HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN TINGKAT MOTIVASI UNTUK SEMBUH PADA PENYALAHGUNA NAPZA DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN (LAPAS) KELAS IIA BANDA ACEH

Rizky Marissa, Nursa'adah Nursa'adah, Nanda Desreza

Sari


Pecandu NAPZA dari tahun ke tahun terus meningkat dan terdapat di semua golongan umur. Salah satu cara menyelamatkan para pecandu ini adalah dengan rehabilitasi, berhasilnya rehabilitasi ini di tentukan oleh motivasi dari klien untuk sembuh dan untuk itu diperlukan dukungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan tingkat motivasi untuk sembuh pada penyalahguna NAPZA di Lapas Kelas IIA Banda Aceh. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan desain Cross Sectional study. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 26 s/d 30 Desember 2022. Populasi dalam penelitian seluruh penyalahguna NAPZA di Lapas Kelas IIA Banda Aceh dengan teknik pengambilan sampel accidental sampling yaitu sebanyak 31 orang. Pengumpulan data mengggunakan data primer. Sampel alat ukur menggunakan chi square test, teknik analisa univariat dan bivariat. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan dukungan emosional (p=0,000), dukungan informasi (p=0,017), dukungan instrumen (p=0,000), dukungan penghargaan (p=0,021) dan dukungan keluarga (p=0,000) dengan tingkat motivasi untuk sembuh pada penyalahguna NAPZA. Dapat ditarik kesimpulan terdapat hubungan dukungan keluarga dengan tingkat motivasi untuk sembuh pada penyalahguna NAPZA di Lembaga Pemasyarakatan (LAPAS) Kelas IIA Banda Aceh. Diharapkan hasil penelitian ini dapat dijadikan masukan dalam penentuan program yang akan diambil sebagai upaya peningkatan motivasi dan percepatan proses rehabilitasi pada pengguna NAPZA.

Kata Kunci


Dukungan Keluarga, Motivasi, Kesembuhan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aminah, A. N. (2021) ‘BNN: Pencandu Narkoba di Aceh Capai 83 Ribu Orang’. Republika. Co. Id. https://www. republika. co. id/berita/qxbd25384/bnn ….

BNN (2014) ‘Penyalahgunaan Narkoba dan Upaya Penanggulangannya.’, Badan Narkotika Nasional.

BNN (2022) ‘Indonesia Drugs Report 2022, Pusat Penelitian, Data dan Informasi Badan Narkotika Nasional’. BNN.

Dearrina, S. (2020) ‘Hubungan Dukungan Sosial Dengan Motivasi Sembuh Pada Pasien Napza di Yayasan Rehabilitasi Medan Plus’. Universitas Medan Area.

Elpinar, E., Indriastuti, D. and Susanti, R. W. (2019) ‘Hubungan dukungan emosional keluarga dan kebutuhan spiritual dengan tingkat motivasi narapidana di lembaga pemasyarakatan perempuan kelas III Kendari’, Jurnal Keperawatan, 3(02), pp. 1–9.

Harmoko (2018) Asuhan Keperawatan Keluarga. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

ISBN (2022) Indonesia drugs Report 2022. Pusat Penelitian, Data, dan Informasi Badan Narkotuka Nasional (PUSLIDATIN BNN). Jakarta Timur: BNN.

King, L. A. (2012) Psikologi Umum: Sebuah Pandangan Apresiatif. Jakarta: Salemba Humanika.

Mustikallah, O. (2018) ‘Hubungan Antara Dukungan Sosial Keluarga dengan Motivasi Kesembuhan Pasien NAPZA di Rumah Sakit Ketergantungan Obat Jakarta Timur (Skripsi)’, UI, Jakarta.

Nuryanti, S. (2016) ‘Hubungan antara dukungan keluarga dan motivasi melakukan rom pada pasien pasca stroke’, Mahakam Nursing Journal, 1(2), pp. 80–89.

Oktaviani, A. and Jannah, S. R. (2021) ‘Dukungan Keluarga Dengan Motivasi Untuk Sembuh Pada Residen Di Instalasi Rehabilitasi Napza’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 4(2).

Padila (2015) Asuhan Keperawatan Maternitas II. Yogyakarta: Salemba Medika.

Pranawa, S., Humsona, R. and Yuliani, S. (2018) ‘Meningkatkan Pengetahuan Remaja Tentang Bahaya Penyalahgunaan Narkoba Dengan Peer Education Strategy’, Habitus: Jurnal Pendidikan, Sosiologi, & Antropologi, 2(2), pp. 183–194.

Primanda, W. (2015) ‘Hubungan dukungan sosial dengan motivasi untuk sembuh pada pengguna napza di rehabilitasi bnn tanah merah samarinda Kalimantan timur’, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1).

Regina, M. and Martina, M. (2016) ‘Dukungan Keluarga Dengan Tingkat Kecemasan Narapidana Di Rumah Tahanannegara Banda Aceh’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 1(1).

Sarwono, S. W. (2012) Pengantar Psikologi Umum. Jilid Ketiga. Jakarta: Rajawali Pers.

Setiyawati, L. S., Nurcahyuni, A. and Sutawijaya, D. (2015) ‘Buku Seri

Bahaya Narkoba Jilid 5’, Surakarta: PT. Tirta Asih Jaya.

Sismadi, I. F. E. P. (2019) ‘Hubungan dukungan sosial dengan kualitas hidup pada pasien rehabillitasi narkoba’, SKRIPSI-2019. Universitas Trisakti.

Sobur, A. (2016) Psikologi Umum. Bandung: Pustaka Setia.

Suradi, S. (2017) ‘Keluarga sebagai sumber dukungan sosial bagi korban penyalahgunaan NAPZA’, Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 3(2).

Syuhada, A. R., Indria, D. M. and Firmansyah, M. (2020) ‘Pengaruh Psikoedukasi terhadap Pengetahuan, Motivasi dan Perubahan Sikap-Prilaku Penyalahgunaan Narkoba terhadap Anak Usia 10-12 Tahun’, Jurnal Bio Komplementer Medicine, 7(1).

Tambun, L. T. (2021) ‘27% Pengguna Narkoba Dari Kalangan Pelajar Dan Mahasiswa’. BERITASATU.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i4.9706

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.