UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN SEDIAAN LOTION DARI EKSTRAK DAUN KOPI ROBUSTA (Coffea canephora) MENGGUNAKAN METODE DPPH (2,2-difenil-1-pikrihidazil)

Elvina Rosalia, Selvi Marcellia, Ade Maria Ulfa

Sari


Antioksidan didefinisikan sebagai senyawa yang mampu menunda, memperlambat, atau menghambat reaksi oksidasi. Antioksidan alami merupakan jenis antioksidan yang berasal dari tumbuhan dan hewan. Salah satu tanaman yang berpotensi sebagai antioksidan alami adalah Daun kopi robusta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya aktivitas antioksidan pada sediaan lotion ekstrak daun kopi robusta dan untuk mengetahui seri konsentrasi ekstrak daun kopi robusta (Coffea canephora) dalam sediaan lotion yang memiliki nilai IC50 paling baik. Ekstraksi dilakukan dengan metode Perkolasi dengan menggunakan etanol 96%, dengan nilai rendemen yaitu 10,80%. Hasil uji fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak daun kopi robusta mengandung senyawa flavonoid, alkaloid, saponin, fenolik dan steroid. Sediaan lotion dibuat menggunakan konsentrasi ekstrak pada formulasi (0,1%) dari 0,1% nantinya dibuat seri konsentrasi yaitu 10ppm, 30ppm, 50ppm, 70ppm dan 90ppm. Dari hasil penelitian ini pada seri konsentrasi 10-50 ppm menunjukkan bahwa sediaan lotion memiliki aktivitas antioksidan yang sangat kuat dengan nilai IC50 45,56ppm. Lotion ekstrak daun kopi robusta dengan tipe M/A telah memenuhi syarat uji organoleptis, pH, homogenitas, daya sebar, dan daya lekat. Aktivitas antioksidan ditentukan dengan metode DPPH yang memiliki prinsip penurunan nilai absorbansi yang sebanding dengan kenaikan konsentrasi senyawa antioksidan yang dinyatakan dalam IC50. Ekstrak daun kopi robusta (Coffea canephora) dapat diformulasikan menjadi sediaan lotion sebagai antioksidan pada konsentrasi 0,1%. Hasil IC50 yang diperoleh pada sediaan lotion yaitu 45,56 ppm yang menunjukkan bahwa aktivitas antioksidan sediaan lotion tergolong sangat kuat (<50 ppm).

Kata Kunci


Aktivitas Antioksidan; Daun Kopi Robusta; Lotion; DPPH

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Angiosperm Phylogeny Group [APG II]. (2003). An Update Of The Angiosperm Phylogeny Group Classification For The Orders And Sukues Of Flowering Plants. Botanical Journal of the Linnean Society 141: 399-436.

Cronquist, A. (1981). An Integrated System Of Classification Of Flowering Plants. New York: Columbia University Press.

Faisal, Imam, A., Mitra, H., dan Mahyarudin. (2018). Aktivitas Quorum Quenching Bakteri Gram Positif Endofit Tanaman Pegagan (Centella asiatica) Terhadap Chromobacterium violaceum. [Naskah Publikasi]. Potianak: Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura.

Harborne, J. B. (1987). Metode Fitokimia: Cara Modern Menganalisis Tumbuhan Edisi Ke-2. Bandung: ITB Press.

Hasanah, M., Maharani, B., & Munarsih, E. (2017). Daya Antioksidan Ekstrak dan Fraksi Daun Kopi Robusta (Coffea Robusta) Terhadap Pereaksi DPPH (2,2-difenil-1pikrilhidrazil). Indonesian Journal of Pharmaceutical Science and Technology, 4(2): 42-49.

Muzdalifa D., dan Jamal, S. (2019). Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Fraksi Kulit Biji Kopi Robusta (Coffea canephora Pierre ex A.Froehner) Terhadap Pereaksi DPPH (1,1-Difenil-2-Pikrilhidrazil). Indonesia Natural Research Pharmaceutical 4(2): 41-50.

Rosidah, I. Zainuddin, R. M., Hismiaty, B. & Muhamad, S. (2017). Optimasi Kondisi Ekstraksi Senyawa Total Fenolik Buah Labu Siam (Sechium edule (Jacq.) Sw.) Menggunakan Response Surface Methodology. Media Litbangkes 27(2).

Rukmana R. 2014. Untung Selangit dari Agribisnis Kopi. Yogyakarta: Penebar Lily Publisher.

Sangi, M., Runtuwe, M.R.J., Simbala, H.E.I., Makang, V.M.A 2008. Analisis Fitokimia Tumbuhan Obat di Kabupaten Minahasa Utara.Chen. Prog. 1(1):47-53.

Winarsi. (2007). Antioksidan Alami dan Radikal Bebas : Potensi dan Aplikasinya dalam Kesehatan. Yogyakarta: Penebar Kanisius.

Zulkarnain, A. K., Susanti, M., & Lathifa, A. N. (2013). Stabilitas Fisik Sediaan Lotion O/W Dan W/O Ekstrak Buah Mahkota Dewa Sebagai Tabir Surya Dan Uji Iritasi Primer Pada Kelinci. Traditional Medicine Journal 18(3): 141-150.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v8i4.4836

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.