Pemanfaatan Media Digital sebagai Upaya Media Promosi dan Pemasaran pada Ikm Ibu Sri Kabupaten Minahasa
Sari
ABSTRAK
Ibu Sri merupakan salah satu masyarakat yang memiliki Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang bergerak pada pembuatan keripik tempe, pisang dan umbi-umbian, sumber bahan yang digunakan adalah hasil panen dari petani yang di jual oleh ibu sri. UMKM ini masih terdapat banyak permasalahan, diantaranya, Pandemi Covid-19 membuat pendapatan menurun, Jangkauan Pemasaran Hasil produksi belum luas, Belum ada sertifikasi halal dari Kemenag. Kegiatan yang dilakukan pada pengabdian ini dengan membangun sistem berbasis digital. Dalam menyelesaikan permasalah mitra, ada beberapa solusi yang direncanakan. Solusi tersebut meliputi, Membuat sistem berbasis digital yang dapat membantu dalam proses promosi dan pemasaran dengan jangkauan yang lebih luas, memberikan pelatihan manajemen pemasaran, melakukan proses pendampingan produk halal. Metode yang digunakan dalam pengabidan kepada masyarakat adalah ceramah (berupa pemberian teori) dan praktik penggunaan sistem digital. Hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah pelaksana kegiatan telah memberikan pelatihan penggunaan sistem yang akan digunakan oleh UMKM dan mendapat antusiasme pelaku usaha untuk menggunakan sistem digital sebagai upaya peningkatan penjualan produk yang dihasilkan oleh UMKM, serta telah terlaksananya sosialisasi pendampingan sertifikasi halal bagi produk UMKM.
Kata Kunci: Ibu Sri, UMKM, Covid-19, Sistem, Sertifikasi
ABSTRACT
Mrs. Sri is one of the people who have Micro, Small, and Medium Enterprises (UMKM) which are engaged in making tempeh chips, bananas, and tubers. The source of the materials used are harvests from farmers which are sold by Mrs. Sri. These UMKM still have many problems, including, the Covid-19 pandemic has made income decrease, the marketing reach of production is not yet wide, and there is no halal certification from the Ministry of Religion. Activities carried out in this service by building a digital-based sistem. In solving partner problems, there are several planned solutions. These solutions include Creating a digital-based sistem that can assist in the promotion and marketing process with a wider range, providing marketing management training, and carrying out the process of mentoring halal products. The method used in community service is lectures (in the form of giving theory) and practical use of digital sistems. The results of this service activity are that the executors of the activities have provided training on the use of the sistem that will be used by UMKM and got the enthusiasm of business actors to use the digital sistem as an effort to increase sales of products produced by UMKM, and socialization of halal certification assistance has been carried out for UMKM products.
Keywords: Mrs. Sri, UMKM, Covid-19, System, Certification
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Ainiyah, R., Burhan, S., Firman Ardiansyah, M., & Fidanti, D. P. (2021). Pengembangan Desa Digital Sebagai Upaya Mengangkat Potensi Lokal Desa Karangrejo. Jurnal Agro Dedikasi Masyarakat (JADM), 2(2), 13–18. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jadm
Arianto, B. (2021). Pengembangan UMKM Digital di Masa Pandemi Covid-19. ATRABIS: Jurnal Administrasi Bisnis (e-Journal), 6(2), 233–247. https://doi.org/10.38204/atrabis.v6i2.512
Chairani, I. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Perspektif Gender Di Indonesia. Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, 39. https://doi.org/10.14203/jki.v0i0.571
Dian Fitri, C., Desiana, R., & Laila Rahmatina, S. (2022). Kebijakan Pemerintah Di Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Kemaslahatan Perkembangan Umkm Banda Aceh. Al-Ijtima`i: International Journal of Government and Social Science, 7(2), 99–112. https://doi.org/10.22373/jai.v7i2.1592
Hernikawati, D. (2022). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (Umkm) Di Kota Palembang. Komunikasi Massa, 3(1), 9–17.
Istifara, H., Purwanti, D. R., Nuraziz, A. S., Hakim, I. A., M Almusawa, S. H. A., & Erlangga, A. (2021). Pemanfaatan Media Digital dalam Pemasaran Produk di Masa Pandemi pada Ibu-Ibu PKK RW 05 Cisauk Kabupaten Tangerang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Mengabdi (JIMAWAbdi), 1(1), 29. https://doi.org/10.32493/jmab.v1i1.10377
Junaedi, D., & Salistia, F. (2020). Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Negara-Negara Terdampak. In Simposium Nasional Keuangan Negara (pp. 995–1115).
Kusjono, G., Sunanto, S., Azwina, D., Sulistyani, T., & Lesmono, M. A. (2021). Pelatihan Manajemen Keuangan Sebagai Upaya Meningkatkan Daya Saing Umkm Kelurahan Benda Baru Pamulang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) - Aphelion, 1(2), 224. https://doi.org/10.32493/jpka.v1i2.9150
Mudjiyanto, B., & Dunan, A. (2020). Media Mainstream Jadi Rujukan Media Sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 1(1), 21–34. https://jurnal.kominfo.go.id/index.php/mkm/article/view/3244
Ngafifi, M. (2014). Kemajuan Teknologi Dan Pola Hidup Manusia Dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 2(1), 33–47. https://doi.org/10.21831/jppfa.v2i1.2616
Prawira, R. (2019). Dampak Fintech Pada UKM di Indonesia. Jurnal Kajian Akuntansi, 1(1), 57–64.
Rusmini, A. (2021). Gambaran Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Destinasi Dan Pariwisata Di Indonesia. Kepariwisataan : Jurnal Ilmiah, 15(2), 136–145.
Soetarto, Simbolon, B. R., & Zebua, S. (2019). Peranan pemerintah daerah dalam pemberdayaan kelompok tani untuk meningkatkan hasil panen padi. Junral Governance Opinion, 4(1), 150–169.
Syukri, A. U., & Sunrawali, A. N. (2022). Digital marketing dalam pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah. Kinerja, 19(1), 170–182. https://doi.org/10.30872/jkin.v19i1.10207
Universitas stekom. (2022). No Title. Kampung Jawa, Tondano Utara, Minahasa. https://p2k.stekom.ac.id/ensiklopedia/Kampung_Jawa,_Tondano_Utara,_Minahasa
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i9.11587
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.