Pengaruh Durasi Penggunan Gadget Terhadap Aktivitas Fisik Dan Pola Sosialisasi Anak SD Maranatha 01 Semarang (Peran Moderator Status Pekerjaan Ibu)
Sari
Teknologi gadget saat ini berkembang pesat dengan salah satu pengguna dominan anak SD usia 6-12 tahun. Durasi penggunaan yang berlebihan berpotensi mempengaruhi aktivitas fisik dan pola sosialisasi anak. Status pekerjaan ibu diduga menjadi salah satu faktor yang memoderasi hubungan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh durasi penggunaan perangkat gadget terhadap aktivitas fisik dan pola sosialisasi anak SD Maranatha 01 Semarang dengan peran status pekerjaan ibu sebagai variabel moderator. Jenis penelitian ini eksplanatori dengan pendekatan crossectional. Populasi penelitian adalah siswa SD Maranatha 01 Semarang. Jumlah sampel penelitian 42 anak yang dipilih dengan teknik proporsionate random sampling. Kriteria inklusi penelitian yaitu anak SD yang berumur 6-12 tahun sehat fisik dan mental. Data diperoleh melalui pengisian lembar kuesioner dan observasi langsung. Analisis data dengan uji regresi ordinal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata durasi penggunaan gadget anak adalah 1,7 jam. Tingkat aktivitas fisik dan pola sosialisasi anak pada kategori sedang (40,5%). Hasil analisis menunjukkan durasi penggunaan gadget terbukti secara signifikan berpengaruh terhadap aktivitas fisik (p=0.011) namun tidak berpengaruh terhadap pola sosialisasi anak (P=0.292). Status pekerjaan ibu memoderasi hubungan pengguanan gadget terhap aktivitas fisik anak (p=0.016), namun tidak terbukti memoderasi hubungan pengunaan gadget terhadap pola sosialisasi anak (p=0.995). Implikasi penelitian menunjukkan perlunya pengaturan waktu penggunaan gadged, penyediaan kegiatan fisik dan strategi pendampingan anak oleh ibu.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Al-Amri, A., Abdulaziz, S., Bashir, S., Ahsan, M. & Abualait, T. (2023). Effects of smartphone addiction on cognitive function and physical activity in middle-school children: a cross-sectional study. Frontiers in Psychology, 14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1182749
Apriani, H., Sumardi & Elan. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya). Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 4406–4416.
http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3035005&val=20674&title=Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya
Ginting, A. K. & Stiasih, L.R.(2022).Hubungan Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Psikososial Anak di SDN Karang Baru 04 Kabupaten Bekasi. Viva Medika: Jurnal Kesehatan, Kebidanan Dan Keperawatan, 16(1), 22–29. https://doi.org/10.35960/vm.v16i1.835
Goodman, R. (1997). The Strengths and Difficulties Questionnaire: A Research Note. 38(5), 581–586. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 38(5), 581–586.
Li,W., Cui, Y., Gong, Q. & Zhu, Z. (2022). Association of Smartphone Use Duration with Physical Fitness among University Students: Focus on Strength and Flexibility. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(12), 0–8.
https://doi.org/10.3390/ijerph19127386
Madigan, S., Browne, D., Racine, N., Mori, C.T.S. (2019). Association Between Screen Time and Children’s Performance on a Developmental Screening Test. JAMA Pediatr., 173(3), 244–250.
https://doi.org/doi:10.1001/jamapediatrics.2018.5056
McNicol, M.L. & Thorsteinsson, E. B. (2017). Internet Addiction, Psychological Distress, and Coping Responses among Adolescents and Adults. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networking, 20(5), 296–304. https://doi.org/10.1089/cyber.2016.0669
Mulya, A.P. & Witdiawati I. (2019). An Overview Of Gadget Usage Behavior Among Elementary Students: A Case Study. Indonesian Journal of Global Health Research, 2(4), 589–596.
https://doi.org/10.37287/ijghr.v2i4.250
Nasrallah, M., Helwa, A.A, Jawhar, N. Y., Alshammari, A., Eddin, A.R.J., Hani, B.H., et al.(2025). Assessing the Effect of Screen Time on Physical Activity in Children Based on Parent-Reported Data: A Cross-Sectional Study. Cureus, 17(4). https://doi.org/10.7759/cureus.82971
Persson, J.S., Rasmussen, M. G. B., Sorensen, S. O., Mortensen, S. R., Olesen, L. G., Brage, S. et al. (2024). Screen Media Use and Mental Health of Children and Adolescents: A Secondary Analysis of a Randomized Clinical Trial. JAMA Network Open, 7(7), 1–12.
https://doi.org/10.1001/jamanetworkopen.2024.1988
Przybylski, A. K., Orben, A. & Weinstein, N. (2020). How Much Is Too Much? Examining the Relationship Between Digital Screen Engagement and Psychosocial Functioning in a Confirmatory Cohort Study. Journal of the American Academy of Child and Adolescent Psychiatry, 59(9), 1080–1088. https://doi.org/10.1016/j.jaac.2019.06.017
Qian, H., Wang, C. & Li, H. (2024). Parental risk factors and moderators of prolonged digital use in preschoolers: a meta-analysis. Education and Information Technologies, 29(13), 17601-17619. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12558-6. Springer Nature Link,
(13), 17601–17619. https://doi.org/10.1007/s10639-024-12558-6
Rathnasiri, A., Rathnayaka, H., Yasara, N. & Mettananda, S. (2022). Electronic screen device usage and screen time among preschool-attending children in a suburban area of Sri Lanka. BMC Pediatrics, 22(1), 1–8. https://doi.org/10.1186/s12887-022-03452-6
Salimiha A, Perales F, Baxter J. (2018). Maternal employment and children's socio-emotional outcomes: an Australian longitudinal study. Int J Public Health. 2018 Dec;63(9):1089-1098. doi: 10.1007/s00038-018-1132-4.PMID: 29947827.
Sari, E. N., Hafizah, & Muslia, F. (2023). Kejadian Speech Delay Pada Balita Gadget. Jurnal Kesehatan Tambusai, 4(3), 4139–4144.
Soltaninejad, K., & Shadnia, S. (2014). History of the use and epidemiology of organophosphorus poisoning. In Basic and Clinical Toxicology of Organophosphorus Compounds. https://doi.org/10.1007/978-1-4471-5625-3_2
Statistik Telekomonikasi Indonesia. (2024). https://www.bps.go.id/id/publication/2025/08/29/beaa2be400eda6ce6c636ef8/statistik-telekomunikasi-indonesia-2024.html?utm_source=chatgpt.com%0A
Toska, A., Karampelas, K., Fradelos, E. C., Sarafis, P., Papathanasiou, I. V, Koutelekos, I. et al. (2024). Computer and Internet Use Among Children and Adolescents in Greece: Levels of Addiction. Cureus, 16(12). https://doi.org/10.7759/cureus.75942
Twenge, J. M., Spitzberg, B. H., & Campbell, W. K. (2019). Less in-person social interaction with peers among U.S. adolescents in the 21st century and links to loneliness. Journal of Social and Personal Relationships, 36(6), 1892–1913.
https://doi.org/10.1177/0265407519836170
Twenge, J. M. & Campbell, W. K. (2018). Associations between screen time and lower psychological well-being among children and adolescents: Evidence from a population-based study. Preventive Medicine Reports, 12 (12).271–283.
https://doi.org/10.1016/j.pmedr.2018.10.003
WHO. (2020). Spotlight on adolescent health and well-being: Findings from the 2017/2018 Health Behaviour in School-aged Children (HBSC) survey in Europe and Canada. International report. (Vol. 1). https://www.who.int/europe/publications/i/item/WHO-EURO-2020-5747-45512-65149
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i11.22671
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

_JIKK_2024-2.pdf_.png)

1.png)
.png)
.png)
.png)
.jpg)



