HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA KEDOKTERAN UNIMUS TERHADAP TINGKAT KECEMASAN (ANXIETY LEVEL) ORANG TUA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI

Yashinta Ayu Ardhyani, Rihadini Rihadini, Afiana Rohmani

Sari


Abstrak: Hubungan Prestasi Belajar Mahasiswa Kedokteran UNIMUS Terhadap Tingkat Kecemasan (Anxiety Level) Orang Tua Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi. Mahasiswa FK UNIMUS Angkatan 2019 melaksanakan pembelajaran daring sejak semester 2 hingga semester 6 selama pandemi Covid-19. Hasil belajar mahasiswa dapat dilihat dari prestasi belajar yang ditunjukkan dalam indeks prestasi kumulatif (IPK). Pentingnya peran orang tua dan ekspektasi akan hasil belajar anaknya dapat menimbulkan stressor yang dapat memicu timbulnya kecemasan. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis adanya hubungan prestasi belajar mahasiswa kedokteran UNIMUS terhadap tingkat kecemasan orang tua selama pembelajaran daring di masa pandemi. Penelitian ini memakai metode observasional analitik melalui pendekatan cross sectional. Sampel adalah 58 orang tua mahasiswa kedokteran angkatan 2019 FK UNIMUS. Variabel independen adalah prestasi belajar yang ditunjukkan dengan nilai IPK mahasiswa, variabel dependen adalah tingkat kecemasan orang tua yang didapatkan dari data primer melalui kuesioner ZSAS. Analisis hubungan antar variabel menggunakan uji Rank Spearman. Terdapat hubungan yang signifikan antara prestasi belajar mahasiswa terhadap tingkat kecemasan orang tua selama pembelajaran daring di masa pandemi dengan nilai p-value 0.000 (<0.05). Dilihat dari nilai Correlation Coefficient (r) yang menunjukkan 0.522 dimana apabila r: 0.4-0.599 memilikihubungan yang cukup kuat, maka hasilnya memiliki arti bahwa prestasi belajar mahasiswa memiliki hubungan yang cukup kuat terhadap tingkat kecemasan orang tua. Terdapat hubungan antara prestasi belajar mahasiswa terhadap tingkat kecemasan orang tua selama pembelajarang daring di masa pandemi.

 


Kata Kunci


Prestasi Belajar, Kecemasan, Masa Pandemi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Asiah N. (2020). Gambaran Proses Pembelajaran E-learning Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas YARSI Jakarta. Majalah Kesehatan PharmaMedika. 12(1):55-56 p.

Bako YA, Hutasoit RM, Buntoro IF. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19 Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana. Cendana Medical Journal. 22(2):307 p.

Huberty, Thomas J. (2004) Anxiety and Anxiety Disorder in Children: Information for Parents. Bloomington, IN: National Assosiation of School Physicologist.

Nisa SMK, Murti B, Qadrijati I. (2018). Psychosocial Factors Associated with Anxiety and Delivery Pain. J Matern Child Heal. 03(01):44–58 p.

Nugraha AD. (2020). Memahami Kecemasan: Perspektif Psikologi Islam. Indonesian Journal of Islamic Psychology. 2(1):5.

Rahmawati E, Saputra O, Saftarina F. (2018). Hubungan Gaya Belajar terhadap Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Medula. 8(1):7-8 p.

Riezky AK, Sitompul AZ. (2017). Hubungan Motivasi Belajar dengan Indeks Prestasi Kumulatif Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Jurnal Aceh Medika. 1(2):79-86.

Riskesdas. Kesehatan Jiwa. (2018). Kementrian Kesehatan Republik Indonesia; 97–103 p.

Riskiyan MF. (2018). Hubungan Antara Tingkat Pendidikan dan Status Sosial Ekonomi Terhadap Tingkat Kecemasan Orang Tua Yang Mempunyai Anak Autistik di SLB Negeri 1 Surakarta. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Surakarta. 7-9 p.

Rondonuwu VWK, Mewo YM, Wungouw HIS. (2021). Pendidikan Kedokteran di Masa Pandemi COVID-19 Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2017 Unsrat. Jurnal Biomedik (JBM). 13(1):67–75 p.

Sari AR, Rahman F, Wulandari A, et al. (2020). Perilaku Pencegahan Covid-19 Ditinjau dari Karakteristik Individu dan Sikap Masyarakat. Jurnal Kesehatan: Peneliti dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat Indonesia.1(1):327 p.

Setyowati A, Chung MH, Yusuf A. (2019). Development of self-report assessment tool for anxiety among adolescents: Indonesian version of the Zung self-rating anxiety scale. Journal of Public Health in Africa. 10:1172.

Tirajoh CV, Munayang H, Kairupan BHR. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Kecemasan Orang Tua Murid di Masa Pandemi Covid-19. Program Studi Pendidikan Dokter. Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Sulawesi Utara. Jurnal Biomedik (JBM). 13(1):49-57 p.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i6.9888

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.