HUBUNGAN PERILAKU KEKERASAN VERBAL ORANG TUA TERHADAP PERKEMBANGAN PADA ANAK KELAS IV-VI DI SD MUHAMMADIYAH 10 SEMARANG

Vidia Amalia, Suprihhartini Suprihhartini, Aisyah Lahdji

Sari


Abstrak: Hubungan Perilaku Kekerasan Verbal Orang Tua terhadap Perkembangan pada Anak Kelas IV-VI di SD Muhammadiyah 10 Semarang. Kekerasan verbal orag tua merupakan kekerasan yang dilakukan orang tua kepada anak berupa kekerasan terhadap perasaan, memuntahkan kata-kata kasar tanpa bersentuhan fisik, kata-kata seperti memfitnah, mengancam, menghina, membandingkan, dsb. Kekerasan verbal tersebut dapat mempengaruhi perkembangan anak terutama terhadap pematangan karakter. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara perilaku kekerasan verbal orang tua terhadap perkembangan pada anak kelas IV-VI di SD Muhammadiyah 10 Semarang. Penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional dengan sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi sebanyak 37 responden siswa siswi kelas IV-VI SD Muhammadiyah 10 Semarang dengan Teknik Total Sampling. Data diambil menggunakan kuesioner yang kemudian diuji dengan bantuan software computer. Analisis bivariat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Spearman didapatkan hubungan yang bermakna antara perilaku kekerasan verbal orang tua terhadap perkembangan anak, nilai p<0,001 dengan nilai r = 0,819. Terdapat hubungan bermakna antara perilaku kekerasan verbal orang tua terhadap perkembangan anak kelas IV-VI di SD Muhammadiyah 10 Semarang. Mayoritas lebih dari separuh anak (54,1%) mendapat kekerasan verbal berat dari orang tua dan lebih dari separuh (54,1%) menunjukkan perkembangan yang tidak normal.

Kata Kunci


Kekerasan, Verbal, Perkembangan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ilmiah KT. 2017. Hubungan antara kekerasan fisik dan kekerasan verbal terhadap kecemasan pada siswa siswi SD Negri 2 Ngemplak.

Ahmad Z. 2014. Perlindungan Anak dalam Perspektif Islam. Islam J Stud Keislam. 4(1):143.

Prawestiningtyas E. 2017. Kekerasan Pada Anak dan Aspek Medikolegal. Perhimpunan Dr Forensik Indonesia. 106.

Dewi NS, Arisanti N, Rusmil VK. 2016. Deteksi Dini Pengalaman Kekerasan pada Anak di Tingkat Kecamatan Jatinangor. J Sist Kesehatan. 2(3):123-9

Kurniasari A. 2019. Dampak Kekerasan Pada Kepribadian Anak. Sosio Inf. 5(1):15-24

Rohmawati C. 2012. Usaha Guru Untuk Mengatasi Kenakalan Anak Kelas V SD Negeri Kliwonan 2 Masaran Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012.

Ramlah. 2015. Penerapan Teori Perkembangan Mental Piaget Tahap Operasional Konkret Pada Hukum Kekekalan Materi. J Pendidikan Unsika. 3(2):218-30

Prastiwi MH. 2019. Pertumbuhan Dan Perkembangan Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal Ilmu Kesehatan Husada. 10(2):1-8.

Utami I, Idriansari A, Herliawati H. 2014. Hubungan kematangan emosi ibu dengan kekerasan fisik dan kekerasan verbal pada anak usia sekolah di SD negeri 11 indralaya. Maj Kedokt Sriwij. 46(1):59-60.

Mien. 2017. Hubungan Antara Verbal Abuse Orang Tua Dengan Perilaku Agresif Pada Remaja di SMPN 1 Kalisusu Utara. Ter J. 53-60.

Margani SS. 2018. Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak. Profil Gender Tematik. Dinas Pemberdaya Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Sulawesi Selatan. 1-62.

Fitria. 2013. Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Prokrastinasi. J Chem Inf Model. 53(9):1689-99.

Simanjutak MC. 2018. Hubungan Antara Stress Dengan Perilaku Agresi Verbal Orang Tua Terhadap Anak Pra Sekolah Di Raudhatul Athfal Griya Bina Widya. J Chem Inf Model. 53(9):1689-99.

P M, H HL, Wilar R. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keterlambatan Perkembangan Anak Taman Kanak-Kanak. E-Clinic. 3(1).

Thahir A. 2020. Buku Daras Psikologi Perkembangan.

Ajhuri, K.F. 2019. Psikologi Perkembangan Sepanjang Rentang Kehidupan. 135-142 p.

Fathia FR. 2019. Hubungan Stunting Dengan Perkembangan Balita Usia 24-60 Bulan Di Wilayah Kerja Puskesmas Gedangsari II Kabupaten Gunungkidul Tahun 2019. Poltekkes Kemenkes Yogyakarta. 11-26.

Sadock B, Sadock V. 2010. Buku Ajar Psikiatri Klinis. NASPA J. Edisi 2. 42(4):1.

Andrianary M, Antonie P. 2019. Konsep Psikososial Menurut Teori Erik H.Erikson terhadap Pendidikan Anak Usia Dini dalam Tinjauan Pendidikan Islam. 2:89.

Ushuluddin F. 2003. Psikoseksual Yang Sehat Oleh Guru Pembimbing Pada Siswa Kelas Xi Ipa Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1. 223-46.

Nasution SH. 2017. Gambaran Mental Emosional Remaja Sekolah Full-Day Dan Half-Day. Fak Kedokteran Universitas Sumatera Utara.

Dewi KS. 2012. Buku ajar kesehatan mental. UPT UNDIP Press Semarang. 143 p.

Willy F. Maramis, Albert A. Catatan-Ilmu-Kedokteran-Jiwa-Edisi-2. Airlangga University Press. Pdf.

Yustanta BF. 2022. Kekerasan verbal pada anak oleh orang tua yang work from home pada masa pandemi covid-19 terhadap perkembangan kognitif anak. J Ilmu Kesehatan. 10(2):124-8.

Nova S, Sari A. 2020. Hubungan kekerasan verbal orang tua dengan perilaku remaja di SMPN 20 Kota Pekanbaru tahun 2020. Trop Public Heal J Fac Public Heal USU. 1(23):15.

Ningsih S, Solfiah Y, Novianti R. 2022. Hubungan Kekerasan Verbal Dengan Harga Diri Anak Usia 5-6 Tahun Di Lundar Kecamatan Panti Provinsi Sumatera Barat. J PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran).

(4):1113.

Alvionita N, Fitryasari R, Kurnia ID. 2021. Mother’S Internal Factors Relationship To Verbal Abuse Behavior Among School-Age During Covid-19 Pandemic. 3(1):23.

Farhan Z. 2019. Faktor-faktor yang melatarbelakangi orang tua melakukan verbal abuse pada anak usia sekolah 6-12 tahun di Kabupaten Garut. J Ilmu Kesehatan Malang. 3(2):101-8.

Hartati S, Lutiyah L, Hadiansyah T. 2022. Pendidikan Kesehatan Orangtua Tentang Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Remaja. J Ilmu Kesehatan Anak. 5(1):59-64.

Yulia D, Dhamayanti M, Arisanti N. 2019. Hubungan Frekuensi Menonton Tayangan Kekerasan di Televisi Terhadap Mental Emosional Anak SD di Kecamatan Jatinangor. JSK. 4(4):26-35.

Savitri AAP, Surilena, Gustiawan E. 2022. Hubungan Pola Asuh Dengan Masalah Perilaku Dan Emosional Pada Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Damianus J Med. 21(1):26-35.

Machetti D, Fontanesi L, Di Giandomenico S, Mazza C, Roma P, Verrocchio MC. 2020. The Effect of Parent Psychological Distress on Child Hyperactivity/Inattention During the COVID-19 Lockdown: Testing the Medication of Parent Verbal Hostility and Child Emotional Symptoms. Front Psychol. 11:567052.

Hutchinson L, Mueller D. 2008. Sticks and stone and broken bones: The influence of parental verbal abuse on peer related victimization. West Crim Rev. 9(1):452-9.

Siahaan TSP, Putra FCT, Niman S. 2022. Relationship of Verbal Violent Behavior with Student Learning Achievement. Bull Count Psychoter. 4(3):452-9.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i6.9856

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.