Self-Directed Learning Readiness (SDLR) pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang

Aryanda Rizky Aryudha Pradana, Andra Novitasari, Mega Pandu Arfiyanti

Sari


SDLR (Self Directed Learning Readiness) adalah kematangan/kesigapan pelajar dalam melakukan pembelajaran secara mandiri, terbagi atas personal characteristic (karakteristik personal), skills, attitudes (sikap). Penerapan self directed learning readiness (SDLR) yang tinggi dan memiliki kualitas tinggi untuk dapat mengatasi gagalnya pembelajaran serta masalah psikis pada semua usia. Tujuan dari penelitian ini yaituxuntuk mengetahui perbandingan self-directed learning readiness (SDLR) pada mahasiswa FakultasxKedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang angkatan 2018, 2019, 2020 dan 2021. Metode penelitian kuantitatif, comparative analytic observasional dengan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan adalah SDLRS. Analisis bivariat perbandingan SDLR diuji dengan menggunakan uji Kruskal wallis. Sampel penelitian adalah mahasiswa FK UNIMUS angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021 yang diambil melalui teknik proporsional stratified random sampling. Penelitian ini memiliki total sampel 246 responden. Hasil analisis menunjukkan bahwa skor SDLR pada responden angkatan 2018 dengan rerata 144.85, pada responden angkatan 2019 dengan rerata 141.15, pada responden angkatan 2020 dengan rerata 134.66, dan pada responden angkatan 2021 dengan rerata 131.46. Hasil analisis bivariat perbandingan SDLR diuji dengan menggunakan uji Kruskal wallis test menunjukkan p-value=0,00 yang berarti terdapat perbandingan yang bermakna antar angkatan. 


Kata Kunci


Self Directed Learning Readiness; mahasiswa kedokteran; perbandingan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alsufyani AM et al. (2020). Self-Directed Learning Readiness of Students in Bridging Nursing Programs in Saudi Arabia -A Descriptive Study. J Soil Plant Biol.

Ambarsarie, Riry., Erlinawati, N.H., Triana, Dessy. (2016). Analisis Self Directed Learning Readiness terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester 2 Tahun Ajaran 2015/2016 Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Bengkulu: JK Unila. 1(2)

Chakravarthi S. (2010). Analysis of the pshychological impact of problem based learning (pbl) toward self directed learning among students in undergraduate medical education. Malaysia: Department of Phatology Faculty of Medicine International Medical University.

El N, Sofar SM, Ali J, Al-battawi I. (2017). Self-directed learning readiness among Nursing Students at King Abdulaziz University, Saudi Arabia: IOSR J Nurs Heal Sci. 6(6):14-24.

Fisher MJ, King J. (2010). The self-directed learning readiness scale for nursing education revisited: A confirmatory factor analysis. Nurse Educ Today. 30(1):44–8.

Fitri, A.D. (2016). Penerapan Problem Based Learnin (PBL) Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jambi :Jambi Medical Journal. 4(1):95-100.

Inastyarikusuma T, Mayasari D. (2019). Perbedaan Skor Self-Directed Learning Readiness (SDLR) antara Tahun Pertama dan Tahun Ketiga Mahasiswa Angkatan 2014 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Lampung: Majority. 8(1):17–24.

Knowles MS, Holton EG, & Swanson RA. (1998). The adult learner: The definitive classic in adult education and human resources development. California: Elsevier. hlm 135.

Konsil Kedokteran Indonesia. (2012). Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia Konsil Kedokteran Indonesia. Jakarta: Indonesian Medical Council.

Madhavi KVP, Madhavi BD. (2017. Readiness for self-directed learning among undergraduate medical students of Andhra Medical College, Visakhapatnam. Int J Community Med Public Heal. 4(8):2836.

Marzanita F, Utami R. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Self Directed Learning Readiness (SDLR) Mahasiswa Tingkat III Akademi Kebidanan Anugerah Bintan Tanjung Pinang Tahun 2017. Batam : Zona Kebidanan.

Meo SA. (2013). Evaluating learning among undergraduate medical students in schools with traditional and problem-based curricula. Am J Physiol - Adv Physiol Educ 37(3):249–53.

Nyambe, H, Harsono, Rahayu GR. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi self directed learning readiness pada mahasiswa tahun pertama, kedua, dan ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL. Jurnal Pendidikan kedokteran indonesia. 5(2):67-77.

Riyaningrum, W., Kusumawati, W. (2019). Pentingnya Self-Directed Learning Readiness (SDLR) Terhadap Motivasi Belajar, Manajemen Diri Dan Pengendalian Diri. Yogyakarta: Jurnal Penelitian Keperawatan Vol 5. (1)

Saa, S.T., Findyartini, Ardi., Marpaung, N.L.E. (2019). Hubungan Antara Jenis Kelamin dan Performa Akademik dengan Kesiapan Belajar Mandiri(Self Directed Learing Readiness) Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Papua. [Skripsi].Sorong: Universitas Papua.

Slater CE, Cusick A, Louie JCY. (2017). Explaining variance in self-directed learning readiness of first year students in health professional programs. Published daring:1-10. doi:10.1186/s12909-017-1043-8

Sugianto, Indira & Lisiswanti, Rika. (2016). Tingkat Self Directed Learning Readiness (SDLR) pada Mahasiswa Kedokteran. Lampung : Medical Journal of Lampung. 5(5)

Wahyuningsih, I. S., & Santoso, A. (2013). Pengalaman mahasiswa S1 keperawatan dalam metode pembelajaran problem based learning. Prosiding Konferensi Nasional Ppni Jawa Tengah.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v9i4.6502

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.