PENGARUH KOMUNIKASI DAN KOORDINASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA RSUD H. ABDUL MANAN SIMATUPANG KISARANKABUPATEN ASAHAN TAHUN 2010

Zulhafis Mandala

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) Komunikasi, Koordinasi, dan Produktivitas kerja Pegawai RSUD Kabupaten Asahan. (2) Pengaruh Komunikasi terhadap Produktivitas kerja Pegawai pada RSUD Kabupaten Asahan (3) Pengaruh Koordinasi terhadap Produktivitas kerja Pegawai pada RSUD Kabupaten Asahan. (4) Pengaruh Komunikasi dan Koordinasi secara bersama-sama terhadap Produktivitas kerja Pegawai pada RSUD Kabupaten Asahan.
Hasil penelitian menggunakan analisis deskriptif memberikan informasi bahwa Komunikasi pada RSUD Kabupaten Asahan secara umum cukup baik, kemudian Koordinasi juga cukup baik, demikian juga Produktivitas kerja Pegawai secara umum cukup baik.
Selanjutnya hasil analisis regresi linier berganda memberikan informasi bahwa kedua variabel bebas yaitu Komunikasi (X1) dan Komunikasi secara bersama mempunyai pengaruh terhadap variabel terikat Produktivitas kerja Pegawai (Y). Dari hasil penelitian ini, peneliti merekomendasikan kepada manajemen rumah sakit untuk dapat mengembangkan komunikasi dan menyesuaikan kebijakan Koordinasi dalam rangka mengoptimalisasikan produktivitas kerja pegawai di RSUD Kabupaten Asahan dengan melakukan kajian mendalam terhadap respon pegawai dalam kuesioner yang nilainya relatif rendah. Disamping itu, diharapkan kepada peneliti lain untuk mengembangkan hasil penelitian ini dengan memperluas objek penelitian atau lebih banyak lagi melibatkan variabel bebas.


Kata Kunci


Komunikasi, Koordinasi, Produktivitas kerja Pegawai

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v1i2.307

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.