Pelatihan Kader Tentang Stimulasi Tumbuh Kembang dan Pembuatan Media Permainan Edukatif Sederhana Di Wilayah Puskesmas Bulak Banteng Surabaya

Novita Eka Kusuma Wardani, Ani Media Harumi, Ahdatul Islamiyah

Sari


ABSTRAK

 

Masa tumbuh kembang merupakan periode yang penting pada balita. Media Permainan Edukatif merupakan alat permainan yang dapat memberikan fungsi permainan secara optimal dan perkembangan anak, dimana melalui alat permainan ini anak akan selalu dapat mengembangkan kemampuan fisiknya, bahasa, kemampuan kognitifnya, dan adaptasi sosialnya. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah untuk Memberikan pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan kader dalam stimulasi tumbuh kembang Balita dan Pembuatan Media Permainan Edukatif Sederhana Metode dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan pemberian materi oleh narasumber, pemberian pelatihan stimulasi tumbuh kembang dan pembuatan media permainan edukatif sederhana kepada 40 kader di Puskesmas wilayah Bulak Banteng Surabaya. Terdapat peningkatan pengetahuan tentang stimulasi tumbuh kembang dan pembuatan alat permainan edukatif sederhana peserta pelatihan, semua peserta pelatihan sebanyak 40 orang (100%) telah membuat alat permainan edukatif sederhana dan semua peserta pelatihan sebanyak 40 orang (100%) berkreasi dengan bahan kerdus bekas dalam membuat alat permainan edukatif sederhana pada kegiatan stimulasi tumbuh kembang Balita di wilayah Puskesmas Bulak Banteng Surabaya. Pelatihan pada kader dapat meningkatkan stimulasi tumbuh kembang dan peningkatan pembuatan media permainan edukatif sederhana pada Balita di Puskesmas Bulak Banteng Surabaya.

 

Kata Kunci: Pelatihan, Stimulasi Tumbuh Kembang, Media Permainan Edukatif

 

 

ABSTRACT

 

The growth and development period is an important period for toddlers. Educational Game Tools (APE) are game tools that can provide optimal game functions and child development, where through these game tools children will always be able to develop their physical abilities, language, cognitive abilities and social adaptation. The aim of this community service activity is to provide knowledge and improve the skills of cadres in stimulating the growth and development of toddlers and making simple educational game media. The method in this community service activity is by providing material by resource persons, providing growth and development stimulation training and making educational game media simply to 40 cadres at the Bulak Banteng Surabaya regional health center. There was an increase in knowledge about stimulating growth and development and making simple educational game tools for training participants, all 40 training participants (100%) had made simple educational game tools and all 40 training participants (100%) were creative with used cardboard materials in making simple educational game tools for activities to stimulate the growth and development of toddlers in the Bulak Banteng Community Health Center area, Surabaya. Training for cadres can increases stimulation of growth and development and increase creativity of simple educational media to todler in Bulak Banteng health centre.

 

Keywords: Training, Stimulation of Growth and Development, Simple Media Educational


Kata Kunci


Pelatihan, Stimulasi tumbuh kembang, Media Permainan Edukatif

Teks Lengkap:

Download Artikel

Referensi


Abidah, S. N., & Novianti, H. (2020). Pengaruh Edukasi Stimulasi Tumbuh Kembang Terhadap Kemampuan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia 0-5 Tahun Oleh Orangtua. Poltekita: Jurnal Iilmu Kesehatan, 14(2),89–93.Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.33860/Jik.V14i2.132

Adistie, F., Lumbantobing, V. B. M., & Maryam, N. N. A. (2018). Pemberdayaan Kader Kesehatan Dalam Deteksi Dini Stunting Dan Stimulasi Tumbuh Kembang Pada Balita. Media Karya Kesehatan.

Amiyati Hasan, L., Pratiwi, A., & Sari, R. P. (2020). Pengaruh Pelatihan Kader Kesehatan Jiwa Dalam Peningkatan Pengetahuan, Keterampilan, Sikap, Persepsi Dan Self Efficacy Kader Kesehatan Jiwa Dalam Merawat Orang Dengan Gangguan Jiwa. Jurnal Health Sains, 1(6), 377–384. Https://Doi.Org/10.46799/Jhs.V1i6.67

Astika, E., Damayanti, F., Ma’ruf, H., Keperawatan, A., & Jakarta, Y. (2023). Assistance To Stimulate Child Growth And Development Through Education And Empowerment Of Community Cadres. Abdimas Galuh, 5(1), 36–48.

Astini, B. N., Nurhasanah, N., & Nupus, H. (2019). Alat Permainan Edukatif Berbasis Lingkungan Untuk Pembelajaran Saintifik Tema Lingkungan Bagi Guru Paud Korban Gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 3(1), 1–6. Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V8i1.26760

Bps. (2020). Banyaknya Penduduk Menurut Kewarganegaraan Dan Jenis Kelamin: Kecamatan Kenjeran.

Damanik, S. M., & Sitorus, E. (2019). Buku Materi Pembelajaran Keperawatan Anak.

Eldeniz Çetin, M., & Çay, E. (2019). The Experiences, Opinions And Suggestions Of Special Education Teachers Regarding Leisure Time Activities Chosen By Students With Intellectual Disability. Participatory EducationalResearch,4(1),3046.Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.17275/Per.20.3.7.1

Fadlillah, M. (2016). Desain Pembelajaran Paud: Tinjauan Teoritik & Praktik. Ar-Ruz Media.

Grover, D. (2015). Partnering With Families: Improving Home Visits In Europe And Central Asia. Bernard Van Leer Foundation. Issn, 1387-9553.

Herlina, H., & Islamiyati, I. (2021). Peningkatan Pengetahuan Dan Kemampuan Kader Posyandu Dalam Stimulasi Intervensi Dan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Di Kelurahan Hadimulyo Barat Kota Metro. Bantenese Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 28–41.

Indrawan, P. A., Mando, B. M., & Suriata, S. (2017). Pengaruh Permainan Edukatif Terhadap Interaksi Sosial Siswa Taman Kanak-Kanak. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(4), 132–141.

Kemenkes, M. K. R. (2019). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019.

Kristina, M., & Sari, R. N. (2021). Pengaruh Edukasi Stimulasi Terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Journal Of Dehasen Educational Review, 2 (01), 1–5.

Kumar, S., Bothra, V., & Mairembam, D. (2019). A Dedicated Public Health Cadre: Urgent And Critical To Improve Health In India. Indian Journal OfCommunity,41(4),253255.Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.4103/0970-0218.193336

Kurniawati, N., Mustaji, M., & Setyowati, S. (2018). Implementation Of Neuroscience Learning To Develop Early Childhood’s Cognitive. 212, 89–93. Https://Doi.Org/10.2991/Icei-18.2018.20

Latif, M., Zubaidah, R., & Afandi, M. (2014). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini: Teori Dan Aplikasi. Kencana Prenada Media Group.

Masruroh. (2019). Peningkatan Perkembangan Kognitif Melalui Permainan Balok Geometri Pada Anak Usia 3-4 Tahun Di Ppt Mawar 01 Ar-Rachman Surabaya. Jurnal Motoric, 3(2), 55–64. Https://Doi.Org/. Https://Doi.Org/10.1017/Cbo9781107415324.004

Nasution, H. W. (2022). The Relationship Of Mother’s Knowledge And Attitude With Growingflowing To Development At Novi Lintas Timur’s Midwife Clinic Panyabungan District, Kota Regency Mandailing Natal Year 2021. Science Midwifery, 10 (2), 642–648.

Notoatmodjo. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan, Teori Dan Aplikasi. Jakarta: Rienka Cipta. Rumah Sakit Roemani Semarang.

Notoatmodjo, S. (2013). Rineka Cipta. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jkpm.v7i2.12640

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Disponsori oleh : Universitas Malahayati Lampung dan DPW PPNI Lampung


Creative Commons License
Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.