PERSEPSI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER TERHADAP LINGKUNGAN PEMBELAJARAN
Sari
Abstrak: Lingkungan pembelajaran berperan penting dalam memaksimalkan sistem pembelajaran yang ada, sehingga penting bagi institusi memiliki pendekatan yang valid dan andal dalam mengukur komponen yang membentuk lingkungan pembelajaran kedokteran. Persepsi mahasiswa terhadap lingkungan pembelajaran terbukti mempengaruhi prestasi, kepuasan dan kesuksesan mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menilai gambaranpersepsi mahasiswa program studi pendidikan dokter terhadap lingkungan pembelajaran di Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama Aceh Besar. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif,dilakukan pada Maret 2021 terhadap mahasiswa angkatan 2019 dan 2020. Data persepsi terhadap lingkungan pembelajaran didapat dari kuesioner Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM). Analisis data dilakukan menggunakan analisis univariat. Hasil nilai total DREEM menunjukkan lingkungan yang lebih positif, nilai total rerata DREEM persepsi mahasiswa tentang proses pembelajaran yang baik sebanyak 130 mahasiswa (80.7%), staff pengajar menyelesaikan tugasnya dengan baik sebanyak 131 mahasiswa (81.4%),prestasi akademik yang baik sebanyak 90 mahasiswa (55.9%), suasana pembelajaran yang kondusif sebanyak 122 mahasiswa (75.8%), dan lingkungan sosial yang mendukung proses pembelajaran sebanyak 148 mahasiswa (91.9%). kesimpulannya mahasiswa Fakultas Kedokteran Abulyatama memiliki persepsi positif terhadap lingkungan pembelajaran. Peningkatan kualitas secara berkala dan inovasi merupakan hal yang esensial dalam pendidikan kedokteran.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Andriaty SN, Findyartini A, Werdhani RA. (2016). Studi Eksplorasi Kemungkinan Penyebab Kegagalan Mahasiswa Dalam Uji Kompetensi Dokter Indonesia, Studi Kasus Di Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Jurnal Serambi PTK.
Chamundeswari, S. (2013). Teacher Management Styles and their Influence on Performance and Leadership Development among Students at the Secondary Level. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development.
Dent J, Harden R. (2013). A Pratical Guide for Medical Teachers. 4th ed. London: Elsevier.
Halimatunisa M, Waliyanti E. (2017). Hubungan Lingkungan Pembelajaran dengan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. Jurnal FKIK UMY.
Harden R, Laidlaw J. (2017). Essential Skills for Medical Teacher. 2nd ed. Elsevier.
Hasan T, Ageely H. (2011). The Scope of Student-Centered Learning in Medicine. Journal Of Basic And Applied Scientific Research. 1:638-643.
Khursheed I, Baig L. (2014). Students Perception of Educational Environment of a Private Medical School in Pakistan. Journal Of Pakistan Medical Association. 64:1244-1249.
Konsil Kedokteran Indonesia. (2012). Standar Kompetensi Dokter Indonesia. Jakarta.
Liaison Committee on Medical Education. (2020). Function and Structure of a Medical School. Diakses dari https://lcme.org/publications/
Rifati MI, Arumsari A. (2018). Konsep Dukungan Sosial. Jurnal Psikologi Universitas Airlangga.
Sari M, Lisiswanti R, Oktaria D. (2016). Pembelajaran di Fakultas Kedokteran: Pengenalan bagi Mahasiswa Baru. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung. 1;399-403.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.
Sukmawati Y, Sari D, Susani Y. (2019). Correlation Of Student Perception on Learning Enviroment, Participation, and Academic Performance In a Medical School. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 8:53-60.
Tejoyuwono A, Armyanti I, Nugraha R. (2015). Gambaran Evaluasi Penilaian Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Terhadap Lingkungan Pembelajaranya. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia. 4:109–14.
Tompodung LM. (2017). Persepsi Mahasiswa Terhadap Lingkungan Pembelajaran di Universitas Sam Ratulangi Manado. Jurnal e-Biomedik. 5:1–6.
Ugusman A, Othman NA, Abdul Razak ZN, Soh MM, Kamal Faizul PNA, Ibrahim SF. (2015). Assessment of learning environment among the first-year Malaysian medical students. Journal Taibah University Medical Sciences. 10:454–60.
Youssef WT, Mohamed Y, Wazir E, Ghaly MS, Aly R, Khadragy E. (2013). Evaluation of the learning environment at the Faculty of Medicine, Suez Canal University: student perceptions Intellect Prop Rights Open Access. 1:1-7.
Yusoff MSB, Ja’afar R. (2013). Perception of Medical Students Regarding Educational Climate at Different Phase of Medical Training in a Malaysian Medical School. Education in Medicine Journal. 5:30-41.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v9i2.5543
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.