Pembentukan UKS dan Pelatihan Dokter Kecil Pada Siswa-Siswi di SDN 1-2 Sukamenteri Garut

Iwan Shalahuddin, Udin Rosidin, Dadang Purnama, Nina Sumarni, Witdiawati Witdiawati

Sari


ABSTRAK

 

Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) merupakan upaya satuan pendidikan dalam menanamkan, menumbuhkan, mengembangkan, serta meningkatkan kemampuan hidup sehat dengan penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta derajat kesehatan  peserta  didik  melalui  pelaksanaan  Trias  UKS.  Program  UKS  disusun sebagai program yang berkesinambungan, yakni dapat berkelanjutan setiap tahunnya. Oleh karena itu, sekolah harus membentuk Tim Pelaksana UKS dan memasukkan rencana kerja UKS. Upaya UKS dilakukan lewat Trias UKS, yaitu Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan dan Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat. Tujuanya adalah Terciptanya ruang UKS sebagai pusat tim pelaksana UKS dalam menyusun, melaksanakan, monitoring, dan evaluasi dari program UKS yang ada serta terbentuknya dokter kecil di dekolah. Metode yang digunakan melalui Kegiatan survei atau pengisian kuesioner ini, diperuntukkan untuk mencapai perubahan perilaku yang awalnya tidak tahu menjadi tahu dan pelatihan dokter kecil. Hasil PPM  pelaksanaan pelatihan dokter kecil dengan mengundang pemateri dari pihak UPT Puskesmas Guntur. Pelatihan dilaksanakan selama 3 (tiga) hari, yaitu dari hari Kamis-sabtu, tangga; 23-25 Februari 2023, meliputi: Pengenalan UKS, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Kesehatan Mata dan Telinga, Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif Lainnya (NAPZA),  Pencegahan Penyakit Menular, Kesehatan Gigi dan Mulut dan Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) serta diakhir ddengan Pelantikan  dokter  kecil  dari  SDN  1  dan  2 Sukamentri oleh Ibu Kepala UPT Puskesmas Guntur.  Kesimpulan Keberadaan UKS di sekolah dasar dan dokter kecil sangat penting dalam rangka menjaga kesehatan warga sekolahnya. Selain UKS, tim pelaksana UKS juga penting agar program UKS tersebut  dapat  terus  berjalan  kedepannya.  Dengan  demikian,  salah  satu  langkah  kegiatan UKS dan dokter kecil  diharapkan  dapat  menjadi  awal  yang  baik  agar kualitas kesehatan SDN 1 dan 2 sukamentri menjadi lebih baik lagi.

 

Kata Kunci: Dokter Kecil, Pembentukan, Pelatihan, Siswa, UKS

 

 

ABSTRACT

 

School Health Business (UKS) is an effort of the education unit in instilling, growing, developing, and improving healthy living skills with the implementation of Clean and Healthy Living Behavior (PHBS), as well as the degree of health of students through the implementation of the UKS Triad.  The UKS program is structured as a sustainable program, which can be sustainable every year. Therefore, schools must form a UKS Implementation Team and include a UKS work plan. UKS efforts are carried out through the UKS Triad, namely Health Education, Health Services and Healthy School Environment Development. The goal is the creation of a UKS room as the center of the UKS implementation team in compiling, implementing, monitoring, and evaluating existing UKS programs and the formation of small doctors in the dekolah. The methods used through this survey activity or filling out questionnaires, are intended to achieve behavior change that initially did not know to know and training small doctors. The results of PPM implementation of small doctor training by inviting speakers from the UPT Puskesmas Guntur. The training was held for 3 (three) days, namely from Thursday-Saturday, stairs; February 23-25, 2023, including: Introduction to UKS, Clean and Healthy Living Behavior (PHBS), Eye and Ear Health, Narcotics, Psychotropics, and Other Addictive Substances (NAPZA), Prevention of Infectious Diseases, Dental and Oral Health and First Aid in Accidents (P3K) and ended with the inauguration of small doctors from SDN 1 and 2 Sukamentri by the Head of UPT Puskesmas Guntur.  Conclusion The existence of UKS in elementary schools and small doctors is very important in order to maintain the health of their school residents. In addition to UKS, the UKS implementation team is also important so that the UKS program can continue to run in the future.  Thus, one of the steps of UKS and small doctor activities is expected to be a good start so that the quality of health at SDN 1 and 2 Sukamentri becomes even better.

 

Keywords: Little Doctor, Formation, Training, Students, UKS


Kata Kunci


Dokter Kecil, Pembentukan, Pelatihan, Siswa, UKS

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Ahmad Selvia .2009. Seri Pengetahuan Uks. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka

Aditya, A. M., Setyadi, A. R., & Leonardho, R. (2020). Analisis Strategi Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manazhim. Https://Doi.Org/10.36088/Manazhim.V2i1.668

Aliviameita, A., Purwanti, Y., & Wisaksono, A. (2019). Pelatihan Dokter Kecil Sebagai Upaya Mengembangkan Usaha Kesehatan Sekolah Di Sekolah Dasar Kabupaten Sidoarjo. Jpm (Jurnal Pemberdayaan Masyarakat). Https://Doi.Org/10.21067/Jpm.V4i1.3260

Ariza, N., Fikri, F., & Muhammad, H. (2022). Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Islamic Education Studies : An Indonesia Journal. Https://Doi.Org/10.30631/Ies.V4i1.27

Budiharjo, N. (2015). Pelatihan Dokter Kecil Dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Siswa Di Sdn 2 Labuapi. Ganec Swara.

Candrawati, E., & Widiani, E. (2015). Pelaksanaan Program Uks Dengan Perilaku Hidup Dan Sehat (Phbs) Siswa Sekolah Dasar Di Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan.

Daniyanti, E. S., & Maduratna, E. S. (2021). Analisis Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dalam Pencegahan Penularan Covid-19 Pada Dosen Stikes Ngudia Husada Madura. Nursing Update: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan.

Hidayat, K., & Argantos. (2020). Peran Usaha Kesehatan Sekolah (Uks) Sebagai Proses Prilaku Hidup Bersih Dan Sehat Peserta Didik. Jurnal Patriot.

Lumbanraja, W. S., Nugroho, P. J., & Winaryo, S. (2022). Pengelolaan Usaha Kesehatan Sekolah (Uks). Equity In Education Journal. Https://Doi.Org/10.37304/Eej.V4i1.3421

Mardelita, S., Keumala, C. R., Reca, R., Suryani, L., & Mufizarni, M. (2022). Pelatihan Dokter Kecil Dalam Pemeliharaan Kesehatan Gigi Dan Mulut Pada Murid Sdn 47 Kota Banda Aceh. Jeumpa: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Https://Doi.Org/10.30867/Jeumpa.V1i1.72

Nurhayu, M. A., Shaluhiyah, Z., Indraswari, R., Masyarakat, F. K., & Diponegoro, U. (2018). Pelaksanaan Trias Usaha Kesehatan Sekolah Pada Tingkat Sekolah Dasar Di Wilayah Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (E-Journal).

Pribadi, I. K., & Zativalen, O. (2022). Pelatihan Dokter Kecil Dan Pemilihan Kader Dokter Kecil Untuk Optimalisasi Fungsi Uks Di Sdn 02 Codo Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Jurnal Interaktif: Warta Pengabdian Pendidikan. Https://Doi.Org/10.29303/Interaktif.V2i2.80

Putri, F. A., Rahayu, I. P., Febriawan, W., & Yuliandari, I. (2018). Penilaian Pelaksanaan Trias Uks Di Smp Negeri 1 Giri Banyuwangi Berdasarkan Pedoman Pelaksanaan Uks. Jurnal Kesmas Untika Luwuk : Public Health Journal. Https://Doi.Org/10.51888/Phj.V9i2.10

Rahmaddiansyah, R., Nurmiati, N., & Rusti, S. (2023). Peningkatan Program Kesehatan Sekolah Melalui Pembinaan Dokter Kecil Pada Siswa Di Sdn 21 Limau Sundai Kabupaten Pesisir Selatan. Buletin Ilmiah Nagari Membangun. Https://Doi.Org/10.25077/Bina.V6i1.422

Simbolon, P., & Simorangkir, L. (2018). Penerapan Uks Dengan Phbs Di Wilayah Kerja Puskesmas Pancur Batu Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia. Https://Doi.Org/10.14710/Jkli.17.1.16-25

Syafrawati, S., & Ramadani, M. (2022). Penguatan Peran Unit Kesehatan Sekolah Dalam Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sdn 17 Gurun Laweh Kecamatan Nanggalo. Buletin Ilmiah Nagari Membangun. Https://Doi.Org/10.25077/Bina.V5i4.438

Syafrawati, S., Triana, V., Novind, M. I., & Hamzah, P. K. (2021). Pemberdayaan Usaha Kesehatan Sekolah Melalui Pelatihan Dokter Kecil Di Sdn 31 Pasia Nan Tigo Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Buletin Ilmiah Nagari Membangun. Https://Doi.Org/10.25077/Bina.V4i3.319

Trianingsih, R. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi. Https://Doi.Org/10.24235/Al.Ibtida.Snj.V3i2.880

Very, D., Galuh, F. , & Prameswari, N. (2016). Peran Uks (Usaha Kesehatan Sekolah) Dalam Upaya Penanggulangan Obesitas Pada Anak Usia Sekolah. Jhe (Journal Of Health Education).

Yuni, H., Nurhasanah, S., Nur, N. C., Markolinda, Y., & Augia, T. (2020). Optimalisasi Usaha Kesehatan Sekolah Melalui Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Sekolah Dasar 10 Timpeh. Buletin Ilmiah Nagari Membangun. Https://Doi.Org/10.25077/Bina.V3i2.200

Zukmadini, A. Y., Karyadi, B., & Kasrina, K. (2020). Edukasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (Phbs) Dalam Pencegahan Covid-19 Kepada Anak-Anak Di Panti Asuhan. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan Ipa. Https://Doi.Org/10.29303/Jpmpi.V3i1.440




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i11.12224

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.