Komunikasi Efektif Sisbar dalam Handover Anatara Perawat dan Dokter di RS Dustira Cimahi
Sari
ABSTRAK
Komunikasi Efektif merupakan komunikasi yang penting di tatanan Kesehatan. Komunikasi efektif di RS Dustira juga menggunakan komunikasi SBAR (Situation, Background, Asessments and Recommendation) antara perawat dan dokter. Namun dalam hal aplikasi di lapangan masih ditemukan komunikasi ini belum diaplikasikan secara maksimal. Hal yang terkait diantaranya saat handover masih ditemukan lupa mengemukakan nama dan ruangan saat menelpon atau handover dengan dokter. Pemebrian pelatihan terkait komunikasi efektif dengan metode komunikasi SISBAR, yang merupakan pengembangan dari komunikasi SBAR yang ada di RS Dustira. Tujuan kegiatan ini adalah memberikan pengabdian masyarakat dengan memebrikan penegetahuan terkait komunikasi SISBAR dan pelatihan, role play dan juga workshop aplikasi dari komunikasi SISBAR yang bisa di lakukan dilapangan secara langsung. Pelatihan, workshop dan observasi komunikasi efektif SISBAR dilakukan di 10 Ruangan dan di ikuti oleh 51 orang terdiri dari Kepala Ruangan, CI dan KaTim tiap ruang rawat. Setelah di lakukan pre test dan post test terkait aspek pengetahuan di dapat rata rata pre test 63 dan rata rata post test 80. Selain itu hasil pelatihan dan pendampingan langsung terkait Apliaksi Observasi langsung di lapangan di dapatkan hasil 90. Hasil dari pengabdian masyarakat terkait dengan pelatihan dan workshop Komunikasi efektik SISBAR untuk handover perawat dan dokter lebih efektif dari pada komunikasi SBAR. Penambahan dan pemberian pelatihan terkait Salam dan memeprkenalkan disi saat melakukan handover efektif dengan pemebrian format handover dan juga pendampinganlansgung saat apliaksi di lapangan. Komunikasi SISBAR bisa djadikan dan diaplikasikan langsung dan memeberikan kepercayaan diri perawat saat melakukan handover dengan dokter. Di harapakan peran serta dari managemen Rumah Sakit dalam konsistensi komunikasi efektif SISBAR dan juga pelibatan profesi dokter dalam melihat efektifitas komunikasi SISBAR ini.
Kata Kunci: Komunikasi Efektif, SISBAR, Handover, Perawat, Dokter
ABSTRACT
Effective communication is important communication in the health setting. Effective communication at Dustira Hospital uses SBAR (Situation, Background, Assessment, and Recommendation) communication between nurses and doctors. However, in terms of application in the field, it is still found that this communication has not been applied optimally including when handovers are still found forgetting to state the name and ward when calling or handing over with a doctor. Provide training related to effective communication using the SISBAR communication method, which is a development of SBAR communication at Dustira Hospital. The aim of this activity is to provide community service by providing knowledge related to SISBAR communication and training, role play, and workshops on the application of SISBAR communication which can be carried out directly in the field. SISBAR training, workshops, and effective communication observations were conducted in 10 wards and attended by 51 people consisting of the Nursing Unit Managers, Clinical Instructors (CI), and incharge nurse for each wards. After carrying out the pre-test and post-test related to the knowledge aspect, the pre-test and post-test average is 63 and 80 respectively. Furthermore, the results of direct training and mentoring related to direct observation applications in the field were obtained as a result of 90. Effective SISBAR communication for nurse and doctor handovers is more effective than SBAR communication. Addition and provision of training related to Greetings and introducing the elements when carrying out effective handovers by providing handover formats and direct assistance during field applications. SISBAR communication can be made and applied directly, giving nurses confidence when carrying out handovers with doctors. It is hoped that Hospital management has to apply SISBAR Communication consistency and has to participate in the medical profession's involvement in seeing the effectiveness of SISBAR communication.
Keywords: Effective Communication, SISBAR, Handover, Nurse, Doctor
Kata Kunci
Teks Lengkap:
Download ArtikelReferensi
Aldrich R, Duggan A, Lane K, Nair K, Hill K. (2009). Revisited: Identifying And Solving Barriers To Effective Clinical Handover In Inter-Hospital Transfer: Final Project Report. Sydney.
Astuti, Noormailida, Bahrul Ilmi, And Ruslina Wati. (2019). “Penerapan Komunikasi Situation, Background, Assesment, Recomendation (Sbar) Pada Perawat Dalam Melaksanakan Handover.” Ijnp (Indonesian Journal Of Nursing Practices) 3(1). Doi: 10.18196/Ijnp.3192.
Badrujamaludin, Asep, And Tria Firza Kumala. (2020). “Penerapan Introduction, Situation, Background, Assessment And Recommendation (Isbar) Untuk Komunikasi Efektif Antara Perawat Dan Dokter Di Rumah Sakit Umum Daerah Cibabat Kota Cimahi.” Holistik Jurnal Kesehatan 13(4):306–17. Doi: 10.33024/Hjk.V13i4.1587.
Badrujamaludin, Asep, Fauziah Rudhiati, Hemi Fitriani, Oktovina Yesayas, Sri Wahyuna, Budiman Budiman, And Dedi Supriadi. (2021). “Pelatihan Komunikasi Sisbar Untuk Handover Antara Perawat Dan Dokter Di Santosa Hospital Bandung Central (Shbc).” Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) 4(5):1089–96. Doi: 10.33024/Jkpm.V4i5.4209.
Badrujamaludin, Asep, Dedi Supriadi, And . Budiman. (2022). “Factors Influencing The Implementation Of Sisbar Communication For Nurse And Doctor Handovers In A West Java Hospital.” Kne Medicine. Doi: 10.18502/Kme.V2i2.11081.
Badrujamaludin, Asep, Dedi Supriadi, Oktovina Yesayas, Fauziah Rudhiati, Hemi Fitriani, Tria Firza Kumala, And Sri Wahyuna. (2021). “Application Of ‘Sisbar’ For Effective Communication Between Nurses And Doctors At Private Hospital In Indonesia.” Jurnal Keperawatan Komprehensif │ 7:2021. Doi: 10.33755/Jkk.
Badrujamaludin, Asep, Dedi Supriadi, Oktovina Yesayas, Fauziah Rudhiati, Hemi Fitriani, Tria Firza Kumala, And Sri Wahyuna. (2021). “Application Of ‘Sisbar’ For Effective Communication Between Nurses And Doctors At Private Hospital In Indonesia.” Jurnal Keperawatan Komprehensif (Comprehensive Nursing Journal), 7(Special Edition). Doi: Https://Doi.Org/10.33755/Jkk.V7ispecial Edition.258.
Fatimah, Fatma Siti, And Maria Rosa. (2014). Efektivitas Pelatihan Patient Safety; Komunikasi S-Bar Pada Perawat Dalam Menurunkan Kesalahan Pemberian Obat Injeksi Di Rumah Sakit Pku Muhammadiyah Yogyakarta Unit Ii. Vol. 2.
Keselamatan Pasien, Utamakan. N.D. Panduannasional Keselffipasien Ruivtahsakit (Patient Safery).
Oktristyan Fakuriza, Alfabet, M. Arifiki Zainaro, Dewi Kusumaningsih, And Usastiawaty Cik Ayu Saadiah Isnainy. (2023). “Tahun 2023 Optimalisasi Timbang Terima Perawat Dengan Metode Sbar Di Ruang Rawat Bedah Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin.” Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm). Doi: 10.33024/Jkpm.V6i11.11792.
Paramitha, Dewi Setya, Noor Amaliah, And Herman Ariadi. (2021). “Optimalisasi Nursing Handover Di Rumah Sakit Swasta Banjarmasin.” Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) 1(1):14–23. Doi: 10.33024/Jkpm.V1i1.5227.
Ramasubbu, Benjamin, Emma Stewart, And Rosalba Spiritoso. (2017). “Introduction Of The Identification, Situation, Background, Assessment, Recommendations Tool To Improve The Quality Of Information Transfer During Medical Handover In Intensive Care.” Journal Of The Intensive Care Society 18(1):17–23. Doi: 10.1177/1751143716660982.
Sidiq, Abdurrahman, Eny Hastuti, Reny Marliadi, Esty Restiana Rusida, And Liana Fitriani Hasymi. (2023). “Sosialisasi Sistem Manajemen Rumah Sakit Dalam Penanganan Keselamatan Dan Kesehatan Pasien Di Kelurahan Ulin Tengah Kota Banjarbaru.” Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) 6(2):807–12. Doi: 10.33024/Jkpm.V6i2.7941.
Sulastien, Herni, Siti Zuraida Muhsinin, And Putu Widhi Sudariani. (2021). Efektivitas Coaching Handover Dengan Teknik Komunikasi Sbar Sebagai Metode Meningkatkan Pasien Safety Pada Perawat. Vol. 9.
Sulastra, Marissa Chitra. (2022). “Pelatihan Konselor ‘Ayo, Cegah Stunting!’ Di Minahasa Selatan, Sulawesi Utara.” Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (Pkm) 5(4):1006–16. Doi: 10.33024/Jkpm.V5i4.4790
DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i12.12333
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.