HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN DENGAN PENGETAHUAN ORANG TUA TENTANG PEMBERIAN ANTIPIRETIK PADA BALITA DEMAM SEBELUM BEROBAT

Al Haikal Habibi, Ratih Ayu Atika, Andri Andri

Sari


Demam merupakan gejala timbulnya penyakit dengan suhu tubuh diatas normal. Hal ini menimbulkan kecemasan pada orang tua sehingga kebanyakan orang tua akan memberikan obat antipiretik agar panas turun, walaupun demam adalah gejala infeksi virus yang terkadang tidak memerlukan penanganan medis untuk menyembuhkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pendidikan dengan pengetahuan orang tua tentang pemberian antipiretik pada balita demam sebelum berobat di puskesmas. Hasil penelitian yang dilakukan terhadap 92 responden menunjukkan 53% orang tua memiliki pengetahuan tinggi tentang pemberian antipiretik. Analisa data menggunakan ujiChi-square diperoleh p=0,001 untuk tingkat pendidikan. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan pengetahuan orang tua tentang pemberian antipiretik pada anak sebelum berobat.

Kata Kunci


Demam; Antipiretik; Pengetahuan Orang Tua; Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alivian, G. N., Purnamasari, M. D., Purwandari, H. (2013). Training manajemen demam di rumah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan ibu/pengasuh (Bachelor’s thesis). Universitas Jenderal Soedirman, Banyumas, Indonesia.

Cahyaningrum, E. D. (2016). Penatalaksanaan anak demam oleh orang tua di puskesmas kembaran I banyumas. Viva Med, 9(2), 1-13.

Dinas Kesehatan Kota Langsa. (2019). Profil kesehatan kota Langsa.

Hayati, H. (2014). Hubungan tingkat pengetahuan ibu terhadap penatalaksanaan demam pada anak di desa air hitam kecamatan lima puluh kabupaten batubara (Bachelor’s thesis). Universitas Sumatera Utara, Medan, Indonesia.

Kamus besar bahasa Indonesia online. (2019). Diakses dari https://kbbi.web.id/tahu.

Mulyani, D. I., Soedibyo, S., Yulandari, I. (2017). Persepsi Orang Tua Mengenai Demam dan Penggunaan Antipiretik : Studi Potong Lintang di RSUD Malingping dan RSUPN Cipto Mangunkusumo. Departemen Ilmu Kesehatan Anak, 44(10), 677-683.

Notoatmodjo, S. (2012). Pendidikan dan perilaku kesehatan. Jakarta, Indonesia : Rineka Cipta.

Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003. (2003)

Sapitri, A. I. (2015). Hubungan tingkat pendidikan ,pendidikan, dan pekerjaan dengan pengetahuan orang tua tentang pemberian antipiretik pada anak sebelum berobat (Bachelor’s thesis). Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, Indonesia.

Soedibyo, S., Souvriyanti, E. (2016). Gambaran persepsi orang tua tentang penggunaan antipiretik sebagai obat demam. Sari Pediatri, 8(2), 142-146. http://dx.doi.org/10.14238/sp8.2.2006.142-6

Sudibyo, D. G. (2020). Pengetahuan ibu dan cara penanganan demam pada anak. Jurnal Farmasi Komunitas, 7(2), 69-76.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v8i1.3762

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.