ralchmalwalti, P., daln Sobalkh, N. (2023). Pengalruh Kealktifaln Dallalm Berorgalnisalsi Daln Motivalsi Belaljalr Terhaldalp Indeks Prestalsi Malhalsiswal Prodi Pendidikaln Ekonomi Universitals PGRI Wiralnegalral Palsurualn. Cendikial: Jurnall Pendidikaln daln Pengaljalraln, 1(2), 244-250.
Retnowalti, D. R., Faltchaln, AL., daln ALstinal, I. K. (2016). Prestalsi alkaldemik daln motivalsi berprestalsi malhalsiswal S1 pendidikaln geogralfi universitals negeri mallalng (Doctorall dissertaltion, Stalte University of Mallalng).
Rispalryalnto, AL., daln Fitriyalnto, R. E. (2023). Pengalruh E-Resources Terhaldalp Prestalsi ALkaldemik Yalng Dimedialsi Oleh Perceived Usefulness. Shalut ALl-Malktalbalh: Jurnall Perpustalkalaln, ALrsip daln Dokumentalsi, 15(1), 103-117.
Riyalni. Y. ALkuntalnsi. J., Negeri. P., ALhmald, J., Pontialnalk. Y (2019). Falktor- Falktor Yalng Mempengalruhi Prestalsi Belaljalr Malhalsiswal. 8, 19-25.
Salngaldalh, K., daln Kalrtalwidjaljal, J. (2020). Hubungaln ALntalral Tingkalt Stres Dengaln Indeks Prestalsi ALkaldemik Malhalsiswal ALngkaltaln 2017 Falkultals Kedokteraln Universitals Halsalnuddin. Orphalnet Journall Of Ralre Disealses, 21(1), 1-9.
Salpitri, W. AL. (2020). Cegalh daln stop bullying sejalk dini. Spalsi Medial.
Sekalrningtyals, P., daln Sunalrto, S. (2019). Pengalruh Intensitals Bullying Terhaldalp Polal Komunikalsi Interpersonall Paldal Malhalsiswal fisip UNDIP Progralm Studi Ilmu Komunikalsi ALngkaltaln 2017. Jurnall Interalksi Online, 7(2).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitialn Kualntitaltif, Kuallitaltif, daln R D. Balndung, ALlfalbetal.
Sukmal. C. L. (2018). Galmbalraln Penyebalb Stres Malhalsiswal Dallalm Proses Belaljalr Di Progralm Studi kedokteraln umum Universitals Diponegoro. September.
Sumalrdi, M. (2020). Teknik pengukuraln daln penilalialn halsil belaljalr. Deepublish.
Talmalral. J., daln Chris. AL. (2018) Hubungaln Stres Dengaln Prestalsi ALkaldemik Dialkonial Jalkalrtal. 1(1). 116-121.
Townsend. M. C.. daln Morgaln, K. 1. (2018). Psychialtric Mentall Heallth Nursing Concepts Of Calre In Evidence-Balsed Pralctice (5th ed). Pychialtric Mentall Heallth Nursing. Concepts Of Calre In Evidence-Balsed Pralctice., 267-271.
Vinet, L., daln Zhedalnov, AL. (2019). AL "Missing" Falmily Of Clalssicall Orthogonall Polynomialls. Journall Of Physics AL. Malthemalticall ALnd Theoreticall, 44(8). 1- 2.
Yusup, M., daln ALl Falruq, M. S. S. (2021). Malnaljemen Konflik daln Stres (Orientalsi dallalm Orgalnisalsi). Zulqalrnalin. Walde Group.
Zalkiyalh, Elal Zalin daln Salhaldi Humaledi, Meilalnny Budialrti
Salntoso. 2017. "Falktor yalng mempengalruhi Remaljal dallalm melalkukaln Bullying”. Jurnall penelitialn daln PPM. 4.2: 5.
Zhalng, J., Peng, C., daln Chen, C. (2024). Mentall heallth alnd alcaldemic performalnce of college students: Knowledge in the field of mentall heallth, self-control, alnd lealrning in college. ALctal Psychological, 248, 104351.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i5.20386
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.