TINJAUAN PUSTAKA MENGENAI PERBEDAAN DERAJAT KECEMASAN MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN TAHAP PREKLINIK DAN KLINIK
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abdulghani HM. (2008). Stress and depression among medical students: a cross sectional study at Medical College in Saudi Arabia. Pakistan Journal Medical Science, 24, 12-7.
Ayu, I., Savitri, R., Ketut, N., & Diniari, S. (2015). Perbedaan Tingkat Kecemasan Dan Depresi Pada Mahasiswa Jenjang Preklinik Dan Co -Asisten Di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Pada Tahun 2014. E-Jurnal Medika Udayana, 4(7).
Basnet, B., Jaiswal, M., Adhikari, B., & Shyangwa, P. M. (2012). Depression among undergraduate medical students. Kathmandu University Medical Journal, 10(39), 56–59.
Behar, E., DiMarco, I. D., Hekler, E. B., Mohlman, J., & Staples, A. M. (2009). Current theoretical models of generalized anxiety disorder (GAD): Conceptual review and treatment implications. Journal of Anxiety Disorders, 23(8), 1011–1023.
Daniel Elsenberg Ph.d. (2007). Prevalence and Correlates of
Depression, Anxiety and Suicidality Among University Student. American Journal of Orthopsychiatry, 77, 534-42.
Elvira, Sylvia D. (2008). Gangguan panik. Jakarta. Balai Penerbit FKUI ,hlm.1-2.
Fajriati, L., Yaunin, Y., & Isrona, L. (2018). Perbedaan Derajat
Kecemasan pada Mahasiswa Baru Preklinik dan Klinik Fakultas
Kedokteran Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), 546–551.
Inam, S. N., Saqib, A., & Alam, E. (2003). Prevalence of anxiety and depression among medical students of private university. JPMA. The Journal of the Pakistan Medical Association, 53(2), 44–47.
Legiran, A., M. Zalili., Bellinawati, Nedya. (2015) Faktor Resiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang. Jurnal Kedokteran dan Kesehatan, 2(2), 197-202.
Modi, K., & Kumar, D. (2013). Anxiety and depression in medical students and its association with coping method adopted by them. Indian Journal of Research and Reports in Medical Sciences, 3(2), 20–22.
Moffat KJ, McConnachiel A, Ross S, Morrison JM. (2004). First year medical student stress and coping in a problem-based learning medical curriculum. Medical Education, 38(3), 482-91.
Oktovia, W., dkk. (2012). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Universitas Riau, hlm. 2.
Purwati S. (2012). Tingkat stres akademik pada mahasiswa
reguler angkatan 2010 Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas
Indonesia [Skripsi]. Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia.
Rahmayani RD, Rini GL, Nur AS. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal kesehatan andalas, 8(1).
Reinhart, L., Knight, W., Roberts, L., & Mendes, C. (2012). HHS Public Access Global Burden of Disease Study 2010. Lancet, 380(9859), 2163–2196.
Sadock BJ, Sadock VA. (2010). Kaplan & Sadock’s: concise tektbook of clinical psychiatry. Edisi ke-3. Philadelphia USA. Lippincott Williams & Wilkins, hlm. 236.
Suganda, K.D. (2014). Tingkat Stres Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara Angkatan 2013, Universitas Sumatera Utara, hlm. 2-3.
Thinagar, M., & Westa, W. (2017). Tingkat kecemasan mahasiswa kedokteran Universitas Udayana dan implikasinya pada hasil ujian. Directory Of Open Access Journals, 8(3), 181–183. 2
Wahyu Widosari Y. (2010). Perbedaan Derajat Kecemasan dan Depresi Mahasiswa Kedokteran Preklinik dan Koasisten di FK UNS Surakarta. Surakarta, 1-44.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v7i1.2220
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.