Analisis Deskriptif Kualitas dan Kuantitas Pembimbingan Klinik pada Program Studi Profesi Dokter
Sari
Pembimbingan dilakukan dengan metode Bedside Teaching, Diskusi Kasus dan Refleksi Kasus yang tercatat dalam student report. Pada tahap profesi dokter pembimbingan penting dilakukan tetapi terdapat berbagai kendala dalam pembimbingan klinik seperti keterbatasan waktu, penolakan pasien dengan kehadiran mahasiswa, kurangnya monitoring student report. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dan kuantitas pembimbingan klinik pada PSPD salah satu FK swasta di Semarang. Penelitian ini adalah observasional deskriptif menggunakan data sekunder berupa student report. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Kualitas pembimbingan dinilai dari setiap kompetensi pembimbingan sesuai standar kriteria pembimbingan. Kuantitas pembimbingan dinilai dari kelengkapan keterlaksanaan pembimbingan sesuai tabel kewajiban mahasiswa. Total sampel sebanyak 70. Kuantitas pembimbingan Bedside Teaching paling banyak terpenuhi di stase THT-KL (71,4%), Diskusi Kasus di stase Kulit dan Kelamin (100%), Refleksi Kasus di semua stase masih belum terpenuhi semua. Kualitas pembimbingan Bedside Teaching mayoritas baik di stase Saraf (83,3%), Diskusi Kasus di stase Kulit dan Kelamin (100%), Refleksi Kasus di semua stase masih memiliki kualitas kurang. Kuantitas pembimbingan Bedside Teaching paling banyak terpenuhi di stase THT-KL, sedangkan kualitas pembimbingan Bedside Teaching paling baik di stase Saraf. Kuantitas dan kualitas Diskusi Kasus di stase Kulit dan Kelamin. Kuantitas dan kualitas Refleksi Kasus di semua stase masih belum terpenuhi semua dan memiliki kualitas kurang.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Firmansyah M. 2017. Perbedaan Pengalaman Klinik Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter di Departemen Ilmu Bedah Tiga Rumah Sakit Pendidikan. J Islam Med Res. 1:83–95.
Hardisman, Yulistini. 2010. Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Pada Kepaniteraan Klinik di Fakultas Kedokteran Universtas Andalas. Majalah Kedokteran Andalas. 88–104.
Lisiswanti R. 2019. Peranan Dosen Pendidikan Kedokteran : Dari Perspektif Ilmu Pendidikan Kedokteran. JK Unila. 3:186–90.
Sari DP, Susani YP. 2019. Revisi dan Implementasi Panduan Rotasi Klinik (Logbook)-Studi Kasus dalam Pendidikan Klinik di FK Universitas Mataram. J Kedokt. 8(3):18–23.
Ahmad E, Yani A, Azidin Y. 2020. Analisis Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Klinik. J Keperawatan. 5(2):1–8.
Hardisman. 2009. Hambatan Dalam Mendapatkan Pengalaman Belajar Klinis Pada Kepaniteraan Klinik Di Unit Gawat Darurat (UGD) Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Padang. Maj Kedokt Andalas. 33:8–17.
Marwan Y, Al-Saddique M, Hassan A, Karim J, Al-Saleh M. 2012. Are Medical Students Accepted by Patients in Teaching Hospitals?. Med Educ Online. 17(1):171-172.
A. Clare C, Yeh J. 2013. Bedside Teaching in Obstetrics and Gynecology. Curr Womens Health Rev. 9(3):194-200.
Tim Penulis. 2019. Log Book dan Student Report Kepaniteraan Klinik Ilmu Obstetri dan Ginekologi. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang.
Dreiling K, Montano D, Poinstingl H, Muller T, Schiekirka-Schwake S, Anders S, et al. 2017. Evaluation in Undergraduate Medical Education: Conceptualizing and Validating a Novel Questionnaire for Assessing the Quality of Bedside Teaching. Med Teach.
Wilcha R-J. 2020. Effectiveness of Virtual Medical Teaching During The COVID-19 Crisis: Systematic Review. JMIR Med Educ. 6(2):e20963.
Pamungkasari EP, Pamungkasari EP. 2015. Pengaruh Metode Pembelajaran Reflektif dan Metakognisi Terhadap Penalaran Klinik Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter [Internet]. Universitas Gadjah Mada [cited 2021 Sep 15]. Available from: http://etdrepository.u.
Erfani Khanghahi M, Eba di Fard Azar F. 2018. Direct Observation of Procedural Skills (DOPS) Evaluation Method: Systematic Review of Evidence. Med J Islam Repub Iran. 32:45.
Naeem N. 2013. Validity, Reliability, Feasibility, Acceptability and Education Impact of Direct Observation of Procedural Skills (DOPS). J Coll Physicians Surg Pak. 23(1):77-82.
Gray D, Cozar O, Lefroy J. 2017. Medical Student’s Perceptions of Bedside Teaching. Clin Teach. 14(3):205-10.
Beigzadeh A, Bahaadinbeigy K, Adibi P, Yamani N. 2019. Identifying the Challenges to Good Clinical Rounds: A Focus-Group Study of Medical Teachers. J Adv Med Educ Prof. 7(2):62.
Faustinella F, Jacobs RJ. 2018. The Decline of Clinical Skills: A Challenge For Medical Schools. Int J Med Educ. 9(3):194-200.
Ogur B, Hirsh D, Krupat E, Bor D. 2007. The Harvard Medical School-Cambridge Integrated Clerkship: An Innovative Model of Clinical Education. Acad Med. 82(4):397-404.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v9i3.5810
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.