PENGARUH PEMBERIAN RHODAMIN B PERORAL DENGAN DOSIS BERTINGKAT TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI MUKOSA ILEUM MENCIT (Mus musculus) JANTAN

Wien Wiratmoko, Rakhmi Rafie

Sari


Rhodamin B adalah zat pewarna yang biasa digunakan pada industry tekstil, ketas, dan cat. Rhodamin B merupakan zat kimia yang dapat mengakibatkan iritasi pada mukosa ileum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian rhodamin B peroral dengan dosis bertingkat terhadap gambaran histopatologi mukosa ileum mencit (Mus musculus) jantan.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan rancangan Post Test Only Design with control. Sampel berupa 30 ekor mencit (Mus musculus) jantan yang dibagi menjadi 1 kelompok kontrol dan 2 kelompok perlakuan. Pemberian rhodamin B dilakukan secara per oral. Kelompok kontrol diberi aquadest, Perlakuan 1 diberi rhodamin b 0.034 mg/grBB, Perlakuan 2 diberi 0.068 mg/grBB, Pada hari ke 22 dilakukan terminasi, ileum diambil dan dibuat preparat histopatologi.

Data hasil penelitian dianalisa menggunakan uji Kruskal-Wallis didapatkan p=0,000. Dilanjutkan analisis Mann-Whitney test, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan bermakna antara K-P2 (p=0,000), P1-P2 (p=0,002), dan perbedaan tidak bermakna antara K-P1 (p=0,317). Rhodamin B terbukti memberikan pengaruh terhadap gambaran histopatologi ileum mencit (Mus musculus) jantan pada dosis 0.034mg/grbb dan 0.068 mg/grbb berupa erosi < setengah ketebalan.

 


Kata Kunci


Rhodamin B, gambaran histopatologi ileum

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v1i1.299

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.