HUBUNGAN MUTU PELAYANAN DOKTER TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2015
Sari
Salah satu bentuk pelayanan yang mempengaruhi kepuasan
pasien di rumah sakit adalah pelayanan dokter. Kemampuan rumah sakit dalam
memenuhi kebutuhan pasien dapat diukur dari tingkat kepuasan pasien.Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dokter terhadap
kepuasan pasien BPJS di Ruang rawat Inap Bedah RSUD Dr. H. Abdul Moeloek
Provinsi Lampung tahun 2015.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional.Subjek pada
penelitian ini adalah seluruh pasien Ruang rawat Inap Bedah RSUD Dr. H. Abdul
Moeloek Provinsi Lampung. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total
populasi sebesar 318 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan
kuesioner.Analisa data yang digunakan adalah uji chi square.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan daya tanggap pelayanan dokter dalam
kategori baik 155 orang (48,7%), Jaminan pelayanan dokter dalam kategori baik
192 orang (60,4%), Kehandalan pelayanan dokter dalam kategori baik 173 orang
(54,4%), Empati dokter dalam kategori baik 181 orang (56,9%), bukti fisik
pelayanan dokter dalam kategori baik 189 orang (59,4%), responden, yang puas
dengan pelayanan dokter 123 orang (38.7%),
Kesimpulan: Ada hubungan daya tanggap (p value 0,000 OR 5,8), jaminan (p
value 0,000 OR 5,7), kehandalan (p value 0,000 OR 10,9), empati (p value 0,000
OR 2,8), bukti fisik (p value 0,000 OR 11,2) pelayanan dokter terhadap kepuasan
pasien BPJS di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD dr. H .Abdul Moeloek Provinsi
Lampung tahun 2015. Saran bagi rumah sakit agar dapat meningkat mutu
pelayanan kesehatan terutama di poliklinik penyakit dalam, dari setiap aspek
terutama bagian yang dianggap pasien kurang baik.
pasien di rumah sakit adalah pelayanan dokter. Kemampuan rumah sakit dalam
memenuhi kebutuhan pasien dapat diukur dari tingkat kepuasan pasien.Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan dokter terhadap
kepuasan pasien BPJS di Ruang rawat Inap Bedah RSUD Dr. H. Abdul Moeloek
Provinsi Lampung tahun 2015.
Metode: Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis
penelitian survey analitik dengan pendekatan cross sectional.Subjek pada
penelitian ini adalah seluruh pasien Ruang rawat Inap Bedah RSUD Dr. H. Abdul
Moeloek Provinsi Lampung. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total
populasi sebesar 318 orang. Pengumpulan data dengan menggunakan
kuesioner.Analisa data yang digunakan adalah uji chi square.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan daya tanggap pelayanan dokter dalam
kategori baik 155 orang (48,7%), Jaminan pelayanan dokter dalam kategori baik
192 orang (60,4%), Kehandalan pelayanan dokter dalam kategori baik 173 orang
(54,4%), Empati dokter dalam kategori baik 181 orang (56,9%), bukti fisik
pelayanan dokter dalam kategori baik 189 orang (59,4%), responden, yang puas
dengan pelayanan dokter 123 orang (38.7%),
Kesimpulan: Ada hubungan daya tanggap (p value 0,000 OR 5,8), jaminan (p
value 0,000 OR 5,7), kehandalan (p value 0,000 OR 10,9), empati (p value 0,000
OR 2,8), bukti fisik (p value 0,000 OR 11,2) pelayanan dokter terhadap kepuasan
pasien BPJS di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD dr. H .Abdul Moeloek Provinsi
Lampung tahun 2015. Saran bagi rumah sakit agar dapat meningkat mutu
pelayanan kesehatan terutama di poliklinik penyakit dalam, dari setiap aspek
terutama bagian yang dianggap pasien kurang baik.
Kata Kunci
Kepuasan Pasien, Mutu Pelayanan Dokter
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.33024/.v2i3.709
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.