HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN FARMASI DENGAN KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI FARMASI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANYUMAS TAHUN 2022

Aulia Nur Fadilah, Rasmi Zakiah Oktarlina, Intanri Kurniati, Citra Yuliyanda Pradilawati

Sari


Kualitas pelayanan merupakan aspek vital dalam rangka bertahan dalam bisnis untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Kebutuhan konsumen yang dapat dipenuhi dalam mendapatkan pelayanan dapat memberikan kepuasan pada pasien. Kepuasan pasien akan mendorong pasien untuk kembali ke sarana pelayanan kesehatan dan merekomendasikan kepada orang lain. Mengetahui hubungan kualitas pelayanan farmasi terhadap kepuasan pasien di instalasi farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas Tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain studi cross sectional. Sampel penelitian sebanyak 75 orang yang diambil dengan teknik accidental sampling. Analisis data digunakan uji Chi Square. Terdapat hubungan kualitas pelayanan farmasi terhadap kepuasan pasien di instalasi farmasi Rumah Sakit Umum Daerah Banyumas Tahun 2022. Kualitas pelayanan farmasi pada kategori tidak baik sebanyak 32 orang (42,7%) dan pada kategori baik sebanyak 43 orang (57,3%). Kepuasan pasien pada kategori tidak puas sebanyak 31 orang (41,3%) dan yang puas sebanyak 44 orang (58,7%). Pelayanan farmasi yang makin berkualitas akan diikuti dengan kepuasan pasien.


Kata Kunci


Kualitas, Pelayanan, Farmasi, Kepuasan, Pasien

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dugan E., Trachtenberg F., Hall MA. 2005. Pengembangan langkah- langkah singkat untuk menilai kepercayaan pasien pada dokter, asuransi kesehatan, dan profesi medis. Dinas Kesehatan BMC. Res. 1–7. Doi: 10.1186/1472-6963-5- 64.

Fitriana D.A. 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Farmasi Klinik Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kota Mataram. Available from://repository.ub.ac.id/id/eprin t/175378/

Harijanto, Sugeng. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Di Instalasi Farmasi Rumah Sakit Paru Dungus Madiun. Jurnal Kesehatan Masyarakat STIKES Cendekia Utama Kudus P-ISSN 2338-6347 E-ISSN 2580-992X Vol. 6, No. 2, Agustus 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit, Jakarta.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2020. Permenkes No 3 Pasal 25 Tentang Pelayanan Farmasi.

Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 & 2. Edisi Terjemahan Oleh Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Muninjaya, A. A. G. 2004. Manajemen Kesehatan. Jakarta: EGC.Chakraborty SP. 2019. Patho- physiological and toxicological aspects of monosodium glutamate. Toxicol Mech Methods. 29(6):389- 96.

Rusydi M. 2017. Customer Excellent. Bandung. Gosyen Publishing. Susanto, Haryanto FX Nancy Isnawati

Simbolon, Eva Monica. 2021. Analisis Hubungan antara Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Instalasi Farmasi Rumah Sakit Universitas Muhammadiyah Malang Analysis of the Relationship between Service Quality and Patient PHARMACY: Jurnal Farmasi Indonesia p-ISSN 1693-3591 (Pharmaceutical Journal of Indonesia) e-ISSN 2579-910X Vol.18 No. 01 Juli 2021 : 10-20 10.

Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v9i3.7918

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.