HUBUNGAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN KECEMASAN IBU HAMIL MENJELANG PERSALINAN PADA MASA PANDEMI COVID-19

Tresya Pratiwi Dwiwanto, Asri Mutiara Putri, Ni Putu Sudiadnyani

Sari


Pada masa pandemi Covid-19 saat ini, kecemasan pada ibu hamil cenderung mengalami peningkatan.Salah satu faktor yang dapat mengurangi tingkat kecemasan ibu hamil adalah dukungan suami.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan dukungan suami dengan tingkat kecemasan ibu hamil menjelang persalinan di era pandemi Covid-19.Jenis penelitian yang digunakan adalah Survey Analitik dengan menggunakan desain Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah 59 ibu hamil menjelang persalinan yang memeriksakan kehamilannya ke posyandu di Kecamatan Rajadesa, Ciamis. ALat ukur yang digunakan adalah Hamilton Anxiety Rating Scale (HARS) dan skala dukungan suami.Data dianalisis menggunakan uji korelasi Pearson Product Moment.Hasil penelitian ini menunjukan adanya hubungan negatif yang signifikan antara dukungan suami dengan tingkat kecemasan ibu hamil menjelang persalinan.Penelitian selanjutnya dapat memperluas sampel penelitian pada responden dari berbagai daerah di Indonesia sehingga diperoleh gambaran lebih menyeluruh tentang kecemasan pada ibu hamil di era pandemic Covid-19.

Kata Kunci


Pandemi Covid-19; Dukungan Suami; Kecemasan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asrina. (2010). Asuhan Kebidanan Masa Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Cunha, A., Akerman, L., Rocha , A., Rezende, K., Junior, J., & Bornia, R. (2017). Stress and Anxiety in Pregnant Women from a Screening Program for Maternal-Fetal Risks. Scientific Open Access Journals Journal of Gynecology & Obstetrics 1(3).

Handayani, R. (2012). Faktor-Faktor yang Berhubungan Dengan Tingkat Kecemasan Menjelang Persalinan Pada Ibu Primigravida Trimester III di Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Padang Tahun 2012. NERS Jurnal Keperawatan 11(1).

Nanjundaswamy, M. H., Shiva, L., Desai, G., Ganjekar, S., Kishore, T., Ram, U., et al. (2020). COVID-19-Related Anxiety And Concerns Expressed By Pregnant And Postpartum Women-A Survey Among Obstetricians. Archives of Women’s Mental Health 23:787-790.

Nuriana, D., & Alwi, M. K. (2017). Perilaku Seksualitas Dan Tingkat Kecemasan Pada Ibu Hamil Di Puskesmas Somba Opu Sungguminasa. Al-Sihah The Public Health Science Journal 9(2).

Pezani, D. (2017). Hubungan Dukungan Suami Dengan Kecemasan Ibu Hamil Dalam Menghadapi Persalinan Di Puskesmas Gamping 1 Sleman Yogyakarta.

Poon, L. C., Yang, H., Anil, K., Melamed, N., Dao, B., Divakar, H., et al. (2020). Global Interim Guidance On Coronavirus Disease 2019 (COVID‐19) During Pregnancy And Puerperium From FIGO And Allied Partners: Information For Healthcare Professionals. Obstetrics & Gynaecology 149(3).

Ratnawati, L. A. (2018). Hubungan Usia, Paritas dan Dukungan Suami Pada Ibu Hamil Trimester III Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Persalinan Di Wilayah Kerja Puskesmas Lepo-Lepo Tahun 2018.

Rinata , E., & Andayani, G. (2018). Karakteristik Ibu (Usia, Paritas, Pendidikan) dan Dukungan Keluarga dengan Kecemasan Ibu Hamil Trimester III. Mediasains 16(1):15.

Robertson, E. G. (2014). Antenatal Risk Factors for Postpartum Depression : A Synthesis of Recent Literature. General Hospital Psychiatry 26 (4).

Sari, W. I. (2018). Hubungan Dukungan Suami Dengan Tingkat Kecemasan Menjalani Persalinan Pada Ibu Hamil Primigravida Trimester III Di Puskesmas Mlati II Sleman.

Silva, M. M. (2017). Anxiety in Pregnancy Prevalence and Associated Factors, Revista Da Escola De Escola De Enfermagem Da USP. Scielo 51.

Simbolon, H. (2018). Pengaruh Terapi Musik Klasik Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Ibu Hamil Trimester III di PMB Afriana, AM.KEB Tahun 2018.

Videbeck. (2012). Buku Ajar Keperawatan Jiwa. Jakarta.

Walyani, E. S. (2015). Asuhan Kebidanan Pada Kehamilan. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

WHO. (2020). COVID-19 And Pregnancy Interim Guidance.

Yuliana, A. (2015). Dukungan Suami Pada Ibu Hamil Dalam MenghadapiMenghadappi Masa Persalinan Di Desa Joho Kabupaten Sukoharjo. Jurnal Kebidanan dan Ilmu Kesehatan 2(2): 53-58.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v8i2.4060

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.