Implementasi Kurikulum RA Menuju Merdeka Belajar dalam Bingkai Profil Pelajar Rahmatan Lil ‘Alamin untuk Guru-Guru RA Se-Kecamatan Sagulung Kota Batam
Sari
ABSTRAK
Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan implementasi tentang pengorganisasian pembelajaran, memfasilitasi cara pembuatan modul ajar, RPP, modul projek P5 PPRA asesmen formatif dan sumatif serta laporan hasil belajar anak berbasis Kurikulum Merdeka di Raudhatul Athfal. Kegiatan Pengabdian masyarakat ini berupa sebuah Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka Raudhatul Athfal Guru RA Se-Kecamatan Sagulung Kota Batam. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari di mulai dari hari Jumat, 5 Mei 2023 s.d. Sabtu, 6 Mei 2023 bertempat di Gedung Serbaguna Kementrian Agama dengan jumlah peserta 52 orang. Workshop IKM RA metode pelaksanaanya adalah setiap anggota menjadi nara sumber dengan pembagian materi yang sudah ditentukan, kemudian panitia menyiapkan pre test yang diberikan kepada peserta di awal sebelum nara sumber menguraikan dan menjelaskan tentang IKM RA, dan memberikan post test setelah materi selesai disampaikan. Kegiatan PKM akan dipublikasikan dalam jurnal ilmiah, sehingga dapat diketahui dan bermanfaat bagi masyarakat luas khususnya guru PAUD untuk kemajuan pendidikan anak usia dini di Indonesia.
Kata Kunci : IKM RA, RA, Rahmatan Lil ‘Alamin
ABSTRACT
This activity aims to provide understanding and implementation of the organization of learning, facilitate how to make teaching modules, lesson plans, P5 PPRA project modules formative and summative assessments and reports on children's learning outcomes based on the Independent Curriculum at Raudhatul Athfal. This community service activity is in the form of a Workshop on the Implementation of the Raudhatul Athfal Independent Curriculum for RA Teachers in Sagulung District, Batam City. This activity lasts for 2 days starting from Friday, 5 May 2023 to. Saturday, May 6 2023 at the Multipurpose Building of the Ministry of Religion with 52 participants. The implementation method for the IKM RA Workshop is that each member becomes a resource person by distributing the material that has been determined, then the committee prepares a pre test which is given to the participants at the beginning before the resource person describes and explains about IKM RA, and gives a post test after the material has been delivered. PKM activities will be published in scientific journals, so that they can be known and benefit the wider community, especially PAUD teachers for the advancement of early childhood education in Indonesia.
Keywords: IKM RA, RA, Rahmatan Lil' Alamin
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Ahmad, T. (2019). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam. El-Ghiroh 17(02):81–102. Doi: 10.37092/El-Ghiroh.V17i02.106.
Arianto, T., Dewi, A. R., & Wulansari, H. (2016). Menata Pendaftaran Tanah Kota Batam Untuk Penyelesaian Permasalahan Penguasaan Tanah Kampung Tua Yang Menjamin Kepastian Hukum Dan Keadilan.
Aynun Novita, R. S. (2022). ..(Gunakan Tanda Tangan Asli Bukan Scan Pada Lembar Persetujuan Publikasi, Upload Ulang).. Konsep Dasar Pendidikan Perspektif Ibnu Khaldun Dan Ki Hajar Dewantara Serta Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer Di Indonesia (Doctoral Dissertation, Iain Ponorogo).
Ela Nur Angela, Dkk. (2023). Analisis Kebutuhan Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Raudhatul Athfal Di Purwakarta. Sties Imam Asy Syafi’i Pekanbaru.
Hasanah, A., Gustini, N., & Rohaniawati, D. (2016). Nilai-Nilai Karakter Sunda. Deepublish.
Hidayat, R., Siswanto, A., & Muljadi, I. M. (2018). Kurikulum Berbasis Keagamaan Dalam Perspektif Sosiologi.
Ifat Latifah, Dkk. (2023). Pentingnya Pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Raudhatul Athfal Di Jatiluhur Purwakarta. Jurnal Peradaban Masyarakat.
Ikmal, H. (2021). Nalar Humanisme Dalam Pendidikan: Belajar Dari Ki Hadjar Dewantara Dan Paulo Freire. Nawa Litera Publishing.
Islam, K. P. P. (2016). Konsep Kesetaraan Gender Dalam Pemikiran Fatima Mernissi Dan Implementasinya Dalam Buku-Buku Teks Pelajaran Pendidikan Agama Islam Smp.
Khoirotun, N. A. (2023). Manajemen Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Banyumas (Doctoral Dissertation, Uin Prof. Kh Saifuddin Zuhri).
Loeziana Uce. (2018). The Golden Age : Masa Efektif Merancang Kualitas Anak, Uin Ar-Raniry
Masa. (2023). Golden Age Menurut Para Ahli, Scientific Review By : Redaksi Hamil.Co.Id.
Muzakki, H. (2021). Teori Belajar Konstruktivisme Ki Hajar Dewantara Serta Relevansinya Dalam Kurikulum 2013. Southeast Asian Journal Of Islamic Education Management, 2(2), 261-282.
Noviani, Y., Rajab, R. M., & Hashifah, A. N. (2017, May). Pendidikan Humanistik Ki Hadjar Dewantara Dalam Konteks Pendidikan Kontemporer Di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip (Vol. 1, No. 2).
Salman, I., & Widodo, A. (2020). Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan Raudhatul Athfal Dalam Telaah Renstra Kemenag 2015-2019. Modeling: Jurnal Program Studi Pgmi, 7(2), 167-184.
Samho, B., & Yasunari, O. (2009). Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara Dan Tantangan-Tantangan Implementasinya Di Indonesia Dewasa Ini. Research Report-Humanities And Social Science, 1.
Saputra, M. A. (2016). Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Anak Usia Dini Di Ra Ddi Addariyah Kota Palopo. Al-Qalam, 20(2), 197-210.
Suryani, L., Khusna, R., Deviyanti, N., Marlina, N., Mulyaningsih, T., Zakiyah, W., ... & Binawati, A. (2023). Independent Curriculum Implementation Training Ror The Learning Teacher Community In Setu District. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(1), 39-50.
Wathoni, L. M. N. (2020). Pendidikan Islam Anak Usia Dini: Pendidikan Islam Dalam Menyikapi Kontroversi Belajar Membaca Pada Anak Usia Dini. Sanabil.
Wilman. J. (2022). Memahami Karakteristik Kurikulum Merdeka Belajar Untuk Guru. Quipper Blog.
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i9.11444
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.