HUBUNGAN STATUS GIZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NEGERI 02 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2015

Asri Mutiara, Neno Hasbie Fitriyani

Sari


Gizi merupakan salahsatu faktor penting yang menentukantingkat kesehatan dan keserasian antaraperkembangan fisik dan perkembanganmental. Ketidakseimbangan antaramakanan yang dikonsumsi menyebabkanmenurunnya kemampuan, konsentrasibelajar, gangguan belajar dan perubahanfisik. Penelitian ini dilakukan dengantujuan mengetahui hubungan statusgizi terhadap prestasi belajar siswaSekolah Menengah Pertama (SMP)Negeri 02 Bandar Lampung.Metode : Penelitian survei analitikdengan desain penelitian crosssectional. Sampel berjumlah 110responden dengan simple randomsampling. Data diperoleh dari datapengukuran berat badan dan tinggibadan di Sekolah Menengah Pertama(SMP) Negeri 02 Bandar Lampung.Hasil : Dari sampel yang ditelitididapatkan responden dengan statusgizi normal sebanyak 59 siswa(53,6%) serta responden dengankelebihan berat badan sebanyak 51(46,3%) dan responden yang memilikitingkat prestasi belajar yangmemenuhi KriteriaKetuntasanMinimum (KKM) ≥ 70sebanyak 96 siswa (87,2%) serta yangmemiliki tingkat prestasi belajardibawah KriteriaKetuntasanMinimum (KKM) < 70sebanyak 14 siswa (12,7%).Berdasarkan hasil uji statistik berupauji Sperman’s rho didapatkanP(value)= 0.00dengan R= 0.581 yangberarti terdapat hubungan yang cukuptinggi antara status gizi denganprestasi belajar.Kesimpulan : Terdapat hubunganyang cukup tinggi antara status giziterhadap prestasi belajar siswaSekolah Menengah Pertama (SMP)Negeri 02 Bandar Lampung.

Kata Kunci


Status gizi dan Prestasibelajar

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v2i3.713

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.