HUBUNGAN TINGKAT KECEMASAN TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA STIK SITI KHADIJAH PALEMBANG DI MASA PANDEMI COVID-19

Dessy Suswitha, Dewi Rury Arindari, Lela Aini, Lenny Astuti

Sari


Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online antara dosen dan mahasiswa. Dengan adanya pembelajaran daring seringkali membuat mahasiswa menjadi cemas yang dapat mempengaruhi proses belajar dan hasil belajar mahasiswa. Tujuan Untuk mengetahui Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Keperawatan STIK Siti Khadijah Palembang Di Masa Pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi. Populasi penelitian adalah semua mahasiswa Prodi D.III Keperawatan STIK Siti Khadijah Palembang berjumlah 130 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data penelitian menggunakan kuesioner dengan instrumen berbasis online berupa google form dan analisis data menggunakan uji t-test. Hasil menunjukkan Tingkat Kecemasan ringan pada mahasiswa sebanyak 109 responden, tingkat kecemasan berat sebanyak 6 responden (4.6%) dan prestasi belajar mahasiswa Sangat memuaskan (2.76 – 3.50) sebanyak 109 responden (83.8). Kesimpulan Tidak ada Hubungan Tingkat Kecemasan Terhadap Hasil Belajar Pada Mahasiswa STIK Siti Khadijah Palembang di masa Pandemi Covid - 19 dengan tingkat signifikan (r= 1.000; sig 0.478>0.05). Saran Bagi peneliti selanjutnya dapat menambah jumlah sampel penelitian dan dapat menggunakan metode penelitian lain untuk dapat dibandingkan agar diperoleh pendekatan yang efektif.


Kata Kunci


Tingkat Kecemasan; Prestasi Belajar; Pembelajaran Daring

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraeni, N. (2015). Gambaran Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tingkat Tiga Prodi D3 Keperawatan Dalam Menghadapi Uji Kompetensi Di Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Pendidikan Keperawatan. 1 (2): 131-139.

Chandratika, D. & Purnawati, S". (2014). Gangguan Cemas Pada Mahasiswa Semester I dan VII Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana". e Jurnal Medika Udayana. 4034.

Chodijah, M., Nurjannah, D, S. A., Yuliyanti, Y. & Kamba, M, N, S. (2020). SEFT sebagai Terapi Mengatasi Kecemasan Menghadapi Covid-19. Tasawuf Psikoterapi, Universitas Gunung Djati Bandung.

Dimyanti dan Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta:PT Rineka Cipta.

Dewi Untari. (2020). Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan 9(1): 18-23.

Febriyanti dan Mellu. (2020). Tingkat kecemasan mahasiswa Keperawatan Mahasiswa Keperawatan Universitas Citra dalam menghadapi pandemi Covid-19 di kota Kupang. Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan Jurnal Nursing Update 11(3): 1-6.

Hamilton, M. (2017). The Assessment of Anxiety States By Rating. British Journal 76 Jurnal Pembelajaran Biologi 4(1).

Hakiman. (2020). Pembelajaran Daring. Surakarta. Diakses pada tanggal 10 Juni 2021. http://iansurakarata.ac.id

Hurlock, E. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. Jakarta: Erlangga.

Kabsuro. (2016). Hubungan Antara Tingkat Kecemasan Dengan Hasil Belajar Remedial Pada Pembelajaran Fiqih Siswa Kelas X di MAN Gandekan Bantul. Jurnal Pembelajaran. 2 (2):12-23

McKay, D., Yang, H., Elhai, J. & Asmundson, G. J. G. (2020). Anxiety Regarding Contracting COVID-19 Related to Interoceptive Anxiety Sensations: The Moderating Role Of Disgust Propensity And Sensitivity. Journal of Anxiety Disorders 1(73): 1-6.

Nevid, J. S., Rathus, S. A., & Greene, B. (2009). Psikologi Abnormal, Edisi Kelima, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Putra Wijaya. (2020). Pembelajaran Daring. Rineka Cipta.

Putra. (2020). Dampak Positif Dan Negative Pada Daring. Universitas Muhammadiyah Bulukumba.

Suratmi, Abdullah, R., Taufik, M. (2017) Hubungan Antara Tingkat Kecemasan dengan Hasil Belajar Mahasiswa di Program Studi Pendidikan Biologi UNTIRTA. Jurnal Pembelajaran Biologi 4(1): 71-76.

Tim Pengembang MKDP. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: Rajawali Press.

Taufik, A. (2019). Perspektif Tentang Perkembangan Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Kabupaten Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. Jurnal pendidikan: Riset dan Konseptual 3 (2): 2598-5175.

Wahyuni, dkk. (2020). Hubungan Tingkat Religiusitas Dengan Tingkat Kecemasan Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad 13(2): 131-144

Widoyoko, Eko. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

WHO. Coronavirus disease (COVID19, April 28) advice for the public. Retrieved April 29. (2020). from https://www.who.int/emergencies/dise ases/novel-coronavirus-2019/advicefor-public




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v8i4.5230

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.