Penguatan Motivasi Belajar, dan Implementasi Origami dalam Menumbuhkembangkan Daya Imajinasi Peserta Didik Yayasan Kreasi Bangun Semesta (YKBS) Pontianak

Julianto Julianto, Aulia Azimi, Syarif Agussaid Alkadrie, Heny Hidayati, Muhammad Tezar

Sari


ABSTRAK

 

Pentingnya dalam memandang permasalahan sosial yang menjadi dinamika kehidupan dalam bermasyarakat menjadi perlu sekali untuk memberdayakan, dan mendampingi generasi penerus dalam menjawab tantangan dan sebagai bekal dalam menghadapi masa depan dengan lebih cerah. Yayasan Kreasi Bangun Semesta (YKBS) Pontianak adalah sebuah organisasi mandiri bersifat terbuka secara lokal, nasional, dan global yang berbasis kerelawanan dan kedermawanan masyarakat luas yang berempati dan bersimpati untuk terwujudnya perbaikan kehidupan masyarakat melalui pendidikan dan latihan bagi generasi penerus. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk membantu dan mendampingi peserta didik Rumah Belajar Yayasan Kreasi Bangun Semesta (YKBS) Pontianak dengan memberikan Motivasi belajar dan implementasi origami dalam menumbuhkembangkan daya imajinasi peserta didik serta pesan moral dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya pendidikan. Adapun metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, video base learning, dan origami. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada Rumah Belajar Yayasan Kreasi Bangun Semesta (YKBS) Pontianak memberikan dampak positif terhadap penguatan motivasi belajar peserta didik, dimana peserta didik mendapatkan pemahaman secara langsung dan meningkatkan kesadaran dari paparan materi yang disampaikan oleh pemateri akan pentingnya pendidikan dalam meraih mimpi dan cita-cita. Disamping itu, dengan konsep video base learning, peserta didik dapat mengambil pelajaran dari setiap peristiwa yang terjadi dari video animasi yang diputar, seperti cara dalam mengatasi rasa takut dan pentingnya dalam menebarkan setiap kebaikan kepada sesama. Implementasi origami  yang dilakukan dalam kegiatan ini dapat melatih mental anak dalam berfikir, menumbuhkembangkan daya imajinasi anak, meningkatkan psikomotorik dan kreativitas anak dalam mengingat serta menerapkannya secara berulang-ulang sehingga objek yang dibentuk terlihat baik.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Origami, Daya Imajinasi, Pesan Moral, Yayasan Kreasi Bangun Semesta Pontianak

 

 

 

 

 

ABSTRACT

 

The importance of looking at social problems which become the dynamics of life in society makes it very necessary to empower and accompany the next generation in responding to challenges and as preparation for facing a brighter future. The Kreasi Bangun Semesta Foundation (YKBS) Pontianak is an independent organization that is open locally, nationally and globally based on volunteerism and generosity from the wider community who empathize and sympathize with the aim of improving people's lives through education and training for the next generation. The aim of this service is to help and accompany students at the Kreasi Bangun Semesta Foundation (YKBS) Pontianak Learning House by providing learning motivation and implementing origami in developing students' imagination and moral messages in increasing awareness of the importance of education. The methods used in carrying out this activity are lectures, questions and answers, video base learning, and origami. The results of the activity show that the implementation of Community Service (PKM) activities at the Kreasi Bangun Semesta Foundation (YKBS) Pontianak Learning House has had a positive impact on strengthening students' learning motivation, where students gain direct understanding and increase awareness from exposure to the material presented by the presenters. about the importance of education in achieving dreams and aspirations. Apart from that, with the concept of video based learning, students can learn lessons from every event that occurs from the animated video that is played, such as how to overcome fear and the importance of spreading kindness to others. The implementation of origami carried out in this activity can train children's mental thinking, develop children's imagination, improve children's psychomotor and creativity in remembering and applying it repeatedly so that the objects formed look good..

 

Keywords: Learning Motivation, Origami, Imagination Power, Moral Message, Kreasi Bangun Semesta Foundation Pontianak


Kata Kunci


Motivasi Belajar; Origami; Daya Imajinasi; Pesan Moral; Yayasan Kreasi bangun Semesta Pontianak

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Afifah, A. N., & Gunawan, R. (2022). Pengaruh Video Based Learning terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa pada Muatan Pelajaran Matematika Kelas II SDN Cilangkap 01 Pagi. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2405–2416.

Agustina, M., Azizah, E. N., & Koesmadi, D. P. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Animasi terhadap Motivasi Belajar Anak Usia Dini selama Pembelajaran Daring. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 353–361.

Al Faraby, M. C., Malik Frederick, J. T., & Mahardhika P Wildan Hakim, R. A. (2021). Kumpulan karya tulis ilmiah tingkat nasional tahun 2021. Kumpulan Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional, 43–55. https://journal.ittelkom-sby.ac.id/lkti/article/download/116/86/525

Arianty, A., & Watini, S. (2022). Implementasi “Reward Asyik” untuk meningkatkan motivasi belajar anak kelompok b di tk Yapis II Baiturrahman. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 939–944.

Basalamah, M. R., Rizal, M., & Efendi, E. (2020). Penyediaan Rumah Baca Masyarakat Sebagai Solusi Cerdas Mengawali Budaya Membaca.

Binus.ac.id. (2019). Manfaat Video Based Learning dan Tips untuk Membuatnya.Binus.Ac.Id.https://binus.ac.id/knowledge/2019/09/manfaat-video-based-learning-dan-tips-untuk-membuatnya/

Boakes, N., & others. (2008). Origami-mathematics lessons: Paper folding as a teaching tool. Mathidues, 1(1), 1–9.

Haga, K. (2008). Origamics: mathematical explorations through paper folding. World Scientific.

Harahap, F., & others. (2019). Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kegiatan Melipat Kertas Origami. Atfaluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 2(2), 57–62.

Hidayah, N., & Hermansyah, F. (2016). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Bandar Lampung Tahun 2016/2017. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 3(2), 1–21. https://doi.org/10.24042/terampil.v3i2.1190

Juriah, J., & Zulfiani, Z. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Video Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Perubahan Lingkungan Dan Upaya Pelestarian. Edusains, 11(1), 1–11.

Momuat, W. K. P., & others. (2021). Peran komunitas literasi dalam mendukung minat baca generasi milenial di rumah baca cafe Kota Kotamobagu. Acta Diurna Komunikasi, 3(4).

Paramitha, A. (2020). Komunikasi efektif komunitas rumah baca dalam meningkatkan minat baca pada anakanak di dusun Kanoman. Commicast, 1(1), 1–5.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Merdeka Belajar, November, 289–302.

Setiawan, F. S. (2017). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media kertas origami. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 1(2), 78–85.

Sukiyanto, S., Mufidah, E., Maulidah, T., & Nisaâ, R. (2021). Pendampingan Gerakan Literasi Masyarakat Melalui Rumah Baca. Aksiologiya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 112–120.

Suwandi, Syafrinal, I., & Asfi, M. (2021). Wisata Religi Dan Pemberian Santunan Kepada Anak Yatim Bersama Yayasan Kreasi Bangun Semesta Cabang Cirebon. Indonesian Journal of Engagement, Community Services, Empowerment and Development, 1(2), 67. https://doi.org/10.53067/ijecsed

Suwandi, S., Syafrinal, I., Lestari, W. J., & Turini, T. (2022). Peningkatan Minat dan Motivasi Belajar melalui’Games Edukasi’di Rumah Belajar YKBS Cirebon. Jurnal Pengabdian UCIC, 1(1), 1–8.

Syarqawi, A., Fahira, A., Khalid, H. I., Kharismaylinda, J., & Nurhidayah, N. (2022). Upaya Peningkatan Minat Membaca melalui Rumah Baca pada Anak di Desa Stabat Lama. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(4), 2148–2153.

Wardhani, D., Irawan, E. B., & Sa’dijah, C. (2017). Tersedia secara online Eissn: 2502-471x Origami Terhadap Kecerdasan Spasial Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(8), 524–530.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v6i11.12440

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.